Bagaimana cara Kitabisa.com merubah mindset masyarakat untuk menggunakan Kitabisa.com sebagai platform galang dana?

Kitabisa.com adalah platform untuk menggalang dana dan berdonasi secara online (crowdfunding) terpopuler di Indonesia.

Pendiri KitaBisa.com, Alfatih Timur yang awalnya membuat platform ini untuk membantu mendanai berbagai proyek mahasiswa. Sekarang berubah menjadi wadah untuk menggalang dana maupun berdonasi. Ketika awal platform Kitabisa tersebut berjalan untuk mendanai proyek mahasiswa ternyata tidak begitu diminati dikalangan masyarakat. Hasil yang tidak sesuai target donasi menjadi Alfatih Timur mengubah platform Kitabisa sebagai pergerakan sosial.

Melakukan berbagai kampanye sosial ke daerah-daerah Indonesia yang membutuhkan perhatian khusus membuat Kitabisa.com terkenal. Dari berbagai kampanye sosial yang sukses dibuatnya, seperti penggalangan dana Pembangunan Masjid di Tolikara, Papua, dan sampai berita tersebut terkenal di masyarakat. Membuat Kitabisa.com melonjak naik di kalangan masyarakat yang ingin berdonasi. Masyarakat yang awalnya hanya menggalang dana dari mulut ke mulut, sekarang menjadi termudahkan adanya Kitabisa.com yang menjadi platform bagi setiap masyarakat yang ingin bergerak untuk berdonasi kepada mereka yang membutuhkan.

Kitabisa.com merupakan produk yang sukses di Indonesia. Kegiatan sosial ini sangat berdampak baik bagi masyarakat. Kitabisa.com meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia. Hingga 2016, Kitabisa.com mencatat pencapaian donasi online hingga Rp 5 miliar per bulan. Secara keseluruhan, ada lebih dari 3000 kampanye sosial yang terdanai dengan donasi mencapai lebih dari Rp 61 miliar. Transparansi yang diciptakan oleh Kitabisa.com dari informasi penggalangan dana yang jelas untuk ke siapa membuat kepercayaan mucul di masyarakat. Hal-hal yang dulunya ditakuti oleh masyarakat ketika berdonasi, “apakah uang yang saya donasikan itu sampai ke mereka?” pertanyaan itu kerap sekali ditanyakan masyarakat. Kehadiaran Kitabisa memudahkan masyarakat untuk berdonasi melalui bank-bank yang mereka punya atau pun kartu kredit. Masyarakat tidak perlu lagi harus ke tempat tujuan donasi, hanya dengan transfer memudahkan dalam berdonasi. Pemberian notifikasi transaksi untuk donatur secara realtime dan Transparansi jumlah dana yang sudah terkumpul terlihat di website Kitabisa.com.

Pola pikir masyarakat yang berubah sampai sekarang ini, menjadi kepekaan manusia untuk saling tolong menolong meningkat sangat pesat sampai tahun 2018. Impact Kitabisa.com pada tahun 2018 ini sudah mencapai 8.924 campaign yang terdanai, 591.770 orang baik yang bergabung berdonasi, dan Rp 216.517.225.394 donasi terkumpul. Pencapaian tertinggi untuk pergerakan sosial di tahun 2017-2018. Kemudahan yang didapat pada website Kitabisa, yaitu berbagai kemudahan dari pembuatan halaman campaign yang cepat dan fleksibel dalam pencairan donasi kapan saja. Kitabisa menjadi penghubung masyarakat yang mengangkat sebuah isu dan ide dengan orang-orang yang ingin memberikan kontribusi. Kitabisa menjadi platform yang sukses dalam produk IT yang saat ini sedang berkembang. Kitabisa menjadi keberhasilan sebuah produk yang diinginkan masyarakat, karena peluang yang tepat diambil oleh Kitabisa.com memberikan value terhadap masyarakat. Transparasi dana yang digunakan Kitabisa menarik masyarakat dalam berdonasi, sehingga cara ini menjadi solusi masyarakat akan ke khawatiran saat berdonasi.

