Bagaimana cara backpacker ke Eropa?

Eopa

Jika jalan-jalan ke Eropa mau coba makan di resto mewah atau nongkrong ala anak gaul Eropa sih, dijamin butuh waktu buat nabungnya. Tapi kalau emang niat kamu mau backpacker ke Eropa murah dengan penuh kesederhanaan, tapi juga tetap dapat kebahagiaan yang sama, bagaimana cara backpacker ke Eropa?

1. Berburu tiket murah dulu
Berburu tiket murah ke Eropa adalah hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam merencanakan backpacking ke Eropa. Waktu terbaik untuk travelling murah ke Eropa itu saat maskapai penerbangan lagi bikin promo diskon gede-gedean. Sebagai tips travelling murah ke Eropa, waktu keberangkatan kamu dimulai dari kapan kamu dapat tiket murahnya.

2. Nginep gratis
Daripada berburu hostel murah sharing dengan traveller lain, mendingan kamu coba pertumpangan. Kamu bisa coba Couchsurfing, salah satu situs spesial untuk para traveller untuk tumpang menumpangi. Selain itu, kamu juga bisa kontak PPI atau Persatuan Pemuda Indonesia di negara yang bakal kamu kunjungin untuk minta tumpangan. Siapa tau, sesama orang Indonesia mau saling membantu.

3. Bawa ransum
Biaya hidup di Eropa itu tergolong mahal. Selain masak di tempat host kamu, kamu juga perlu bawa beberapa perlengkapan di rumah untuk jaga-jaga kalau isi perut kalau lagi nggak bersahabat. Bawa ransum seperti susu bubuk, kornet dan abon terbukti bisa mengepas budget travelling ke Eropa lho.

4. Untuk kamu yang makan dengan porsi kecil, bersyukurlah!
Porsi makan di Eropa tuh cukup besar, contohnya Kebab di Prancis. Untuk kamu yang makan dengan porsi kecil, satu kebab itu bisa untuk dua kali makan siang! Jadi, kalau nggak abis, bungkus lagi!

5. Kenalan sama student Eropa untuk beli tiket murah
Eropa tuh bersahabat banget sama yang namanya pelajar karena banyak ngasih promo khusus untuk pelajar. Makanya, selama di Eropa, coba kenalan sama student di sana, siapa tau ditawarin beli tiket transportasi pakai kartu pelajarnya.

Sumber: