Seorang guru berkewajiban mengajar kepada siswa-siswanya. Ketika menyampaikan materi sekolah, banyak siswa yang tidak perhatian untuk mendengarkan guru yang sedang menjelaskan materi.
bagaimana cara berkomunikasi yang efektif dalam mengajar?
Seorang guru berkewajiban mengajar kepada siswa-siswanya. Ketika menyampaikan materi sekolah, banyak siswa yang tidak perhatian untuk mendengarkan guru yang sedang menjelaskan materi.
bagaimana cara berkomunikasi yang efektif dalam mengajar?
Haii caca, sebelumnya kita kutip defisini pengertian komunikasi.
Dalam buku ‘Ilmu komunikasi suatu pengantar’ karangan Dedy Mulyanan, menurut Bernard Berelson & Gary A. Steiner, komunikasi adalah sebuah tindakan atau proses transmisi informasi, gagasan, emosi ketrampilan, dan semacamnya. Hal yang di transmisikan ini dapat berupa simbol-simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik, dan semacamnya.
Ada beberapa pola komunikasi:
Sementara untuk berkomunikasi dalam mengajar terutama dalam mengajar anak-anak di kelas, tidak mudah, karena banyak anak - anak yang kurang perhatian terhadap guru yang sedang berbicara. Dalam menciptakan lingkungan kelas yang kondusif dan proses belajar mengajar lancar, ada lima strategi yang diperlukan untuk membangun komunikasi yang efektif:
Adapun dalam pembelajaran dikelas dapat menggunakan 15 Komunikasi efektif dalam pembelajaran:
Selain itu terdapat Metode Student Center Learning yang populer saat ini karena efektivitasnya yang tinggi, sehingga banyak yang menggunakan metode ini. SCL ini berfokus kepada siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran, sehingga guru dapat mengetahui seberapa paham siswa tentang materi tersebut. Semakin banyak siswa mendapatkan pengetahuan, semakin meningkat kualitas sikap dan perilakunya.
Dapat disimpulkan, menggunakan metode SCL dapat meningkatkan komunikasi dalam proses belajar mengajar. Diharapkan dalam kelas antar siswa maupun dengan guru komunikasi banyak arah.