Bagaimana Cara Beradaptasi Di Tempat Kerja?

adaptasi ditempat kerja

Ketika masuk kedalam lingkungan baru, pastinya membutuhkan adaptasi. Apalagi di dunia kerja, apabila kita tidak dapat beradaptasi dengan cepat, maka akan mempengaruhi kinerja kita. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini ?

1 Like
  1. Kenali lebih dulu apa tugas utama kamu dalam magang atau menjadi pegawai ini.
    bila anda magang atau menjadi pegawai baru maka kita perlu beradaptasi. Bila kita magang atau menjadi pegawai maka di sini tugas anda adalah menyerap segala informasi dan pengetahuan di lingkungan kerja ini agar anda dapat berkembang dan memenuhi target dalam bidang pekerjaan. Membiasakan dan menerapkan apa yang anda peroleh dari lingkungan kerja ini. Juga agar anda memahami kondisi lapangan dibandingkan teori yang kamu peroleh di bangku kuliah.
    Hal itu yang dapat menjadi bekalmu dimasa yang akan datang dalam beberapa keadaan tertentu. Jalani saja dengan semangat belajar yang tinggi. Setiap anda hadapi kesulitan jangan bersedih atau berputus asa.
    Ingat kembali kepada tujuan utamanya, yaitu untuk melatih diri .

  2. Jadikan Sebagai Cambuk Penyemangat
    Walaupun Anda mendapatkan perkataan yang cenderung mengucilkan anda karena gender anda seorang wanita di lingkungan kerja yang mayoritas pria, jangan berkecil hati. Justru, jadikan ini cambuk dan penyemangat bahwa wanita bisa dan mampu survive pada lingkungan kerja mayoritas pria.

  3. Tunjukkan Kesungguhan Untuk Belajar
    Tunjukkan kesungguhan dan kemampuan serta kesediaanmu yang besar untuk belajar dan bekerja. Jika sudah anda lakukan, Insyaa Allah mereka akan melihat bahwa meskipun wanita anda juga dapat melakukannya dengan baik.

  4. Cari Teman atau Senior yang Bersahabat
    Selain itu coba cari di kantor itu adakah teman atau senior yang tampaknya lebih bersahabat dan terbuka dengan orang baru. Teman yang dapat membantu kamu mempelajari dan menguasai bidang kerjamu.
    Dalam hal ini, anda harus lebih pro aktif untuk mencari sumber-sumber ilmu dan pengajar yang dapat membuat anda semakin pintar dan cepat menyerap/ mempelajari program baru yang dibutuhkan untuk anda masuk ke project besar nanti.
    Bisa juga anda belajar dari media-media sosial dan informasi di dunia maya. Mengingat saat ini begitu mudahnya kita dapat mencari informasi yang kita butuhkan melalui internet. Namun tetap selanjutnya anda perlu diskusikan ilmu yang kamu peroleh dari luar dengan pembimbing anda di kantor tersebut.
    Biasanya seorang peserta magang akan didampingi oleh seorang pembimbing yang ikut bertanggung jawab atas kegiatan dan progress latihan kerjamu.

  5. Jujur Bila Menghadapi Kesulitan
    Seandainya setelah anda mengupayakan belajar sungguh-sungguh namun anda tetap menghadapi kesulitan untuk menguasai program tersebut, maka berterus teranglah kepada pembimbingmu.
    Anda tidak perlu khawatir dengan berterus terang. Semoga ini akan membantumu untuk mendapatkan waktu belajar lebih lama. Atau rencana lainnya dari pembimbing jika mereka sangat menginginkan anda masuk ke project tersebut.
    Menurut saya berterus terang tentang kemampuanmu itu lebih baik dibanding anda memaksakan diri ikut dalam project yang belum kamu kuasai, lalu terjadi kesalahan yang fatal. Karena bisa saja nanti kesalahan yang terjadi akan berpengaruh pada reputasi perusahaan yang anda masuki.