Bagaimana cara berhenti mengalihkan perhatian saat kita sedang belajar ?

fokus belajar

Saat kita sedang belajar atau mengerjakan sesuatu, pasti kita sering merasa terganggu akibat sesuatu atau seseorang di sekitar kita. Lantas, bagaimana cara kita mengatasi hal tersebut?

Terkadang, apa yang kita kerjakan terasa tidak fokus apabila ada suatu hal yang mengalihkan perhatian kita. Pengalihan perhatian ini dapat disebabkan oleh banyak hal, namun apapun alasannya, pekerjaan yang tidak bisa dilakukan secara fokus dapat mengurangi produktifitas dan efisiensi dari pekerjaan itu sendiri.

Lalu hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengurangi gangguan/pengalihan yang terjadi saat kita melakukan suatu pekerjaan? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membantu menjaga fokus kita.

  1. Carilah penyebab gangguan yang mengalihkan fokus kita
    Sebelum mengatasi permasalahan, ada baiknya kita mengetahui sumber dari masalah tersebut. Mengapa kita terasa terganggu/teralihkan? Mungkin karena kurang tidur, ungkin karena kita ingin mengecek sosmed tiap saat, atau mungkin kita terlalu sering terganggu oleh rekan atau teman kita sendiri. Yang jelas hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui sumber masalah.

  2. Cari tempat untuk menyendiri
    Biasanya dengan melakukan pekerjaan kita di tempat tenang sendirian kita bisa jauh lebih berfokus pada pekerjaan dibanding saat kita di tempat yang ramai. Terkadang kehadiran orang lain lebih banyak mengusik daripada membantu kita dalam menyelesaikan tugas.

  3. Gunakan headset/headphone
    Headset bisa mengurangi gangguan berupa kebisingan yang membuyarkan konsentrasi. Selain itu beberapa orang bisa dengan lebih fokus bekerja apabila ditemani oleh musik. Jadi cara ini bisa digunakan untuk menambah mood bekerja dan mengurangi gangguan saat bekerja.

  4. Rapikan tempat kerja
    Tempat kerja yang berantakan bisa mengalihkan fokus kita. Oleh karena itu ada baiknya sebelum bekerja kita memilah-milah barang-barang yang akan digunakan untuk bekerja. Gunakan hanya beberapa alat yang dibutuhkan dan rapikan sisanya.

  5. Bekerjalah secara offline
    Terkadang pekerjaan yang dikerjakan secara online malah hanya akan menjadi penghambat karena timbul keinginan untuk membuka youtube ataupun media sosial. Apabila sebuah tugas bisa dikerjakan secara offline ada baiknya kita melakukannya tanpa perlu terganggu oleh keinginan untuk browsing hal lain.

  6. Lewati hal-hal yang tidak/belum diketahui
    Dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, ada kalanya kita menemui suatu persoalan yang sulit. Daripada berpaku pada satu hal yang tidak jelas penyelesaiannya ada baiknya kita berfokus dulu pada apa yang bisa kita kerjakan saat itu. Dengan demikian lebih banyak pekerjaan dapat diselesaikan. Hal seperti ini dapat diterapkan saat kita akan membuat tugas kuliah/mengerjakan tes.

  7. Batasi interaksi sosial
    Bercengkrama dengan teman ataupun rekan kerja saat istirahat memang tidak masalah. Namun apabila interaksi dengan teman malah menghambat produktifitas kita, sebaiknya kita membatasi sedikit interaksi dengan teman agar pekerjaan kita bisa lebih fokus dikerjakan.

  8. Buat tujuan/goals yang mampu kita selesaikan dan buatlah deadline
    Sangat penting jika kita mampu melaksanakan tugas sesuai kemampuan. Oleh karena itu ada baiknya kita membuat target yang masuk akal dapat kita selesaikan dan batasi juga dengan deadline agar kita bisa menghemat waktu yang ada.

  9. Jaga kesehatan
    Tidur yang cukup, makan makanan bergizi secara teratur dan tetap terhidrasi dengan minum air 8 gelas per hari sangat penting untuk menjaga fokus kita. Salah satu dari hal di atas tidak terpenuhi maka sangat mudah untuk kita merasa tidak fit dan menjadi sebuah penghambat dalam pekerjaan.

  10. Lakukan meditasi
    Merenung sesaat, memusatkan pikiran dan menghilangkan beban di pikiran dapat meningkatkan konsentrasi otak kita. Dengan melakukan meditasi, kita bisa lebih tenang dan fokus dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Selain itu bermeditasi dapat meningkatkan mood kita yang mana dapat meningkatkan produktifitas kerja.

Sumber:


Bagaimana cara berhenti teralihkan fokus kita dan menyelesaikan sesuatu:

  1. Rencana Kedepan
    Sangatlah penting untuk mengetahui apa yang ingin anda kerjakan dan selesaikan sebelum anda memulainya. Lalu anda membuat sebuah rencana untuk mencapai hal tersebut. Anda juga membutuhkan jalan perencanaan yang cocok dengan anda.

    Anda mungkin dapat melakukan sesuatu seperti menulis daftar apa yang harus dilakukan setiap pagi. Atau jurnal atau merencanakan di smartphone anda atau online. Dengan sering melakukan hal tersebut maka anda akan merasa terbiasa untuk membuat perencanaan tentang sesuatu, lalu perencanaan tersebut dapat anda terapkan ketika anda ingin memulai suatu pekerjaan.

