Bagaimana cara belajar dengan cepat ?

belajar dengan cepat

Setiap orang yang belajar tentunya ingin pengetahuan yang dipelajari dapat diserap oleh otak. Tetapi waktu yang dibutuhkan untuk belajar terkadang cukup lama dan tidak setiap orang mempunyai waktu tersebut. Dikarenakan waktu beberapa orang yang terbatas maka orang tersebut mencari cara untuk belajar secara cepat. Jadi bagaimana caranya belajar dengan cepat ?

Belajar dengan cepat merupakan keinginan semua orang. Untuk belajar cepat seseorang perlu melakukan beberapa tahapan seperti mempersiapkan tubuh, mempelajari cara belajar itu sendiri, belajar di sekolah atau universitas, dan mereview kembali pelajaran yang telah kita pelajari.

A. Mempersiapkan tubuh


1. Tidur yang cukup

Terkadang kita kesulitan untuk menangkap informasi dari pelajaran yang kita pelajari karena otak kita kekurangan waktu untuk istirahat. Tidur yang cukup merupakan hal yang perlu jika kita ingin otak kita lebih mudah menangkap informasi. Hal ini berarti kita sebaiknya mengurangi sesi belajar yang sangat lama di malam hari dan mulai memperbaiki pola tidur kita.

Waktu yang dibutuhkan untuk otak kita istirahat sewaktu kita tidur adalah tujuh sampai delapan jam bagi orang dewasa, tapi ada juga orang yang membutuhkan waktu kurang dari itu dan lebih dari itu, semua itu tergantung bagaimana cara kerja tubuh kita sendiri.

2. Makan yang cukup

Ketika kita lapar, otak kita akan mengalami kesulitan untuk mencerna informasi yang kita tangkap. Kondisi tubuh yang lapar juga dapat menganggu konsentrasi kita. Pastikan tubuh kita mendapat makanan yang cukup, terutama makanan yang sehat. Memakan cemilan sehat seperti buah atau sayur di saat kita belajar juga merupakan hal yang bagus karna makanan tersebut dapat membuat kita lebih fokus.

3. Minum air yang cukup

Kondisi tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan otak kita tidak dapat fokus di saat belajar. Kita juga dapat mudah teralihkan dari hal yang tengah kita lakukan jika kita dehidrasi. Kondisi dehidrasi juga dapat membuat sakit kepala yang tentu akan mengganggu proses belajar.

4. Melakukan latihan ringan

Dengan banyak melakukan olahraga atau latihan ringan maka tubuh kita akan selalu dalam kondisi fit. Kondisi tubuh yang fit tentu akan membantu kita untuk belajar lebih cepat.

5. Ajari otak untuk belajar

Belajar dengan cepat itu merupakan sebuah kebiasaan dan kita mungkin perlu untuk menerapkan hal tersebut ke otak kita untuk melakukan kebiasaan yang baik seperti belajar ketimbang melakukan hal yang buruk. Cari cara untuk membuat belajar itu menyenangkan bagi anda. Dengan begini maka otak kita tidak akan kesulitan dan kita tidak akan kesusahan untuk belajar. Sebagai contoh, belajar tentang sesuatu yang kita senangi, lambat laun kita dapat menguasai cara belajar dan hal itu dapat kita aplikasikan untuk belajar hal yang mungkin kurang kita senangi.

B. Mempelajari cara belajar


1. Cari target

Target yang kita tentukan akan berperan besar bagi pembelajaran kita kedepannya. Sebagai contoh, jika kita ingin menguasai suatu materi di buku maka kita akan belajar hingga target tersebut tercapai.

2. Melakukan riset

Dengan melakukan riset maka kita mendapat lebih banyak pilihan untuk cara belajar kita. Mempercaya intuisi kita juga pilihan bagus jika misalnya hal yang kita temukan ternyata tidak cocok dengan diri kita. Memperbarui target kita melalui riset juga merupakan hal yang perlu. Cari seseorang yang telah mencapai target yang kita tentukan tersebut dan meminta mereka untuk menunjukkan caranya untuk mencapai target tersebut. Melakukan riset di internet, mengambil kelas di sekolah atau universitas, menginterview orang lain, dan mencari pengajar juga berperan besar dalam meraih cara belajar cepat.

