Bagaimana cara belajar dengan lebih cepat?

cara belajar dengan cepat

Tidak semua orang mampu dengan cepat memahami yang mereka pelajari. berbagai kesulitan sering ditemukan dalam belajar yang dapat menjadi suatu kendala yang besar bagi mereka terutama untuk seorang pelajar atau mahasiswa. oleh karena itu, saya ingin bertanya bagaimanakah cara untuk dapat belajar dengan cepat ?

Cara belajar orang berbeda-beda dalam menerima informasi terutama bagi anak-anak yang masih mengenyam bangku pendidikan.

Ada 2 tipe orang yaitu mudah dan sulit untuk memahami informasi yang mereka terima. Bagi pelajar atau mahasiswa, Tidak ada masalah bagi orang yang cepat memahami informasi yang mereka dapatkan. Namun, bagi orang yang kesulitan memahami informasi yang mereka dapatkan tentu saja menjadi kendala yang besar. Mereka akan merasa jauh tertinggal dengan orang.

Berikut ada beberapa cara untuk dapat belajar lebih cepat :

1. Analisa gaya belajarmu

Tentu saja gaya belajar mempengaruhi apakah informasi yang kamu terima dapat masuk ke dalam ingatanmu atau tidak. Dengan gaya belajar yang benar tentu saja mempermudahkanmu dalam memahami setiap informasi yang kita terima.

2. Latih otakmu untuk menerima informasi baru

Melatih otak sangat diperlukan. Dengan melatih otak secara teratur akan mempermudah otak dalam bekerja semaksimal mungkin dalam belajar. Latihlah dengan membiasakan diri dengan membaca atau menggalih informasi yang lebih banyak dari berbagai media supaya otak menjadi lebih mudah dalam mengingat setiap informasi baru yang kita dapatkan.

3. Dapatkan beberapa latihan

Selain melatih otak, kita juga perlu mencoba beberapa latihan untuk dikerjakan. Kerjakan tugas-tugas yang sesuai dengan informasi atau materi yang telah kita terima. Terapkan apa yang kalian pahami pada tugas yang kita terima. Dengan begitu jika suatu saat kita mendapat masalah yang sama, kita tidak akan merasa kesulitan dalam menyelesaikannya.

4. Mencari suasana untuk belajar

Setelah seharian penat melakukan pembelajaran di sekolah bukan berarti kita tidak perlu mempelajari informasi atau materi yang telah didapat di sekolah kembali sepulang sekolah. Carilah suasana yang pas dan senyaman mungkin supaya kita tidak merasa terbebani dengan berbagai materi yang kita pelajari. jika kita merasa bosan, mencari suasana baru di luar rumah bukanlah ide yang buruk untuk belajar. Karena belajar bisa dimana saja.

5. Membuat banyak catatan

Ingatan manusia tidak dapat bertahan lama jika tidak dibiasakan untuk dilatih daya tahan ingat kita. Maka dari itu, catatan sangat diperlukan untuk kembali melihat informasi atau materi yang diterima.

6. Membuat peta konsep

Mungkin sebagian orang akan malas jika harus mempelajari kembali yang hanya dipenuhi tulisan paragraph dimana pokok dan penjelasan menjadi satu. Solusinya adalah dengan membuat peta konsep yang mencakup pokok materi agar mudah diingat.

7. Bereksperimen dengan metode menghafal

Sekedar membaca mungkin dirasa kurang efektif. Jadi metode menghafal bisa ditambahkan dalam daftar metode belajar kita supaya dapat mengingatnya lebih lama daripada hanya sekedar membaca saja. Membaca, memahami dan hafalkan yang dirasa perlu diingat.

8. Temukan konteks yang benar

Waktu sangatlah berharga. Daripada membuang waktu dengan mempelajari hal yang
tidak penting lebih baik kita langsung mencari inti pokok atau hal-hal yang memang perlu untuk dipelajari.

9. Belajar setiap hari

Tambahkan jam belajarmu di setiap harinya. Buka kembali materi yang telah kita terima di sekolah dan pelajarinya kembali. Karena jika hanya sekedar belajar di sekolah saja pasti banyak materi yang terbuang dari ingatan dengan berbagai kegiatan di luar sekolah. Jangan membuang waktu kita dengan bermalas-malasan. Belajarlah dengan semaksimal mungkin dan lampaui batas kemampuan kita untuk mencapai target yang telah kita tetapkan.

Refrensi : http://www.Lifehack.org/288263/10-effective-ways-make-you-faster-learner

1 Like

Jika kamu ingin mulai belajar lebih cepat, kamu memerlukan pendekatan baru terhadap proses yang memungkinkan kamu memahami esensi masalahnya dan menghubungkannya dengan konsep baru yang kamu hadapi. Berikut 10 tips yang akan membantu kamu melakukannya.

1. Menganalisis gaya belajar kamu.

Sebelum kamu dapat mulai bereksperimen dengan metode belajar yang berbeda, kamu perlu memahami metode belajar kamu.

