Bagaimana cara berkembang biak anjing laut?

Anjing laut (Pinnipedia) adalah hewan pemakan daging (Karnivora) yang hidup di wilayah dingin dan perairan. Meski namanya Anjing laut, ia tak hanya hidup di lautan saja, ada beberapa jenis Anjing laut yang juga tinggal di danau, seperti di danau Baikal, Siberia.

Anjing laut termasuk hewan Mamalia atau hewan yang menyusui anaknya dan berkembang biak dengan cara melahirkan. Saat Anjing laut akan melahirkan, maka ia akan naik ke daratan atau di atas bongkahan besar es yang terapung. Jadi Anjing laut tidak melahirkan di dalam air seperti ikan.
Saat musim kawin tiba, Anjing laut secara bergerombol akan menuju ke sebuah pulau tertentu. Di sana, Anjing laut jantan akan saling adu kekuatan untuk menarik Anjing laut betina agar mau kawin dengannya. Setelah masa kawin selesai, Anjing laut betina akan hamil selama 8 hingga 12 bulan. Umumnya, Anjing laut hanya melahirkan 1 ekor anak saja.
Anak Anjing laut ada yang menyusu pada induknya hingga usia 2 tahun, namun ada juga anak Anjing laut yang mendapat susu dari induknya hanya selama 2 minggu saja.
Seekor Anjing laut bisa hidup hingga usia 36 tahun. Tubuh Anjing laut jantan lebih besar dari tubuh Anjing laut betina. Panjang tubuh Anjing laut ada yang berukuran 1.2 meter dan ada juga yang panjang tubuhnya mencapai 4 meter. Anjing laut terbesar, yaitu Anjing laut gajah selatan (Mirounga leonina) memiliki berat atau bobot tubuh 2.200 kilogram dengan panjang 4 meter.