3. Memilih pilihan yang terbaik

Memilih sesuatu yang mungkin dapat kita lakukan dengan sukses. Mempertimbangkan waktu yang dibutukan, tekanan fisik dan tekanan mental yang kita dapat di saat melaksanakan pilihan tersebut. Menjadwalkan waktu untuk belajar dan mempraktekan apa yang telah dipelajari. Mengembangkan kebiasaan untuk selalu memperhatikan apa yang ingin kita pelajari. Jangan sampai kewalahan terhadap pilihan yang telah kita pilih

4. Bereksperimen dengan belajar

Menentukan kriteria yang spesifik. Mempunyai metode untuk memastikan perkembangan. Selalu melihat kembali perkembangan yang telah kita lakukan. Membuat suatu patokan dan selalu mengikuti patokan tersebut

5. Evaluasi hasil dan patokan

Dengan mengevaluasi hasil dan patokan maka kita dapat menyimpulkan apakah kita mencapai patokan tersebut atau kita belum mencapainya.

C. Belajar di sekolah atau universitas


1. Memperhatikan

Memperhatikan merupakan hal penting untuk belajar cepat. Memperhatikan hal yang diajarkan untuk pertama kalinya memberikan pengaruh yang besar sehingga materi tersebut akan lebih cepat kita cerna ketimbang mempelajari materi yang sudah kita pelajari berkali-kali.

2. Mencatat

Mencatat juga merupakan hal penting untuk belajar cepat. Mencatat materi yang diajarkan untuk pertama kali akan membantu kita untuk lebih cepat memahaminya. Mencatat bukan berarti menyalin semua yang diajarkan tetapi menulis inti dari materi yang diajarkan.

3. Partisipasi di kelas

Selalu aktif di saat belajar dapat membantu kita untuk lebih memahami pelajaran tersebut.

4. Ciptakan lingkungan yang nyaman untuk belajar

Lingkungan yang nyaman di saat kita belajar di rumah merupakan hal yang perlu untuk pembelajaran. Jika ruangan tempat kita belajar banyak hal yang dapat mengalihkan kita dari belajar maka kita akan kesulitan untuk belajar.

5. Belajar dengan cara belajar tertentu

Tiap orang memiliki cara belajar tertentu tapi pada umumnya cara belajar mereka itu berdasarkan visual atau mata, audio atau telinga, dan motorik atau gerakan. Orang yang mudah mempelajari sesuatu dengan membaca biasanya orang itu akan belajar dengan cara belajar visual. Untuk orang yang lebih mudah belajar dengan mendengarkan orang lain mengajarkan maka orang itu memakai cara belajar audio. Dan bagi orang yang merasa ingin selalu bergerak di saat belajar maka orang itu melakukan gerakan kecil di saat belajar dan cara belajar mereka adalah motoric.

6. Belajar dengan cara berbeda tergantung hal yang dipelajari

Jika hal yang kita pelajari berhubungan dengan lab seperti kimia maka kita tentu akan lebih mudah mempelajarinya dengan bereksperimen. Jika hal yang kita pelajari selalu berhubungan dengan buku seperti sejarah maka kita tentu lebih cepat memahami jika belajar dengan buku.

D. Mereview kembali materi yang telah dipelajari secara efisien


1. Belajar secepat mungkin dan sesering mungkin

Mempelajari kembali hal yang telah diajarkan secepat mungkin dan sesering mungkin dapat meningkatkan pemahaman kita tentang hal tersebut.

2. Meminta bantuan dari pengajar

Jika kita merasa kesulitan dengan pelajaran yang kita pelajari maka kita harus bertanya kepada pengajar. Pengajar akan menjelaskan kepada kita tentang hal yang sulit kita mengerti tersebut.

3. Membuat Mind Map untuk mempercepat belajar

Mind map merupakan bentuk visual untuk merepresentasikan apa yang ingin kita pelajari.

4. Mengingat secara efisien

Mengingat merupakan cara belajar yang masih sering digunakan walau tidak menjamin akan berhasil namun dapat membantu kita untuk mengingat informasi yang kita pelajari.

5. Memberi diri kita konteks yang menarik

Ketika mendapat konteks atau informasi yang kita anggap menarik, maka informasi tersebut akan lebih cepat untuk kita ingat.

