Bagaimana Cara Efektif Merawat Beauty Blender Agar Tahan Lama?

Hampir setiap wanita terutama pecinta makeup memiliki setidaknya satu atau dua buah beautyblender. Bagaimana cara efektif merawat beauty blender agar tahan lama?

1. Basahi beauty blender dengan Air Sebelum Pemakaian
beautyblender dalam keadaan kering memang bisa dipakai, tapi itu jugalah yang bisa menyebabkan makeup Anda terlihat tidak maksimal. Padahal sponge satu ini baru akan ‘berfungsi’ dalam keadaan basah, dengan catatan airnya sudah diperas ya. Permukaan sponge yang lembap dan basah akan membuat foundation maupun bedak Anda menempel lebih baik sehingga hasil makeup-nya pun jadi lebih maksimal. Selain itu, hal tersebut akan membuat alat ini lebih mudah dibersihkan karena produk makeup hanya akan menempel di permukaan beautyblender yang basah.

2. Cuci beautyblender dengan Meremasnya
Kalau beautyblender dirasa cepat robek atau rusak, bisa jadi ada kesalahan mencucinya yang tanpa sadar dilakukan. Yang cukup sering terjadi adalah membersihkan beautyblender dengan cara dikucek atau digosok dengan tangan. Padahal spons ini memiliki rongga-rongga kecil dan terbuat dari materi yang lembut sehingga kita perlu lebih berhati-hati. Tak perlu sampai mengucek untuk menghilangkan bekas makeup yang menempel, cukup remas beautyblender dengan pembersihnya saja sudah cukup. Dan, sebaiknya lakukan ketika kuku Anda tidak dalam keadaan panjang karena bisa membuat beautyblender Anda sobek.

3. Simpan beautyblender di Wadah yang Tepat
Seperti yang ada dalam poin pertama, untuk bisa menggunakan beautyblender, maka sponge tersebut harus dalam keadaan basah. Nah, jika Anda menyimpan beautyblender lembap tersebut di kontainer kedap udara seperti plastik ziplock, jamur dan bakteri bisa tumbuh subur dan berkembang-biak di beautyblender Anda. Eww, jangan sampai ya! Untuk mencegahnya, letakkan beautyblender sampai benar-benar kering. Begitu kering, baru masukkan dan simpan lagi ke tempatnya atau wadah lain yang Anda punya.

Referensi

sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/tips-merawat-beautyblender-agar-tahan-lama/

Beauty blender menjadi salah satu pilihan utama dalam merias wajah, mulai dari makeup artist, selebriti, dan pecinta makeup. Bentuknya yang menyerupai telur yang mampu membuat makeup terlihat mulus di wajah membuat spons makeup ini semakin digemari.

Berikut cara merawat beauty blender agar tahan lama :

1. Langsung dicuci
Cara membersihkan beauty blender yang pertama adalah dengan mencucinya setelah menggunakannya untuk mengoleskan produk, apakah foundation, contouring, atau produk lainnya . Hal ini untuk mencegah jamur dan bakteri mengenai kulit wajah sehingga memicu munculnya jerawat. Mencuci beauty blender setelah dipakai juga dapat menjaga kualitas beauty blender tetap bagus.

2. Membersihkan dengan sabun yang tepat
Gunakanlah sabun yang dikhususkan untuk mencuci beauty blender atau alat makeup. Cara membersihkannya, hanya perlu mendiamkan spons yang ada di wadah berisi cairan sabun sebentar agar menyerap dalam spons. Dengan cara seperti itu, produk-produk makeup yang menempel pada beauty blender akan lebih mudah luntur dan hilang.

3. Membersihkan menggunakan sabun bayi

Selain menggunakan sabun khusus mencuci peralatan makeup , juga bisa dengan sabun atau sampo bayi. Sabun atau sampo bayi dinilai lebih aman karena tidak mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat merusak beauty blender.

4. Menggunakan air hangat

Bila ada bagian beauty blender yang terdapat noda yang sulit hilang, misal bekas foundation yang terlalu lama mengendap karena sudah lama tidak dicuci. Cara membersihkan beauty blender ini, bisa dengan merendamnya pada semangkuk air hangat dalam waktu 5-10 menit hingga beauty blender menggelembung.

5. Menggosok dan menekan beauty blender

Setelah direndam di air hangat, perlu menggosok dan menekan beauty blender agar kotoran yang mengendap di dalam beauty blender dapat keluar. Hal ini akan membuat beauty blender bisa bersih luar dan dalam.

6. Potong bagian menjadi dua

Bila bagian luar beauty blender sudah sangat kotor tapi tidak ada waktu mencuci, gunakan saja bagian dalamnya. Potonglah beauty blender menjadi dua bagian, lalu gunakan bagian dalam yang masih bersih.

7. Simpan dengan baik

Saran tambahan, untuk membuat beauty blender awet, perlu menyimpan beauty blender dengan baik untuk mencegahnya terkena debu dan agar tahan lama. Bila tidak digunakan, coba masukkan dalam wadah atau wadah dari beauty blender- nya. Biasanya ada beberapa brand beauty blender yang menyediakan tempat khusus untuk beauty blender. Setelah dicuci, biarkan beauty blender kering di tempat terbuka sebelum menyimpannya dalam tempat tertutup. Dengan begitu dapat menghindarkan jamur berkembang.