Bagaimana cara-cara unik perawatan kulit di berbagai etnis di dunia?

Membicarakan mengenai tips dan cara merawat kulit yang benar nggak akan pernah ada habisnya. Selalu saja ada “rahasia-rahasia” baru yang bisa kamu dapatkan. Termasuk senjata rahasia dari berbagai negara berikut ini.

Ngomongin soal perawatan kulit terbaik, kamu nggak akan pernah menemukan kata sepakat. Setiap orang umumnya memang punya cara masing-masing untuk merawat kulit mereka.

  1. Lulur merupakan hasil ramuan berbagai bahan-bahan tradisional seperti rempah-rempah dan buah-buahan yang berkhasiat untuk menghaluskan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, dan meremajakan kulit. Sayangnya, lulur yang dibuat secara alami udah jarang digunakan karena beredarnya lulur-lulur pabrikan yang mudah didapatkan di manapun.

  2. Batangeh alias mandi uap merupakan ritual yang sudah ada sejak dulu di ranah Minang. Uap yang digunakan berasal dari rebusan berbagai rempah-rempah yang punya banyak khasiat, seperti untuk kecantikan, pengobatan, dan menghilangkan bau badan. Batangeh ini biasanya dilakukan oleh calon pengantin, para ibu, dan wanita yang baru saja melahirkan.