Bagaimana cara belajar bahasa asing yang efektif, cepat, dan mudah?

study

Pada generasi yang serba modern dan canggih ini, khususnya pada dunia kerja, tentu kita tidak dapat mengandalkan bahasa Indonesia saja untuk berkomunikasi dengan orang lain tetapi juga membutuhkan keahlian dalam berbahasa asing terutama bahasa inggris. Bahasa internasional tersebut dangan dibutuhkan dalam berbagai kondisi. Misalnya saat harus interview kerja, meeting dengan klien, dinas keluar negeri, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana cara belajar bahasa asing yang efektif, cepat, dan mudah?

Belajar apapun termasuk belajar bahasa asing seperti inggris, jepang, mandarin, dll. yang terpenting adalah niat, jika tidak ada niat untuk belajar sesuatu, maka ilmu yang dipelajari susah untuk dipahami dan diingat dalam waktu lama, jika ada niat maka belajar pun menjadi mudah dan menyenangkan untuk dirinya, setelah mendapat niat kita perlu konsisten dalam mempelajarinya. Jadi menurutku, konsisten dan niat adalah kunci utama dalam belajar, dua hal itu membuat belajar lebih cepat dan mudah untuk kita, jika dirasa masih memerlukan bantuan saat belajar, bisa dengan cara mengulangi sesuatu yang susah diingat beberapa kali, mereview apa yang sudah dipelajar, atau menerapkan dalam percakapan didepan cermin atau dengan orang lain.

src

Hello Sehat

Bagi aku pribadi, terutama untuk bahasa Inggris, yang kulakukan untuk bisa belajar secara efektif, cepat, dan mudah adalah dengan tidak mempelajarinya dari buku pelajaran. Tapi aku menggunakan media lain yang lebih interaktif. Contohnya seperti bermain game dengan menggunakan teks dan voice inggris, kemudian membaca buku atau literasi, menonton film, dan masih banyak lagi. Temukan saja media yang kita suka terlebih dahulu untuk bisa belajar bahasa inggris. Pokok tergantung niat & kemauan kita untuk mau belajar.

Kemudian tidak hanya cukup disitu saja. Segala jenis pembelajaran yang kita terima tentunya harus kita ulangi agar bisa lebih diresapi, yaitu dengan cara latihan. Latihan yang dilakukan tentu saja dengan mempraktikkannya seperti dalam menulis, berbicara sendiri atau bersama orang lain, dan lain-lain. Karena jujur saja saat ini tingkat kemampuan bahasa Inggrisku hanya sebatas memahami dan mengerti saja, untuk bisa berbicara atau menimpali orang lain masih agak terbatah-batah.

Menurut saya jika ingin ceoat mengerti dan menguasai bahasa asing, lebih efektif jika dimulai dari hak yang disukai terlebih dahulu, contohnya jika anda suka menonton film, pilihlah film yang sesuai dengan bahasa apa yang ingin anda pelajari, dan yang terpenting adalah niat dan konsisten dalam belajar, karena tanpa niat dan konsisten dalam mempelajarinya saya rasa itu cukup sulit.