Apakah memori kamu terkait dengan suara? Mungkin kamu bisa mengingat apa yang sedang kamu baca saat sebuah lagu tertentu diputar? Jika ini kasus kamu, maka kamu termasuk dalam kategori pelajar pendengaran. Jika kamu ingin mulai belajar lebih efisien, maka akan lebih bijaksana untuk merekam ceramah dan mendengarkannya daripada membaca buku teks.

Apakah kamu menghubungkan informasi dengan konten visual? Jika kamu seorang pelajar visual, kamu harus menerapkan gambar, grafik, grafik, infografis, daftar warna-warni, flashcards, dan jenis konten visual lainnya saat kamu belajar.

Jika gaya belajar kamu tidak pendengaran atau visual, maka kamu mungkin seorang pelajar fisik. Beberapa siswa memiliki terlalu banyak energi; mereka mengetuk kaki mereka atau bermain dengan pena selama kuliah. Jalan-jalan di depan ceramah akan menenangkan saraf kamu. Kamu bisa mencoba belajar / mendengarkan ceramah audio saat berjalan-jalan. Itu akan membantu kamu mengingat informasinya lebih cepat.

2. Gunakan alat edtech yang tepat.

Teknologi memiliki kekuatan untuk membuat segalanya lebih mudah. Ada banyak situs web, alat online, dan aplikasi smartphone / tablet yang akan meningkatkan kemampuan kamu dalam perencanaan, penulisan, pengelolaan waktu, brainstorming, dll.

Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas kamu adalah dengan menggunakan flashcards. Kamu bisa membuat kartu sendiri, tapi kamu juga bisa mendownload kit pra-cetak secara online. Studyblue adalah salah satu situs online terbaik dalam hal menciptakan dan menemukan flashcards dari semua area studi. Jika kamu mencari alat yang membuat proses brainstorming lebih efektif, maka kamu harus mencoba papersgear. Kamu juga memerlukan aplikasi selfcontrol, yang akan menghilangkan semua gangguan saat kamu harus tetap fokus.

Kuis adalah situs lain yang harus kamu bookmarkkan; Ini menawarkan alat belajar yang akan mengubah proses belajar menjadi kegiatan yang menyenangkan. Notella adalah aplikasi yang akan membantu kamu mencatat cepat kapan saja. Brainscape adalah platform pendidikan yang membuat subjek kompleks mudah dengan mengkamulkan ilmu kognitif. Akhirnya, kamu juga harus mencoba Dragon Dictation, terutama jika kamu adalah pelajar audio.

3. Latih otak kamu untuk menerima informasi baru.

Pembelajaran yang efisien adalah kebiasaan. Otak kamu membutuhkan latihan konstan jika kamu ingin memperbaiki fokus dan menyelesaikan tugas kompleks tanpa beristirahat. Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah dengan menciptakan ruang belajar pribadi di rumah kamu. Kamu juga memerlukan waktu khusus yang akan kamu habiskan untuk belajar. Itu akan membuat otak kamu siap menerima informasi yang didapatnya, jadi kamu akan tahu bahwa kamu mulai belajar lebih cepat dari hari ke hari.

4. Lakukan beberapa latihan.

Aktivitas fisik bukan hanya baik untuk tubuh kamu, tapi otak kamu juga membutuhkannya. Olahraga ringan seperti yoga, bisa membantumu belajar lebih cepat. Jika kamu tidak aktif sepanjang hari, tubuh kamu akan ingin bergerak, sehingga akan sulit bagi kamu untuk tetap fokus. Jadi di sisi lain, kamu harus menyalurkan energi kamu melalui sesi pelatihan ringan, dan kamu akan siap untuk belajar secara produktif.

5. Bekerja di lingkungan yang damai.

Jika teman sekamar kamu terus-menerus mengundang teman untuk bersenang senang, kamu tidak akan bisa belajar, tidak peduli seberapa keras kamu mencoba. Siswa yang ingin belajar dengan cepat membutuhkan lingkungan yang tenang dan bebas gangguan sehingga tidak mengganggu pikiran dengan cara apapun. Tempat yang begitu damai akan membuat kamu fokus dalam mode belajar.

6. Buat banyak catatan.

Hanya sedikit orang yang mampu mengingat informasi saat mereka membacanya. Jika kamu bukan anggota kategori pelajar istimewa ini, maka kamu benar-benar harus mulai mencatat. Metode pembelajaran sederhana ini akan memaksa kamu untuk memikirkan esensi materi, namun ini juga akan memberi kamu kinerja yang bagus yang akan membantu kamu meninjau hal-hal yang telah kamu pelajari.

Tuliskan hanya informasi yang paling penting. Itu akan membantu kamu mengingat semua hal lain yang telah kamu pelajari.

7. Buatlah mind map.

Mind map adalah salah satu alat terbaik untuk mempercepat proses belajar. Pikiran kamu akan memproses informasi secara efektif jika kamu membuat representasi visual dari hal-hal yang akan kamu pelajari. Kamu dapat membuat mind map yang bagus dengan cara sekolah tua: ambil selembar kertas besar dan atur semua fakta dan penjelasan. Gunakan gambar, kartu catatan, dan simbol lain yang bisa kamu pikirkan. Kelompokkan barang-barang serupa dan hubungkan mereka dengan pena warna-warni. Tentu saja, kamu juga bisa menggunakan alat pemetaan pikiran online jika kamu menginginkannya.

