Bagaimana cara Berkomunikasi dengan Teman Sebaya yang Baik?

komunikasi

Dalam bergaul, saya dapat bergaul dengan mudah dengan sesorang yang secara umur di atas maupun di bawah saya namun dengan sebaya saya sangat sulit ,mungkin ada yang tahu cara berkomunikasi yang baik bagaimana?

Mungkin pengalaman kita hampir sama, ini beberapa saran dari beberapa artikel yang saya baca,

  1. Belajar menghargai
    Pada dasarnya semua orang ingin dihargai, tidak peduli apakah ia orang berpangkat atau tidak, orang miskin atau kaya, sesama agama atau tidak seagama, sesama suku atau tidak sesama suku, semuanya ingin dihargai secara proporsional.

  2. Jangan sombong
    Sifat sombong tidak akan menjadi cara bergaul yang baik dengan teman sebaya.

  3. Belajar menghormati
    Setiap orang selalu ingin dihormati. Oleh karena itu, janganlah kita menghormati orang lain karena ia kebetulan punya pangkat atau kedudukan.

  4. Mempunyai sikap mau mengerti
    Sikap mau mengerti keadaan orang lain pada dasarnya merupakan perbuatan sangat terpuji.

  5. Mau menberikan pujian
    Bila kita melihat teman kita berprestasi dalam suatu bidang apapun karena hasil keras dan jujur, maka sebaiknya kita mau memberikan pujian terhadap teman kita tadi dengan penuh keihklasan.

  6. Mau memberikan motivasi
    Perjalanan hidup seseorang tidak selamanya berjalan mulus, artinya ada kalanya ia mengalami masalah, seperti patah semangat atau putus asa dan lain sebagainya, sehingga ia kehilangan semangat, malas, tidak bergairah.

  7. Tidak bercanda keterlaluan.
    Kalau kita bersenda gurau mengenai hal hal yang kecil mugkin tidak masalah, tetapi kalau sudah di luar batas, maka hubungan itu bisa langsung retak.

  8. Tidak memilih teman bergaul
    Hal ini hanya berlaku kepada teman – teman sebaya yang baik perilakunya.

Tapi jika sudah melakukan semua hal di atas dan teman sebaya tetap tidak berubah, maka saran saya tinggalkan saja, cari teman yang lebih menguntungkan. Dalam berteman kita tidak perlu memaksakan karena tidak semua orang bisa cocok dalam berteman. Cari teman yang saling menguntungkan baik untuk saat ini maupun masa depan