Bagaimana cara budidaya Ikan Lemon ?

Ikan lemon

Ikan lemon (Neolamprologus leleupi) adalah ikan air tawar yang sering dijadikan sebagai ikan hias karena kemolekan tubuhnya dan warnanya yang mencolok. Ikan ini mempunyai berwarna kuning cerah layaknya buah lemon yang matang. Gerak-geriknya pun sangat agresif.

Bagaimana cara budidaya Ikan Lemon ?

Langkah 1. Pemilihan Indukan

Indukan ikan lemon harus setidaknya berumur 7 bulan. Rata-rata postur ikan jantan lebih besar dibandingkan dengan ikan betina. Warna ikan jantan juga jauh lebih cerah daripada ikan betina. Ikan lemon jantan pun mempunyai sirip punggung dan sirip perut yang berwarna hitam. Sedangkan seluruh tubuh ikan betina berkelir kuning. Jika diperhatikan dengan seksama, ikan lemon jantan berbentuk langsing dan si betinanya berbentuk membulat.

Langkah 2. Persiapan Pemijahan

Sebelum dilakukan proses pemijahan, ikan lemon jantan dan betina harus dimasukkan ke dalam akuarium yang berbeda. Akuarium tersebut berukuran 100 x 50 x 40 cm. Lalu isilah akuarium dengan air hingga ketinggiannya mencapai 20-25 cm. Berikutnya siapkan pula kolam pemijahan seluas 2 m2 yang dilengkapi dengan beberapa kakaban sebagai tempat untuk menaruh telur. Kolam ini bisa digunakan untuk mendukung proses pemijahan secara massal sehingga menghemat biaya dan meningkatkan potensi keberhasilannya. Sebaiknya gunakan kolam indoor, tetapi jika terpaksa membuat kolam outdoor maka Anda harus membuat pagar yang mengelilingi kolam untuk melindungi ikan-ikan nanti dari serangan hama.

Langkah 3. Pemijahan Indukan

Ikan lemon indukan dipelihara di akuarium karantina sampai kondisinya telah mencapai matang secara gonad. Ciri-cirinya yaitu ikan terlihat lebih agresif daripada biasanya. Setelah itu, ikan-ikan tersebut dimasukkan ke dalam kolam pemijahan dengan perbandingan ikan jantan dan ikan betina yakni 2:1. Pertemuan awal ikan-ikan ini mungkin akan didominasi dengan ikan yang saling berkejar-kejaran. Setelah ikan merasa tenang, mereka bakal bergerak ke dasar kolam dan melakukan pemijahan dengan pasangannya.

Langkah 4. Perawatan Anakan

Anakan ikan lemon biasanya akan langsung menetas dari telurnya pada waktu 2-3 hari. Karena ikan ini masih mempunyai cadangan makanan dari sel kuning telur yang menempel di perutnya, ikan tidak boleh diberikan makanan terlebih dahulu. Kami biasanya memberikan pakan dimulai pada hari ke-4 menggunakan pakan berupa cacing sutera yang dicincang halus. Berikanlah makanan ini dalam dosis yang secukupnya agar tidak mengotori air di akuarium pemeliharaan.