    Cari apa rencana yang cocok denganmu dan tetap mengikuti rencana. Itu berarti anda harus mengikuti rencana dalam kondisi apapun hingga tujuan anda tercapai. Orang yang sering melakukan perencanaan maka hidup orang itu tidak akan berantakan, karena dengan perencanaan pasti orang itu telah memikirkan semua kemungkinan yang ada dan membuat rencana yang kedepannya akan berhasil bagi dirinya.

  2. Matikan notifikasi yang dapat mengalihkan kita dari pekerjaan
    Hal ini tidak selamanya mudah, terutama bagi anda yang mempunyai pekerjaan yang berhubungan dengan media social atau menggunakan media social untuk berkomunikasi dengan pekerja lain.

    Anda akan semakin efisien ketika anda tidak sering mengecek handphone atau smartphone anda ketika benda itu bordering. Meski mematikan notifikasi dapat membuat kita lebih fokus dalam bekerja, tetapi pastikan sebelum itu tidak ada hal yang akan diberitahu ke anda lewat media social, jika tidak maka anda mungkin akan melewatkan info tersebut karena sibuk dengan pekerjaan yang sedang anda lakukan.

    Notifikasi memang diperlukan untuk memberitahu tentang pesan atau info yang masuk, tetapi di saat kita membaca pesan atau info tersebut maka kita secara tak sadar akan menghabiskan waktu kita untuk membaca pesan tersebut yang mungkin tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang tengah dilakukan sehingga membuang waktu anda.

  3. Atur suasana
    Jika anda bekerja secara maksimal di tempat yang tidak berisik, maka anda akan mengatur ruangan anda untuk menghalang suara agar ruangan anda menjadi tenang. Jika anda ingin bekerja dengan didampingi lagu maka anda akan putar lagu sembari anda bekerja.

    Kita akan mengerjakan pekerjaan secara maksimal ketika kita berada dalam suasana yang cocok dengan keinginan kita. Suasana yang tidak cocok terkadang menjadi alasan kenapa pekerjaan kita lambat selesainya.

  4. Cari ritme yang sesuai dengan anda
    Jika anda termasuk orang yang aktif di awal maka anda rencanakan segala hal yang sulit dan menyita banyak waktu di awal, dengan begitu pekerjaan anda akan cepat selesai. Jika anda aktif di awal lalu mengerjakan tugas sulit di akhir maka anda nantinya akan merasa kebingungan dan kewalahan sehingga pekerjaan anda terhenti.

    Carilah ritme bekerja yang sesuai dengan anda, dengan bekerja berdasarkan ritme yang anda pilih maka pekerjaan anda akan terasa lebih mudah dan beban yang didapat berkurang.

  5. Jangan mencoba terlalu banyak
    Terkadang anda harus menerima bahwa anda tidak dapat menyelesaikan segala pekerjaan anda dalam satu hari. Pecah tugas besar menjadi beberapa tugas kecil untuk anda kerjakan tiap hari sehingga mereka lebih mudah untuk diatur. Ketika anda menyelesaikan suatu tugas, beralihlah ke tugas selanjutnya.

    Terkadang pekerjaan yang terlalu besar dapat membuat anda kewalahan. Perasaan kewalahan tersebut dapat membuat kita kebingungan dan membuang waktu kita lebih banyak.

Sumber : https://lovefrommim.com/how-to-stop-getting-distracted-and-get-things-done/

Berikut adalah cara-cara agar berhenti dari apa yang mengalihkan focus kita :

1. Menghindari sumber distraksi.

Distraksi bisa datang dari mana saja di sekitar kita. Ketika kita sedang mengerjakan sesuatu di area kampus, kita bisa saja terganggu oleh teman-teman kita, suara-suara seperti suara kucing, suara nyamuk, dan lain-lain. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan pindah ke tempat yang dikira lebih nyaman, tenang dan sepi untuk mengerjakannya. Kita bisa pindah ke rumah kita maupun kos kita sehingga tidak merasa terganggu dengan suara-suara tersebut.

2. Memakai headphone atau earphone.

Solusi lain untuk menghindari suara bising yang ada di sekitar kita adalah dengan menggunakan headphone atau earphone. Dengan memakai alat-alat tersebut, kita dapat lebih focus untuk mengerjakan sesuatu tanpa gangguan dari suara-suara yang ada di sekitar kita. Kita dapat memutar lagu yang dapat menenangkan suasana hati kita seperti lagu-lagu klasik dan lain-lain.

3. Menonaktifkan atau menggunakan mode silence pada handphone kita.

Gangguan lain dapat datang dari ponsel atau handphone yang kita miliki. Seringkali kita melihat handphone kita untuk mengecek apakah ada notification dari seseorang ataupun kita terkadang mengecek handphone tanpa alasan. Dengan menonaktifkan ataupun menggunakan mode silence pada handphone kita, kita akan menjadi jarang membuka handphone kita sehingga kita dapat lebih terfokus dengan apa yang sedang kita kerjakan.

4. Menyisihkan waktu untuk beristirahat.

Ketika kita tidak bisa focus dengan apa yang kita kerjakan,sisihkan waktu sebentar untuk beristirahat. Kita tidak bisa bekerja secara terus menerus sehingga kita memerlukan istirahat. Walaupun sebentar, waktu istirahat sangatlah penting bagi kita. Setelah kita beristirahat secukupnya, kita sudah memiliki energi untuk bekerja kembali dengan focus kembali.

Sumber : https://www.entrepreneur.com/article/233992
https://www.inc.com/lolly-daskal/10-smart-tips-to-prevent-distractions-and-sharpen-your-focus.html
http://www.lifehack.org/articles/productivity/10-critical-tips-prevent-distraction-and-sharpen-your-focus.html
http://healthland.time.com/2012/07/23/13-ways-to-beat-distractions-and-stay-focused-at-work/