Bagaimana cara berternak kura-kura Brazil dengan mudah ?

Kura-kura Brazil

Bagaimana cara berternak kura-kura Brazil dengan mudah ?

1. Memilih Indukan Kura-Kura Brazil yang Siap Dikawinkan atau Dipijahkan

Hal yang paling utama dalam budidaya kura kura adalah menyediakan indukan yang berkualitas. Ciri-ciri indukan yang baik, layak dan berkualitas ialah:

  • Umur kura-kura sudah mencapai 2 tahun (yang siap kawin biasanya besarnya sepiring)
  • Tidak cacat alias sehat
  • Ukuran tubuhnya gemuk
  • Keadaan tempurung bersih

2. Menyediakan Tempat Untuk Beternak Kura Kura Brazil

Kalian harus membuat kolam khusus untuk proses pemijahan (mengawinkan) antara induk jantan dan betina. Karena bentuk wadah pemijahan berbeda dengan kolam kura-kura brazil pada umumnya. Bagaimana cara membuatnya?

Buatlah kolam pemijah seluas 2x3 meter, lalu buatlah sekat di tengah-tengah supaya terbagi menjadi 2 bagian. Sisi kanan untuk daratan pasir dan sisi kiri untuk air. Pembuatan sekat itu berguna supaya air tidak tercampur dengan pasir, sebab untuk kolam pemijah keadaan pasir harus tetap kering. Sehingga ketika si indukan meletakkan telurnya di atas pasir, tidak terkena air.

3. Menetaskan Telur Kura-Kura

Kalau telurnya sudah berada di atas pasir, kalian bisa menetaskannya secara alami dan buatan. Tapi lebih disarankan yang secara buatan. Mengapa? Soalnya hal ini untuk mengurangi tingkat kematian dan kegagalan si telur kura-kura tersebut.

4. Cara Merawat Bayi Kura-Kura Brazil

Poin ketiga sengaja dimasukkan dalam proses ternak kura-kura brazil, hal itu agar setelah telur menetas kalian tidak kebingungan cara merawat anaknya yang masih kecil dan hijau. Saat telur sudah mengeluarkan bayi kura-kura, hendaknya dibiarkan selama satu hari.