Sumber : http://www.wikihow.com/Learn-Faster

Belajar merupakan proses yang pasti dilalui setiap orang. Belajar bisa dilakukan dengan efektif dan cepat apabila otak kita terbiasa dan terlatih untuk belajar cepat. Seperti halnya kita melatih kekuatan otot kita dengan angkat beban maupun melatih ketahanan dan kelincahan dengan olahraga, otak kita pun bisa dan harus dilatih agar dapat bekerja lebih efektif, efisien dan lebih cepat dan tahan lama dalam mengingat suatu memori.

Apabila kita telah melatih otak kita untuk belajar, otak kita dapat dengan cepat mempelajari hal baru. Ingatan kita akan semakin tajam, sehingga materi yang kita pelajari akan lebih mudah kita kuasai dan cenderung tahan lama.

Lalu bagaimana kita melatih otak agar dapat belajar lebih cepat dan mengingat lebih banyak?

  1. Istirahat dan tidur yang cukup
    Istirahat yang cukup sangatlah penting dalam mendukung pembelajaran yang efektif. Terkadang, masalah pembelajaran bukan pada bagaimana kita belajar, namun karena kurangnya energi dan jam tidur yang dibutuhkan untuk fokus belajar. Kebanyakan orang berusaha melawan kantuk dan kelelahan akibat kurangnya tidur dengan minum kopi saat belajar larut malam namun hal ini sebenarnya kurang memberikan manfaat. Jadi, daripada begadang semalam suntuk untuk belajar, akan lebih baik jika kita tidur lebih awal dan belajar dengan kondisi pikiran yang cukup istirahat.

  2. Makan cukup makanan bergizi dan minum banyak air
    Makanan merupakan sumber energi utama bagi tubuh, khususnya otak. Otak akan menerima lebih sedikit informasi apabila kita kelaparan. Jadi makan dalam jumlah yang cukup merupakan keharusan apabila kita ingin belajar dengan baik. Perlu juga diingat konsumsi air juga penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan pikiran berjalan baik.

  3. Berolahraga dan melakukan kegiatan fisik
    Salah satu alasan hal ini penting adalah membugarkan tubuh sehingga kita dapat belajar dengan baik. Namun berbagai studi mengungkapkan, khususnya bagi orang-orang yang aktif secara fisik dan senang bergerak, belajar sambil bergerak bahkan berolahraga mampu membantu untuk mengingat informasi dengan cepat dan detail. Sebagai contoh cobalah berkeliling sambil membaca buku daripada duduk diam saat membaca pelajaran. Yang paling penting, ingatlah kegiatan olahraga kecil yang kita lakukan tidak boleh mengganggu proses belajar kita.

  4. Perhatikan materi yang disampaikan pertama kali dan catatlah isinya
    Salah satu cara mempercepat proses pemahaman dalam belajar adalah dengan fokus dalam memperhatikan suatu materi dan mencatatnya. Dengan mencatat selain membantu mengingat materi yang disampaikan, kita juga dapat mengetahui dan membuat referensi belajar yang dapat kita baca ulang kapan saja.

  5. Latihlah kemampuan mengingat
    Dengan melakukan hal seperti mengingat suatu peristiwa atau pokok bahasan dan mendiskusikannya dengan orang lain, kita dapat mengembangkan kemampuan mengingat kita. Hal ini pun sudah didukung oleh berbagai studi mengenai kebugaran pikiran (otak). Aktivitas otak yang melibatkan semua level dari operasi yang terjadi di otak, yakni menerima, mengingat dan berpikir dapat membantu meningkatkan kinerja otak kita.

    Hal-hal kecil seperti memberi feedback/pertanyaan & tanggapan pada sebuah presentasi atau menjawab pertanyaan rekan tentang hal – hal menarik apa saja yang kita lihat ketika mengunjungi suatu tempat seperti museum, adalah kesempatan bagus untuk melatih otak kita dengan mengencangkan ‘otot memori’ yang kita miliki.

  6. Temukan gaya belajar yang cocok
    Ada orang yang senang belajar melalui grafik/diagram ataupun gambar. Beberapa lainnya bisa belajar dengan mendengar materi yang disampaikan. Ada juga yang harus melakukan praktik ataupun kegiatan yang melibatkan fisik untuk belajar. Untuk belajar secara efisien dan cepat, kita harus mengetahui gaya belajar seperti apa yang cocok untuk diri kita.

