Bagaimana Cara Budidaya Tanaman Hias Pucuk Merah dengan Baik dan Benar?

Tanaman pucuk merah dengan nama latin Syzygium oleana ini cukup mudah dikenali. Ia memiliki daun berbentuk lancet yang tumbuh rapat antara satu dengan yang lainnya. Daun-daun tersebut akan mengeluarkan warna merah menyala yang cantik saat masih muda, lalu perlahan berubah menjadi hijau seiring pertambahan usia daun. Dengan ciri khas tersebut, Pucuk Merah sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di rumah. Maka dari itu bagaimana cara budidaya tanaman pucuk merah yang tepat agar dapat tumbuh dengan sehat?

Ada 2 metode dalam budidaya tanaman hias pucuk merah. Yakni dibudidayakan dengan menanam bijinya ataupun dengan cara stek batang.

Menanam Dengan Biji

  1. Menanam Biji
    Bentuk dari biji pucuk merah menyerupai lada. Pohon pucuk merah akan mengeluarkan banyak biji jika ukurannya sudah membesar. Untuk keperluan budidaya, maka ambil biji yang sudah tua dan tanam biji tersebut. Biji tanaman pucuk merah yang sudah tua berwarna kehitam-hitaman. Jika kesulitan mencari bibit di pohon, coba cari di tanah karen biji tersebut sebab akan mudah rontok atau gugur sendiri jika sudah tua.

  2. Menyemai Biji
    Jika sudah mendapatkan biji pucuk merah, langkah selanjutnya yakni melakukan penyemaian. Lakukan proses penyemaian pada tanah yang gembur dan subur. Setelah biji tumbuh menjadi bibit, lakukan pemindahan ke dalam polybag. Anda juga bisa menanam secara langsung ke lahan yang telah disediakan. Kondisikan terlebih dahulu tanah untuk tempat tanam tersebut dengan baik. Jangan lupa beri pupuk kandang sebelum kamu menanam benih pucuk merah.

  3. Pemidahan bibit
    Ketika tinggi dari bibit pucuk merah sudah sekitar 20 cm, maka bibit tersebut sudah bisa dipindahkan. Cabut bibit dengan hati-hati, jangan sampai akarnya putus. Buat lubang pada tanah sebagai media tanam, masukkan pupuk kandang dan tutup kembali lubang. Nah, kamu bisa memilih mau menanam pucuk merah di mana. Bisa dalam polybag, pot atau lahan yang sudah kamu sediakan.

  4. Perawatan tanaman
    Agar tanaman ini tumbuh dengan baik, maka ada baiknya jika anda memenuhi kebutuhan air dengan melakukan penyiraman secara rutin. Anda bisa melakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Jika sedang musim hujan, penyiraman cukup dilakukan sekali saja. Setelah cukup besar, tanaman pucuk merah akan segera mengeluarkan pucuk yang berwarna merah. Cocok sekali untuk menghias pekarangan rumah kamu.

Cara Stek Batang

Cara yang lebih mudah untuk menanam pucuk merah adalah stek batang. Kamu cukup memotong cabang dari pohon pucuk merah dan kemudian menanamnya.

Nah, untuk menghasilkan tanaman yang baik, maka perlu juga memilih batang berkualitas baik. Pilihlah cabang yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, kalau kata lagu sih yang sedang-sedang saja.

Potong cabang dengan panjang antara 20-30 cm yang diukur dari ujung daun. Kemudian tanam cabang tersebut di dalam polybag yang sudah berisi campuran tanah, pupuk kandang dan sekam padi.

Sumber: https://thehijau.com/cara-budidaya-tanaman-hias-pucuk-merah/2/

1 Like