Bagaimana cara diet yang tepat untuk penderita diabetes


Penanganan terhadap diabetes mengharuskan penderitanya mengadopsi pola hidup sehat, dengan tujuan untuk mengontrol diabetes dan kadar gula darah, serta untuk mencegah komplikasi jangka panjang yang bisa disebabkan oleh diabetes. Bagaimana cara diet yang tepat untuk penderita diabetes?

Cara Diet Untuk Penderita Diabetes yang juga sering disebut dengan DM, penyakit gula dan kencing manis memaksa para penderitanya untuk menjalankan pola hidup sehat sehingga kadar gula darah bisa di kontrol sekaligus mencegah komplikasi lanjutan.

  1. Konsumsi Makanan Serat Tinggi dan Karbohidrat
    Karbohidrat memang bisa memberikan dampak besar untuk penderita diabetes, akan tetapi tidak berarti harus menghindari seluruh makanan yang mengandung karbohidrat melainkan lebih cerdas dalam memilih jenis karbohidrat apa yang akan dikonsumsi.

  2. Lebih Jeli Dengan Asupan Manis
    Cara diet yang harus dilakukan penderita diabetes tidak berarti menghindari penggunaan gula seluruhnya, namun yang harus diperhatikan adalah makan dengan porsi yang cuku dan tidak berlebihan. Yang dimaksud dengan jeli dengan asupan manis ialah mengkonsumsi makanan atau minuman manis pada waktu jam makan sebagai hidangan penutup dan selanjutnya tidak lagi mengkonsumsi camilan atau snack diluar dari jam makan tersebut.

  3. Konsumsi Lemak Dengan Pertimbangan Bijak
    Saat menjalankan diet, lemak bisa menjadi kawan dan juga bisa menjadi musuh sebab ada beberapa jenis dari lemak yang berbahaya dan tidak sehat untuk tubuh, sementara beberapa jenis lainnya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

  4. Pola Makan Teratur Dengan Mencatat
    Diet yang dijalankan penderita diabetes tidak harus selalu merasa lapar sebab tidak menggunakan jam makan untuk mengisi perut. Namun, memang pada orang yang memiliki diabetes akan berpengaruh jika menurunkan sedikit berat badan sehingga kadar gula dalam darah bisa lebih di kontrol. Menurut penelitian, cara sukses untuk menurunkan berat badan adalah dengan menggunakan pola makan yang teratur dengan cara mencatat makanan yang sudah dikonsumsi.

  5. Selalu Sarapan
    Penderita diabetes juga tidak boleh melewatkan waktu sarapan di pagi hari, sebab dengan sarapan maka tubuh mempunyai energi pas yang akan digunakan saat beraktivitas dan kadar gula dalam darah bisa tetap dalam keadaan yang stabil. Perlu diketahui jika anda melewatkan jam sarapan, maka saat makan siang nafsu makan anda akan bertambah dan tentunya porsi makan jadi berlebihan.

Sumber : Diet Sehat