Bagaimana cara-cara untuk meneliti konsumen yang potensial?

Melakukan penelitian terhadap konsumen (customer research) yang potensial adalah hal yang penting. Baik pada organisasi kecil maupun perusahaan besar, dibutuhkan penelitian untuk melihat prospek yang baik. Lalu, bagaimana meneliti konsumen-konsumen yang potensial?

Berikut ini adalah 5 cara yang mudah untuk mempelajari prospek Anda:

1. Gunakan Google Alerts, Mention, atau Talkwalker Alerts

Anda harus memanfaatkan kekayaan informasi yang tersedia secara online untuk mengumpulkan lebih banyak informasi tentang pelanggan, calon pembeli, dan pola pembelian. Google Alerts (Google Alerts - Monitor the Web for interesting new content) dapat membuat peringatan untuk setiap perusahaan atau perilaku dan memilih frekuensi untuk pemberitahuan yang ingin Anda terima. Tetapi karena Google Alerts menjadi tidak dapat diandalkan selama beberapa tahun terakhir, Talkwalker Alerts juga direkomendasikan. Kedua alternatif Google alert ini bekerja dengan baik dalam memantau jaringan media sosial dan blog yang tidak jelas.

Layanan peringatan apapun yang Anda gunakan, hasil pratinjau (preview) untuk memastikan parameter pencarian Anda diatur dengan benar. Jika prospek Anda adalah perusahaan publik atau bisnis kecil yang aktif di komunitas lokalnya, Anda akan mendapat informasi mengenai tentang inisiatif, minat, dan kegiatan baru mereka. Jika Anda mencoba untuk memantau perilaku pembeli teknologi, Google Alert akan memberitahu Anda setiap kali penelitian baru dipublikasikan.

Ini adalah peluang sempurna untuk memantau tren utama, pelanggan, dan prospek tertentu.

2. Wawancara pelanggan saat ini

Kapan terakhir kali Anda berbicara dengan pelanggan Anda? Pelanggan Anda adalah sumber yang sempurna karena mereka telah membeli produk atau layanan Anda dan relatif mudah diakses oleh Anda. Mewawancarai pelanggan tidak hanya akan memberi Anda wawasan tentang proses pengambilan keputusan mereka, tetapi juga akan menjadi peluang besar untuk mengumpulkan konten untuk studi kasus. Selain berbicara dengan pelanggan secara empat mata, Anda juga dapat mempertimbangkan survei prospek atau melakukan focus group discussion. Tujuan Anda adalah untuk mengidentifikasi kepentingan umum, sumber informasi, dan tantangan.

Namun, berhati-hatilah. Ingat bahwa setiap klien atau pelanggan mungkin unik dan berbeda.

3. Pelajari analisis web Anda

Ada banyak sekali data yang dapat diakses oleh Anda melalui analisis web Anda, tetapi apakah Anda menggunakannya untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan Anda dan orang lain dengan nilai dan minat bersama?

Ajukan pertanyaan pada diri Anda seperti:

  • Apa pola perilaku pengunjung?
  • Mereka berasal dari mana?
  • Kata kunci apa yang mereka gunakan untuk menemukan Anda?
  • Apa yang mereka kunjungi saat mereka mengakses situs?
  • Berapa lama mereka mengakses situs?
  • Format konten apa yang paling populer?
  • Apakah pola-pola ini memberi tahu Anda apa saja tentang dimana pelanggan Anda dalam proses pembelian mereka, atau konten apa yang paling efektif pada tahap yang berbeda dari proses pembelian mereka?

Gunakan informasi ini untuk meningkatkan situs web dan halaman Anda untuk menarik orang lain yang tertarik pada layanan, produk, atau masalah yang sama.

4. Gunakan pesaing Anda

Pelanggan Anda tidak hanya memiliki akses informasi lebih banyak daripada sebelumnya, tetapi begitu juga Anda! Salah satu cara untuk mendapatkan wawasan terhadap pembeli Anda adalah dengan mempelajari penelitian atau studi kasus yang telah dipublikasikan oleh pesaing Anda. Meninjau studi kasus mereka mungkin membantu Anda lebih memahami prospek Anda. Selain mengikuti kompetisi, ikuti juga blog dan laporan analis industri.

5. Manfaatkan jejaring sosial profesional

Gunakan jaringan profesional utama (seperti LinkedIn dan Quora), dan coba temukan jaringan lain yang spesifik dengan industri di mana prospek Anda berada. Jaringan-jaringan ini merupakan peluang besar untuk mendapatkan informasi dan terlibat di dalamnya. Mereka akan membantu Anda lebih memahami tantangan harian atau keberhasilan yang dimiliki prospek Anda dan dalam banyak kasus, memberi Anda kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang konsumen potensional dan mendapatkan tanggapan yang nyata. Jaringan ini juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan data yang sudah Anda miliki tentang orang, dan melihat bagaimana mereka terhubung dengan orang lain di dalam organisasi mereka sendiri atau siapa yang Anda kenal.

Referensi: 5 Ways to Research Your Potential Customers