    Jika senang belajar melalui gambar (visual), ada baiknya kita membuat bagan/gambar dari materi yang kita pelajari. Jika senang mendengar (auditori), belajarlah sambil membaca dengan keras dan buatlah rekaman tentang materi yang disampaikan. Jika duduk manis sambil membaca/mendengar materi pelajaran terkesan terlalu diam dan anda memiliki pikiran bahwa pembelajaran harus diselingi kegiatan fisik, mungkin ada baiknya mencoba belajar sambil berjalan-jalan ataupun mempraktikan langsung hal yang dipelajari.

  7. Buatlah peta konsep
    Mindmap/peta konsep dapat membantu kita mengingat materi dengan cepat dan mengetahui garis besar apa yang telah kita pelajari. Selain itu membuat mindmap bisa membantu kita memahami subjek dengan sangat cepat sehingga membantu proses pembelajaran itu sendiri.

  8. Lakukan hal-hal yang berhubungan dengan hal yang kita ingin pelajari
    Sebagai contoh, kita ingin cepat menguasai bahasa inggris, kita bisa melakukannya sambil belajar dengan mencoba menonton film untuk menambah kosa kata dan membiasakan telinga mendengar bahasa inggris. Saat mempelajari pelajaran seperti matematika, kita bisa berlatih terus-menerus dengan soal-soal yang lebih bervariasi untuk mengasah logika.

  9. Lakukan review terhadap pelajaran yang sudah didapatkan
    Baca ulang catatan dan peta konsep yang sudah anda buat, putar ulang rekaman suara, ceritakan kembali materi yang telah didapat dalam diskusi dan lakukan hal-hal di atas sesering mungkin. Belajar yang dilakukan secara sering dapat mempercepat proses kita dalam belajar.

  10. Makan coklat!
    Sudah bukan rahasia lagi kalau coklat bisa meningkatkan kinerja otak. Saat makan cokelat, otak menghasilkan dopamin. Dan dopamin membantu kita belajar lebih cepat dan ingat lebih baik. Belum lagi, coklat mengandung flavonol, antioksidan, yang juga memperbaiki fungsi otak Anda. Jadi kali berikutnya anda memiliki sesuatu yang sulit dilakukan, ada baiknya mengunyah satu dua keping coklat gelap untuk mengoptimalkan kerja otak.

Sumber Artikel :

Mahasiswa memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Ada yang belajar melalui audio, visual maupun dengan latihan-latihan. Namun, dari semua metode belajar tersebut manakah yang paling cepat dan efektif?

Berikut adalah cara belajar dengan cepat:

1. Belajar dengan style yang berbeda

Penelitian membuktikan belajar dengan cara-cara lain dapat menstimulasi otak bagian-bagian dari otak kita. Lebih banyak area dari otak kita yang telah diaktivasi, lebih banyak pula kita untuk memahami suatu informasi.

Sebagai contoh kita dapat melakukan hal:

  • Membaca catatan kelas
  • Membuka video mengenai pelajaran yang terkait di youtube
  • Membuat mind map
  • Berlatih secara berkala

2. Belajar efektif setiap hari

Lebih efektif apabila kita belajar satu atau dua pelajaran namun setiap hari melakukannya. Sebagai contoh kita belajar matematika dan fisika pada hari senin. Kemudian keesokan harinya kita belajar matematika dan biologi, dan seterusnya. Dengan begitu, kita dapat mengerti suatu pelajaran tanpa harus belajar banyak hanya dalam satu hari.

3. Mereview pelajaran

Salah satu cara untuk belajar dengan cepat adalah dengan me-review pelajaran yang telah kita dapat di sekolah atau di kuliah. Dengan melakukan review secara serius setiap kita pulang dari kuliah atau sekolah, kita akan dengan mudah dan cepat mengingat apa yang telah dipelajari di kelas.

4. Duduk di depan

Ketika kita sedang belajar di kelas, sebaiknya duduklah di depan. Penelitian membuktika jika kita duduk di bagian depan kelas, kita akan mendapatkan nilai yang lebih baik daripada yang duduk di tengah maupun di belakang.

5. Jangan mengerjakan yang lain

Multitasking atau mengerjakan hal yang lain dapat membuat tidak produktif. Dengan kata lain jika kita sedang belajar, janganlah kita mengerjakan yang lain. Fokuslah pada pekerjaan yang sedang dikerjakan, jangan mudah terdistraksi oleh sesuatu yang mengganggu.

Sumber : https://www.daniel-wong.com/2015/08/17/study-smart/