Sumber : www.lifehack.org , www.inc.com

1 Like

Pentingnya pembelajaran tidak dapat diremehkan. Belajar memberdayakan kita untuk memenuhi gagasan kita dan menyadari potensi penuh kita. Kecepatan memperoleh pengetahuan baru secara praktis sama pentingnya dengan volumenya. Siapa yang tidak suka mengingat banyak informasi secepat mungkin? Jika Anda ingin mulai belajar lebih cepat, Anda perlu melakukan beberapa hal.

  1. Temukan seseorang yang memiliki keunggulan.

    Menurut Tim Ferriss, seorang penulis The 4-Hour Workweek. Dia mengatakan cara tercepat untuk belajar sesuatu adalah dengan menemukan seseorang yang unggul dalam sebuah bidang. Hal ini bertujuan agar Anda dapat belajar dan sharing dengan orang tersebut. Sehingga proses belajar yang seharusnya dilakukan oleh satu otak dapat dilakukan oleh dua otak.

  2. Tentukan tujuan

    Tentukan target Anda sebelum melakukan sesuatu. Dengan cara itu Anda akan termotivasi dalam menggapai tujuan Anda, jika Anda termotivasi maka target dapat terpenuhi lebih cepat.

  3. Jangan takut melakukan kesalahan.

    Saat pertama kali Anda melakukan sesuatu, lakukan persiapan terutama persiapan mental. Mendorong diri untuk melakukan semuanya dengan benar hanya menambahkan tekanan untuk diri Anda. Jangan pernah merasa takut selama Anda tidak berbuat kesalahan. Awali segala hal dengan santai, Jangan takut dengan hal-hal yang belum tentu akan terjadi. Bersikap grogi dan takut hanya akan merugikan diri Anda sendiri, dan segala rencana Anda akan menjadi berantakan.

  4. Jangan malu meminta bantuan kepada orang lain

    Terkadang rasa bangga terhadap diri sendiri dan ego yang terlalu tinggi membuat diri kita malu untuk meminta bantuan kepada orang lain. Mungkin sebagian dari Anda merasa bodoh jika harus bertanya kepada orang lain. Namun, ketahuilah bahwa semua orang pintar berawal dari tidak tahu. Tidak ada yang namanya orang bodoh, hanya saja Anda belum mengetahui atau memahami suatu topik. Jika Anda mengabaikan ketidaktahuan Anda sejak awal maka di step-step selanjutnya Anda akan semakin tidak memahami banyak hal.

  5. Analisis gaya belajar Anda

    Tentukan terlebih dahulu apakah Anda tipe visualis ataukah auditori. Sebelumnya, orang visualis memiliki ciri-ciri sebagai berikut, suka memberikan isyarat baik itu dengan mata ataupun tangan, berbicara dengan cepat dan dengan nada yang tinggi, kurang bisa mengingat intruksi lisan, rapi dan terorganisir, menjawab pertanyaan dengan singkat, menyukai hal-hal yang bersifat visualis, serta mudah mengingat segala hal yang berkaitan dengan gambar secara baik.

    Sedangkan auditori memiliki ciri, sering memiringkan kepala saat berbicara, suka memberikan umpan balik dalam sebuah percakapan, suka berbicara pada diri sendiri, serta dapat mengingat instruksi lisan dengan baik walaupun berada dalam kebisingan.

    Jika Anda seorang visualis maka Anda harus menerapkan gambar, grafik, infografis, daftar warna-warni, flashcards, dan jenis konten visual lainnya saat Anda belajar. Namun jika Anda seorang Auditori maka lebih baik Anda belajar melalui suara/rekaman daripada harus membaca buku teks.

  6. Lakukan beberapa latihan.

    Anda sadar akan fakta bahwa aktivitas fisik itu baik untuk tubuh Anda, tapi otak Anda juga membutuhkannya! Olahraga ringan, seperti yoga, bisa membantu Anda belajar lebih cepat. Jika Anda tidak aktif sepanjang hari, tubuh Anda akan ingin bergerak, sehingga akan sulit bagi Anda untuk tetap fokus. Jika, di sisi lain, Anda menyalurkan energi Anda melalui sesi pelatihan ringan, Anda akan siap untuk belajar secara produktif.

  7. Ciptakan suasana yang kondusif

    Suasana yang kondusif tidaklah harus tenang, karena setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda. Ada orang yang lebih bisa fokus belajar dalam kondisi yang sunyi, namun ada pula orang yang lebih nyaman belajar sambil mendengarkan musi.

  8. Buatlah catatan

    Otak kita tidak akan selalu bisa mengingat setiap hal. Ada kalanya otak kita melupakan beberapa bagian hal yang kita lakukan. Maka dari itu buatlah sebuah catatan, karena dengan mencatat Anda akan dapat mengingat suatu hal lebih lama. Dan jika Anda lupa Anda dapat membuka kembali catatan Anda.

Sumber :
-www.lifehack.org
-www.lifehack.org
-www.entrepreneur.com

1 Like