Bagaimana Cara Kalian Tetap Konsentrasi Dalam Kondisi Cuaca Yang Panas?

Semenjak dimulai pandemi hampir seluruh kegiatan dari mulai sekolah hingga bekerja dilakukan dirumah. Tidak selalu setiap rumah menyediakan ruangan ber AC atau kondisi yang baik seperti di kantor.

Hambatan kerja atau belajar yang paling sering dialami yaitu kondisi suhu di ruangan. Kenapa suhu ruangan mempengaruhi konsentrasi belajar?

Apa kalian menyadari? Jika suhu ruangan terasa pengap atau panas pasti kalian akan kipas-kipas atau mengelap keringat ya kan? Itu secara tidak langsung mempengaruhi konsentrasi sebab terfokus untuk memikirkan bagaimana cara mengurangi rasa panas atau pengap tersebut.

Kalau kalian bagaimana cara kalian tetap konsentrasi dalam kondisi cuaca yang panas ?

Boleh share tips kalian juga.

Cara yang saya lakukan untuk tetap bisa berkonsentrasi belajar maupun melakukan aktivasi dengan cuaca yang panas adalah dengan mencari tempat atau ruang terbuka. Karena dengan begitu belajar maupun berdiskusi akan jadi lebih menyenangkan. Kalau dimedan kami sering bilangnya pendopo tempat untuk belajar sekaligus berdiskusi dengan suasana alam menjadi pilihan terbaik untuk saya pribadi fokus untuk belajar.

Wah ini sering sekali saya rasakan terutama saat siang hari dimana matahari sangat menyengat dan angin tidak banyak berembus. Biasanya untuk tetap bisa konsentrasi di saat panas itu saya akan membuka jendela kamar lebar-lebar dan saya akan duduk dengan bersandar pada tembok. Namun, saat angin yang berembus tidak banyak biasanya saya akan keluar kamar dan pergi ke halaman untuk mencari angin atau ke dapur untuk membuat minuman dingin. Cara tersebut sangat efektif untuk membuat saya tetap fokus dan semangat dalam belajar di tengah cuaca panas yang sedang melanda.

1 Like