Bagaimana cara budidaya Maggot untuk alternatif pakan Ikan ?

magot

Salah satu pakan alternatif yang kualitasnya menyerupai pakan pabrikan ialah pakan alami, salah satunya adalah magot. Bagaimana cara budidaya Maggot untuk alternatif pakan Ikan ?

Anda bisa membuat maggot dengan langkah-langkah sebagai berikut!

Alat dan Bahan :

250 ml starter probiotik organik
250 gram gula merah yang dicairkan dengan 500 cc air
10 kg kepala ikan laut atau udang
20 gram jahe, temulawak, dan lengkuas
5 siung bawang merah
3 kg jagung giling
10 kg ubi jalar
1 kg mentimun
10 kg dedak
1 kg tomat
1 sdt merica bubuk

Cara Membuat :

  1. Siapkan mesin penggiling yang bisa Anda beli di www.alatperabotan.com. Gilinglah kepala ikan atau udang sampai ukurannya menjadi sangat halus.
  2. Kukus ubi jalar hingga matang dan teksturnya menjadi empuk. Setelah itu, biarkan kurang lebih selama 8 jam supaya suhunya dingin. Barulah kemudian Anda bisa menggilingnya sampai halus.
  3. Masukkan gilingan kepala ikan/udang, gilingan ubi jalar kukus, dan dedak halus ke dalam suatu wadah. Berikutnya aduk bahan-bahan tersebut agar tercampur secara merata. Kita sebut ini campuran pertama.
  4. Siapkan blender. Masukkan mentimun dan tomat ke dalamnya. Lalu tambahkan starter probiotik organik dan cairan gula merah. Proses sampai bahan-bahan ini menjadi halus dan tercampur rata. Kita sebut ini campuran kedua.
  5. Tumbuklah jahe, temulawak, lengkuas, bawang putih, dan merica sampai halus. Setelah itu, pindahkan hasil tumbukannya ke dalam campuran kedua. Silakan aduk sampai merata.
  6. Gabungkan menjadi satu antara campuran pertama dan campuran kedua ke dalam suatu wadah kontainer yang tertutup rapat. Jangan lupa untuk memastikannya semua bahannya sudah tercampur rata.
  7. Simpan kontainer tersebut pada ruangan yang suhunya normal dan stabil. Biarkan sampai tumbuh maggot dalam jumlah yang cukup banyak dan berkembang hingga dewasa.
  8. Pemanenan dapat dilakukan setelah populasi maggot di dalam kontainer terebut sudah banyak dan ukurannya pun besar. Berikan pakan alternatif ini sebagai pengganti pelet ikan dengan jumlah yang secukupnya.

Sumber