Bagaimana Cara Kamu Mengatasi Krisis Kepercayaan Diri?

Terkadang kehidupan memberi kita berbagai macam alasan untuk meragu, bahkan tidak jarang pula kita memangkas rasa percaya diri lalu mempertanyakannya. Hal ini yang pada akhirnya mampu membawa kita pada fase krisis percaya diri. Kondisi tersebut tentunya tidak bisa disepelekan begitu saja. Saat seluruh dunia serasa ingin menjatuhkan, kita tidak boleh diam dan pasrah tanpa adanya usaha untuk bangkit kembali. Jika dibiarkan, hal ini akan berdampak pada psikologis diri sendiri seperti sulit mengambil keputusan, bahkan rendahnya kemampuan memecahkan masalah.

Percaya diri merupakan kondisi di mana mental atau psikologis diri seseorang mampu memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk melakukan suatu tindakan. Dalam hal ini, kepercayaan diri sangat penting untuk dimiliki karena dapat mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam menjalani hidup. Krisis kepercayaan diri bisa disebabkan oleh berbagai hal, bisa terjadi karena munculnya rasa minder baik dari segi penampilan maupun kemampuan. Tidak jarang pula hal ini dipengaruhi karena kondisi lingkungan yang membuat seseorang merasa terabaikan.

Untuk itu, hal yang saya lakukan untuk mengatasi krisis kepercayaan diri ialah dengan fokus terhadap tujuan awal, jangan meragukan kemampuan dan terus menggali potensi yang saya miliki, tidak membandingkan kemampuan diri dengan orang lain dan cukup jadikan kesuksesan mereka sebagai motivasi, selalu berpikir positif, dan mencoba untuk terbuka dengan orang lain. Menurut pengalaman saya sendiri, beberapa hal tersebut cukup ampuh untuk melawan krisis kepercayaan diri.

Kalau Youdics, bagaimana caramu untuk mengatasi perasaan-perasaan semacam itu?

Kalau aku sendiri sih hal yang biasa aku lakukan adalah membuat pikiran positif bahwa aku bisa melakukan apa yang aku khawatirkan itu. Pernah waktu itu aku kurang percaya diri ketika akan menjadi sebuah dirigen pada paduan suara, dengan adanya hal ini aku mulai berusaha untuk percaya diri dengan menawarkan diri sebagai pemberi contoh di depan. Meskipun, saat itu rasanya nervous parah. Tapi, setelah melawati masa yang aku kira aku ga bakalan bisa tetapi karena saat itu aku usahain untuk berpikir positif, hal yang aku kira akan sangat mengerikan karena itu pertama kalinya, eksekusinya tidak semengerikan itu. Dan setelah melakukan hal itu aku merasa lega sekali.

Dari cerita diatas, maka cuman satu yang aku tahu untuk mengatasi krisis percaya diri, yaitu dengan mulai berpikir positif dan mulai bergerak dengan aksi tanpa menunda-nunda hal yang sudah kita takuti atau hal yang membuat kita tidak percaya diri tadi.

kalau saya pribadi melakukan beberapa hal ini:

  1. mencari akar permasalahannya, saya merasa kurang percaya diri dalam hal apa? misalnya: kurang percaya diri dengan public speaking saya yang masih minim

  2. mencari solusi dari permasalahan tersebut, maka jika public speaking saya minim saya harus terus berlatih bicara hingga saya bisa berbicara di depan publik dengan lebih baik lagi atau mengikuti webinar maupun kursus public speaking, selain itu juga bisa melatih bicara di depan cermin.

  3. menentukan tujuan, tujuan saya bisa lebih baik public speaking untuk apa? misalnya demi pekerjaan yang lebih baik di masa yang akan datang karena jika saya memiliki public speaking yang baik maka komunikasi saya terhadap orang lain untuk kerja sama team juga akan menjadi lebih baik.

  4. mulai menjalankan solusi tersebut, jangan hanya di planning dan dipikirkan tetapi harus memulai meskipun dari hal-hal yang paling kecil seperti berbicara di depan cermin tersebut atau hanya sekedar mengikuti webinar tentang public speaking

  5. jika telah dijalani dan ternyata belum sebaik yang kalian inginkan, maka lakukan evaluasi dan terus perbaiki apa yang menurut kalian kurang tersebut dengan begitu maka skill yang saya miliki akan semakin baik dan saya jadi lebih merasa percaya diri.

terkait hal-hal di atas saya dapatkan dan pelajari dari webinar-webinar terkait self improvement . Ternyata saat saya terapkan itu sangat membantu sekali untuk saya. semoga bermanfaat untuk teman-teman yang lain juga.

Untuk saya pribadi cara yang akan saya lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri saya yaitu :

  1. Saya lebih memahami diri saya pribadi, dengan menjauhi pertemanan maupun lingkungan toxic yang nantinya dapat membuat rasa percaya diri saya menjadi hilang.
  2. Perbanyak kesibukan dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan membangun serta berikan sugesti pada diri sendiri dengan stigma-stigma bahwa saya mampu dan bisa.
  3. Bersikap cuek dengan omongan-omongan bahkan stigma-stigma jelek yang diberikan orang lain tentang diri kita.