Bagaimana Cara Kalian Mengatasi Kekurang Yang Ada Pada Diri Kalian?


Sumber foto
Seperti yang kita ketahui bersama, setiap manusia ini memiliki sisi kelebihan dan kekurang. Wajar jika manusia ini banyak kurangnya, tetapi tidak wajar jika kita tidak segera mengetahui solusi yang tepat untuk mengurangi kekurangan yang ada dalam diri kita. Biasanya ketika kita ingin melamar pekerjaan/organisasi/volunteer, pasti akan di tanya juga kelemahan dan kelebihan pada diri kita. Untuk itu, mari kita sharing, apa aja sih yang menjadi kekurangan dalam diri kalian, dan bagaimana cara kalian mengatasi hal tersebut?

Jika kita ditanya tentang kelebihan dan kekurangan, pasti hampir semua orang akan lebih mudah menjawab kekurangan yang ada pada dirinya sendiri. Jika hal ini ditanyakan dalam ranah melamar pekerjaan, tentunya saya tidak akan menyebutkan semua kekurangan saya, karena saya membutuhkan pekerjaan, bukan membutuhkan solusi atas kekurangan saya. Dalam hal ini, yang akan saya lakukan adalah menjawab jujur tentang kekurangan saya, namun saya juga memberikan penjelasan mengenai solusi yang saya lakukan atas kekurangan saya tersebut. Misalnya: “Saya adalah seseorang yang deadliner, tetapi biasanya saya akan membuat perencanaan terlebih dahulu, kemudian saya melakukan perencanaan tersebut di waktu-waktu menjelang deadline.” atau hal lainnya.
Jika hal ini terkait dengan diri sendiri, saya akan mencoba menelusuri tentang kekurangan saya yang dapat dimaklumi dan tidak dapat dimaklumi, karena setiap orang memiliki kekurangan, namun tidak semua kekurangan merupakan hal yang wajar. Maka dari itu, saya berusaha mengurangi dalam memperlihatkan kekurangan saya, apalagi jika kekurangan tersebut dapat merugikan orang lain, misalnya mempunyai sifat pemarah.

Izin kak, itu topiknya kekurangan ya? Tapi ditulis kekurang jadi dibaca sedikit janggal.
Baik, jika ditanya soal kekurangan setiap orang pasti memiliki kekurangan maupun kelebihan. Terkait hal itu, kebanyakan orang menutupi kekurangannya agar orang terdekatnya merasa tidak menyepelekan. Cara yang paling ampuh menurut saya dalam hal mengatasi kekurangan yang ada didalam diri sendiri yaitu :

  1. Jika kita tau akan kekurangan yang ada didalam diri kita, kita jangan langsung menghakimi diri sendiri. Tapi hipnotis diri sendiri dengan, saya bisa saya hebat dengan memberikan sedikit pujian kepada diri. Dengan begitu ada sedikit rasa yakin bahwa diri kita sebenarnya mampu tapi takut untuk mencoba sesuatu hal karena takut salah.
  2. Beranilah untuk mengexplore diri dengan mengikuti segala bentuk aktivitas yang melibatkan orang banyak, seperti : event kampus, workshop maupun yang lainnya. Nah, dari sini kita dapat melatih kemampuan juga sekaligus belajar dari kekurangan kita bersama-sama orang lain dalam suatu project yang dikerjakan bersama-sama.
  3. Tanamkan rasa syukur dengan stigma kekurangan yang saya miliki adalah sebuah nilai plus agar saya dapat terus belajar, belajar dan belajar dengan semanagt dan pantang menyerah.