Bagaimana cara cepat untuk membesarkan Ikan Koi ?

Ikan koi

Ikan koi termasuk salah satu jenis dari ikan karper. Ikan ini mempunyai warna yang menarik dengan corak yang berbeda-beda. Bagaimana cara cepat untuk membesarkan Ikan Koi ?

  • Pemberian Pakan yang Tepat

Pakan yang baik bagi ikan koi tidak hanya asal ikan mau, tetapi juga harus memperhatikan faktor-faktor yang dapat mendukung pertumbuhan ikan tersebut. Pakan yang dipakai harus mengandung nilai gizi yang tinggi di antaranya meliputi protein dan lemak, serta tambahan vitamin dan mineral. Pakan sebaiknya diberikan sedikit demi sedikit namun rutin. Hal ini bertujuan untuk mencegah sisa pakan yang berlebihan. Anda bisa memberikan pakan sebanyak 2% dari berat badan ikan koi yang diberikan setiap 5 jam.

  • Kesesuaian Ukuran Kolam Pemeliharaan

Secara tidak langsung ukuran kolam juga mempengaruhi tingkat pertumbuhan ikan di dalamnya. Panjang kolam yang ideal adalah 5 kali panjang ikan koi. Sedangkan lebar kolam yang bagus yakni 3 kali panjang ikan koi. Perhatikan pula tingkat kedalaman air pada kolam tersebut. Idealnya, kolam untuk memelihara ikan koi wajib diisi air hingga sedalam 125-200 cm. Ikan koi tidak akan tumbuh sampai ukuran yang maksimal apabila kondisi di kolam tidak mendukungnya.

  • Pemilihan Varietas Ikan Koi

Setiap jenis ikan koi mempunyai beberapa varietas yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Contohnya ikan koi dari varietas lokal memiliki panjang maksimal hingga 60 cm, meskipun cukup sulit untuk mencapai ukuran tubuh yang paling optimum ini. Sedangkan sebagian besar ikan koi dari varietas impor mempunyai panjang tubuh maksimal rata-rata sekitar 75-80 cm. Bahkan tidak sedikit ikan koi impor yang memiliki panjang tubuh lebih dari 80 cm.