Bagaimana cara bermain permainan tradisional Pande?

000000000000

Permainan tradisional ini pun identik dengan anak laki-laki karena ketangkasannya dalam melempar batu. Anak perempuan ada yang pernah memainkannya?

Permainan ini sangat mengutamakan kehati-hatian, karena alat bantu-nya ada batu…lumayan kan kalau kena kepala. Terbagi dalam 2 tim. Tiap anggota tim mempunyai batu sebagai "gaco"nya. Batu ini biasanya berbentuk pipih dan bisa di berdirikan. Area permainannya terdiri dari 2 garis, yaitu garis untuk mendirikan batu yang akan di gunakan untuk sasaran tembak dan garis untuk pelempar melemparkan batu. jarak antara 2 garis ini biasanya 3-5 meter. Tim yang melempar harus mampu menjatuhkan batu yang di gunakan sebagai sasaran tembak untuk memenangkan permainan.
Permainan ini terdiri dari 2 babak lemparan.
a. Babak pertama. Tim pelempar akan melempar "gaco"nya ke arah “gaco” lawan yang telah di berdirikan dengan menggunakan tangan. Harus di usahakan sekali lempar, tetapi bila lemparannya tidak mengenai batu lawan, maka tim pelempar akan melemparkan batu lagi tetapi dengan cara satu kaki dalam posisi lutut di tanah, sementara posisi kaki yang lain dalam posisi berjongkok dan batu akan di lempar lewat bawah pantat. Tim pelempar harus bisa menjatuhkan semua batu lawan untuk melangkah ke babak ke dua.
b. Babak kedua. Tim pelempar akan melemparkan batu dengan menggunakan kaki. caranya batu di letakkan di punggung kaki, lalu dengan melangkah batu tersebut di lemparkan hingga menjatuhkan batu lawan.