Referensi

Alfatih Timur, Ajak Masyarakat Bantu Sesama Lewat KitaBisa.com - Bisnis Liputan6.com

Kitabisa.com merupakan portal yang menghubungkan orang-orang yang memiliki inisiatif dalam menyelesaikan masalah sosial di Indonesia yakni dalam hal keterbatasan dana dan sumber daya. Kitabisa.com mengajak siapapun untuk menawarkan idenya dan memberikan kebebasan bagi donatur untuk mendukung proyek yang sedang di kampanyekan agar tujuannya dapat tercapai.
Nilai-nilai cworfunding atau patungan, merupakan nilai yang sangat kual dalam budaya bangsa Indonesia. Bahkan beberapa suku daerah di Indonesia masih terus menjaga tradisi turun temurun dalam memberikan bantuan kepada keluarga atau kerabat yang sedang dalam kesulitan secara sukarela.

Dengan membangun produk yang membawa manfaat bagi pengguna, maka mereka akan tergerak untuk mengajak orang lain atau masyarakat tentunya dalam menggunakan kitabisa.com. Kitabisa.com sangat terbuka dalam mengkampanyekan penggalangan dana atau project yang dibuat. Mulai dari project yang memiliki impact luar biasa maupun project yang mungkin ditujukan untuk seseorang yang bukan siapa siapa namun membutuhkan bantuan. Misi dari KItabisa.com yakni dapat menghubungkan berbagai semangat membangun Indonesia dari berbagai potensi orang baik yang ada di Indonesia melalui semangat gotong royong di era digital. Transparansi informasi tersebut memungkinkan siapa saja dapat mengaksesnya secara online. Orang dapat melihat jumlah donasi yang terkumpul dan list donatur untuk memastikan donasi mereka sudah diterima.

Selain itu para donator dapat melihat perkembangan dari kampanye melalui fitur update yang akan dikirimkan ke alamat setiap email donator. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan para donator untuk berdonasi.

Dalam membuat sebuah kampanye penggalangan dana yang dapat membentuk kepekaan masyarakat, terdapat beberapa kunci yang akan menentukan keberhasilan kampanye tersebut, yakni:

  • Momentum. Peristiwa terbakarnya Masjid Tolikara ini terjadi pada Hari Raya Idul Fitri dan mendapatkan perhatian masyarakat luas, banyak yang ingin berpartisipasi tapi belum mengetahui caranya. Kitabisa.com hadir untuk memudahkan agar niat baik tersebut bisa direalisasikan

  • Media sosial dan komunitas. Sebaran informasi yang sangat luas melalui media sosial (facebook, twitter, path dan broadcast) membuat informasi ini semakin luas. Ditambah dengan jaringan dengan komunitas-komunitas yang ikut menyebarkan informasi tersebut

  • Inisiator. Luasnya penyebaran informasi juga dipengaruhi oleh Pandji sebagai inisiator dalam penggalangan dana untuk pembangungan Masjid Tolikara yang merupakan figur yang cukup populer dan memiliki jumlah follower yang banyak di media sosial. Dengan demikian, banyak orang yang mengetahui tentang kampanye tersebut dan tertarik untuk ikut berpartisipasi dengan cara berdonasi

  • Kredibilitas. Kitabisa.com telah melakukan berbagai crowdfunding campaign sebelumnya. Sepak terjang ini membuat orang yakin dan percaya untuk berdonasi.

Referensi

http://pride.co.id/2015/07/belajar-kesuksesan-digital-crowdfunding-dari-kitabisa-com/

https://kitabisa.com/faq

KitaBisa.com didirikan tahun 2013, yang bertujuan menghubungkan orang-orang yang memiliki ide-ide sosial dengan orang atau pihak yang ingin memberikan bantuan dana. Pemilik ide akan menuliskan program sosialnya di situs ini, baik untuk membantu pengobatan seseorang, bencana alam, atau permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan. Harapannya akan tumbuh simpati orang-orang yang ingin mendonasikan uang atau tenaga untuk mendukung kampanye tersebut.

“Internet dan media sosial memudahkan kampanye crowdfunding saat ini. Kenaikan pengguna media sosial berhasil menyebarkan kampanye dengan efektif dan efisien, sementara perkembangan Internet membuat para calon donatur menjadi lebih mudah menyalurkan bantuannya. Kitabisa.com meyakini bahwa perkembangan teknologi membuat upaya pengumpulan dana secara digital akan kian mudah,” urai Alfatih pada satu kesempatan.

Untuk penggalang dana, kitabisa.com membuat proses galang dana Anda menjadi:

  • Simple
    Buat halaman campaign Anda dalam 5 menit. Setelahnya, seluruh administrasi donasi akan dikelola oleh Kitabisa dan Anda siap menerima donasi melalui 4 rekening bank dan kartu kredit. Tidak perlu lagi membuat catatan donasi secara manual dan menggunakan rekening personal yang rentan tercampur dengan uang pribadi.

  • Transparan
    Tampilkan informasi lengkap tentang campaign Anda di sebuah halaman yang dapat diakses oleh siapa saja secara online. Di halaman tersebut orang dapat melihat jumlah donasi yang terkumpul dan list donatur untuk memastikan donasi mereka sudah diterima.

  • Akuntabel
    Melalui fitur update, setiap perkembangan dari campaign Anda akan langsung terkirim ke alamat email setiap donatur. Pastikan kepercayaan dan amanah donatur terjaga melalui fitur update.

  • Viral
    Karena berbasis online, Kitabisa.com sangat memungkinkan campaign Anda menjadi viral di social media, dan mendapatkan donatur di luar jejaring Anda.

Kitabisa.com merupakan platform penggalangan dana dan donasi yang didirikan oleh Alfatih Timur pada tahun 2013 Tim pendiri KitaBisa terdiri dari orang yang memiliki sumberdaya yang berkecukupan dan ide-ide social untuk membantu orang lain sehinnga memiliki tujuan untuk menghubungkan orang-orang yang memiliki ide sosial dan ingin menyalurkannya untuk membantu orang lain.

Pada awal peluncuran kitabisa.com, nama situs tersebut memang belom terlalu dikenal, karena mereka baru insialisasi beberapa kampanya kegiatan social, seperti pembangunan masjid dan donasi untuk orang yang berkekurangan. Seiring dengan berjalannya waktu, kitabisa.com semakin populer karena kampanya yang dilakukan di berbagai media iklan, seperti social media, kampanye social, diskusi bersama dan seminar.

Pada dasarnya, hati nurani manusia memang memiliki keinginan untuk membantu sesama. Namun ada beberapa kasus, dimana saat orang ingin berbagi dan menolong, terapat kesulitan untuk melakukannya karena terhalang jarak, kurangnya informasi dan tidak bisa menolong secara langsung. Platform kitabisa.com memberikan solusi untuk bisa berbagi dan saling membantu satu sama lain maupun untuk kegiatan social. Fitur-fitur yang ada di kitabisa.com memungkinkan pengguna untuk mengetahui jenis kampanye yang ingin diikuti, karena ada deskripsi lengkap tetang kampanya, biaya yang dibutuhkan serta tujuan. Transparansi dan kejujuran menjadi keuggulan kitabisa.com

Kemudahan penggunaan kitabisa.com juga menjadi keunggulan yang membuat masyarakat menyukai situs ini. Terdapat beberapa kategori penggalangan dana dan kegiatan social yang bisa dipilih masing-masing orang. Yayasan Kitabisa.com juga mendapatkan izin legal dari pemerintah sehingga dapat dipastikan mereka merupakan yayasan resmi dan tidak tipu-menipu.

Kesimpulannya adalah, keunggulan kitabisa.com yang mudah digunakan, legal, lengkap, dan mengutamakan kejujuran dan transparansi serta kampanye dan sosialisasi yang baik melalui banyak media, membuat masyarakat tergerak hatinya dan ingin ikut serta untuk berbagi melalui kitabisa.com.