Aku merasa tidak perlu pensiun selama aku masih bisa bersenang-senang
1. Temukan Pekerjaan sesuai Passion
Bagi sebagian orang, karier yang mereka nikmati dapat berarti mencari pekerjaan yang menggunakan keterampilan yang mereka banggakan. Dalam kasus lain, karier yang kita nikmati dapat berupa pekerjaan yang kita sukai atau sesuai passion kita.
Tidak ada karyawan yang senang bekerja setiap hari, dan bahkan pekerjaan yang kita sukai kadang-kadang bisa membuat frustrasi atau membosankan. Tetapi jika karier Kita adalah sesuatu yang biasanya Kita nikmati dan banggakan, Kita cenderung merasa bahagia di tempat kerja. Lihatlah diri Kita, keterampilan Kita, dan minat Kita, dan temukan sesuatu yang dapat Kita nikmati setiap hari.
2. Temukan Pekerjaan yang memberimu waktu luang
Tidak semua orang membutuhkan karier yang menginspirasi gairah mendalam atau berbicara tentang nilai-nilai pribadi Kita. Bagi banyak orang, pekerjaan adalah sesuatu yang memungkinkan mereka menciptakan gaya hidup yang mereka hargai di luar kantor.
Pertimbangkan seperti apa hidup yang Kita inginkan. Apakah Kita ingin menghabiskan malam hari dan akhir pekan bersama teman? Banyak waktu liburan untuk mengejar hobi Kita? Jadwal yang dapat diprediksi yang memungkinkan Kita untuk berada di rumah bersama anak-anak Kita setiap malam?
3. Bertanggung jawab atas pengembangan profesional dan pribadi
Ambil alih pertumbuhan Kita sendiri dengan berinvestasi dalam pengembangan pribadi dan profesional Kita. Kembangkan rencana dan sasaran untuk karier Kita, kemudian kejarlah.
Mintalah bantuan dari atasan Kita. Cari tugas yang akan membantu Kita mencapai tonggak karir atau mempelajari keterampilan khusus. Kejar peluang dan koneksi yang Kita anggap berharga, bahkan jika majikan Kita saat ini tidak menciptakan peluang itu untuk Kita.
4. Bertanggung jawab untuk mengetahui apa yang terjadi di tempat kerja
Merasa keluar dari lingkaran di tempat kerja, atau mengetahui bahwa Kita kehilangan informasi penting yang dimiliki karyawan lain, dapat membuat Kita merasa tidak puas dan diremehkan. Tetapi jika Kita menunggu orang lain untuk memberitahu Kita, informasi yang Kita butuhkan mungkin tidak akan pernah datang.
Alih-alih menunggu untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan perusahaan Kita, proyek departemen, atau rekan kerja, secara proaktif mencari informasi yang Kita butuhkan untuk melakukan pekerjaan Kita dan membuat keputusan penting. Kembangkan jaringan informasi dan gunakan itu. Secara tegas meminta pertemuan mingguan dengan bos Kita dan mengajukan pertanyaan yang bermakna.
5. Minta umpan balik sesering mungkin
Menerima umpan balik tentang pekerjaan Kita dapat memberikan penguatan positif yang membuat Kita merasa dihargai, atau dapat mengisi keterampilan utama dan memahami kesenjangan yang akan membantu Kita melakukan pekerjaan Kita dan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja Kita dengan lebih sukses. Tetapi karyawan yang tidak menerima umpan balik ini dari manajer mereka sering merasa diremehkan, tidak dapat melakukan pekerjaan mereka, dan tidak bahagia di tempat kerja.
Jika Kita tidak menerima umpan balik rutin dari penyelia Kita, mulailah bersikap proaktif tentang memintanya. Mintalah umpan balik dari atasan Kita di akhir proyek besar, atau bicarakan dengan tim manajemen tentang penerapan penilaian karyawan secara teratur untuk membantu semua orang berhasil di pekerjaannya.
6. Buat komitmen dan pertahankan
Salah satu penyebab paling serius dari stres kerja dan ketidakbahagiaan adalah kegagalan untuk memenuhi komitmen. Dalam banyak kasus, karyawan menghabiskan lebih banyak waktu membuat alasan untuk gagal menjaga komitmen dan mengkhawatirkan konsekuensi dari tugas yang tidak lengkap daripada menghabiskan waktu menyelesaikan pekerjaan mereka.
Untuk mengelola tingkat stres dan meminimalkan ketidakbahagiaan di tempat kerja, buat sistem untuk melacak komitmen Kita dan mengelola jadwal Kita. Tetap cukup terorganisir sehingga Kita dapat menilai dengan cepat dan akurat apakah Kita benar-benar dapat berkomitmen untuk permintaan atau tugas baru. Jangan sukarela untuk pekerjaan tambahan atau tugas kantor jika Kita tidak punya waktu.
7. Hindari hal negatif
Berpartisipasi dalam lingkungan kerja yang beracun akan meningkatkan ketidakbahagiaan Kita, tidak peduli seberapa besar Kita menikmati pekerjaan Kita. Memilih untuk bahagia di tempat kerja berarti menghindari percakapan negatif, gosip, dan hubungan kerja yang tidak sehat sebanyak mungkin.
Tidak peduli seberapa positif Kita rasakan, orang-orang negatif memiliki dampak mendalam pada jiwa Kita. Jika Kita menemukan bahwa kelompok-kelompok tertentu di tempat kerja lebih cenderung terlibat dalam perilaku negatif seperti gosip atau mengeluh, cobalah menjauhkan diri dari orang-orang itu. Jika itu tidak memungkinkan, lakukan yang terbaik untuk mengarahkan percakapan ke topik yang lebih positif.
8. Berlatih keberanian profesional
Banyak orang takut konflik, terutama dalam lingkungan kerja ketika konflik terasa dapat memengaruhi masa depan profesional dan keamanan finansial Kita. Jika Kita belum pernah belajar bagaimana terlibat dalam konflik yang berarti, Kita cenderung menganggapnya menakutkan, berbahaya, dan menyakitkan.
Konflik bisa negatif, tetapi jika dilakukan dengan baik, konflik juga dapat membantu Kita menyelesaikan misi kerja dan visi pribadi Kita. Ketika ditangani secara terbuka, dengan komunikasi positif, tujuan yang jelas, dan rasa hormat terhadap rekan kerja dan penyelia Kita, konflik dapat menjadi hal positif di tempat kerja. Berdiri untuk prinsip atau ide yang Kita yakini dapat membantu Kita melayani pelanggan, membuat perubahan yang berarti, dan menjadi lebih sukses di pekerjaan Kita.
9. Cari Teman
Salah satu pertanyaan kunci yang diajukan Marcus Buckingham dan Curt Coffman adalah, “Apakah Kita punya teman baik di tempat kerja?” Karyawan yang melaporkan memiliki pertemanan yang kuat di tempat kerja, terlepas dari apakah pertemanan itu terbawa ke dalam kehidupan luar mereka, lebih cenderung bahagia dan termotivasi di tempat kerja.
Karyawan menghabiskan banyak waktu di tempat kerja; menikmati waktu bersama ada salah satu ciri khas dari pengalaman kerja yang positif. Merasa dipahami dan dihargai oleh bahkan satu rekan kerja, terutama jika itu seseorang yang berinteraksi dengan Kita secara teratur, dapat secara signifikan meningkatkan kebahagiaan harian Kita di tempat kerja.