Bagaimana cara atau tips untuk membuat stamina burung cendet bagus ?

burung

(Dinda Hudaifa) #1

Burung Cendet

Burung Cendet ( Lanius christatus ), adalah spesies burung dari keluarga Laniidae, dari genus Lanius. Burung ini merupakan jenis burung pemakan belalang, kumbang, tonggeret, serangga besa dan memiliki habitat di daerah terbuka, padang rumput, perkebunan, tegalan. tersebar sampai ketinggian 1.600 m dpl.

Bagaimana cara atau tips untuk membuat stamina burung cendet bagus ?


(Stella A) #2

Beberapa cara atau tips untuk membuat stamina burung cendet bagus antara lain :

  1. Sering memandikan untuk membangkitkan mental
    Mandi bagi burung cendet adalah sesuatu hal yang bersifat wajib. Sebab burung akan merasa segar dan lebih percaya diri jika bulu-bulunya sudah bersih dan terlihat lebih indah. Dengan rutin memandikan burung setiap hari, atau bahkan dua kali sehari, baik dengan cara disemprot atau mandi karamba, maka Anda telah membantu menumbuhkan mental cendet sehingga siap berkicau dengan lantang.

  2. Penjemuran rutin untuk melatih fisik
    Dalam perawatan hariannya, burung cendet juga tidak bisa dilepaskan dari penjemuran yang kuat. Secara umum, cendet akan dijemur sejak pukul 07.00 hingga 10.00. Tetapi bagi cendet yang dipelihara di daerah berhawa sejuk, penjemuran bisa dilakukan lebih lama daripada biasanya.

    Manfaat lain yang didapatkan dari penjemuran adalah suara kicauannya bisa menjadi lebih kristal atau kencang. Tubuh cendet pun terlihat lebih langsing, dengan kepala terlihat lebih besar. Hal itu juga akan membuat cendet lebih mudah nagen jika dilombakan.

  3. Pakan berprotein tinggi untuk menjaga kondisi tetap fit
    Salah satu faktor terpenting dalam menjaga kondisi burung cendet adalah pemberian pakan berprotein tinggi. Dalam perawatan harian, burung cendet bisa diberi jangkrik sebanyak 3-4 ekor, setiap pagi dan sore hari.

    Namun dua hari menjelang lomba, extra fooding (EF) perlu ditingkatkan. Misalnya porsi jangkrik dinaikkan menjadi 7-10 ekor pada pagi dan sore hari. Lalu pada hari lomba, sebelum dibawa ke lapangan, cendet diberi pakan ulat hongkong.
    Perawatan menjelang lomba dimaksudkan untuk menjaga kondisi cendet agar tetap stabil, tetapi memiliki birahinya optimal (cukup).

https://omkicau.com/2014/05/04/tiga-upaya-untuk-membuat-stamina-cendet-selalu-oke-dan-siap-gantang/