© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara agar tidak tersesat di gunung?

Berkegiatan di alam bebas memang sangat menyenangkan, apalagi alam menyajikan berbagai pemandangan yang asri dan indah. Sayangnya tak semua kegiatan alam berakhir indah. Banyak sekali kasus tersesatnya pendaki dan penggiat alam saat bertualang di gunung. Bagaimana cara agar tidak tersesat di gunung?

image

  1. Memahami simbol-simbol tertentu
    Sebelum terjun ke alam ada beberapa simbol yang perlu diperhatikan oleh seorang penggiat alam agar tidak tersesat, Kamu harus memperhatikan simbol-simbol sepele tersebut.
    Coba perhatikan dan pahami simbol-simbol berikut ini agar Kamu tidak tersesat kelak saat bertualang di gunung.

  2. Selalu berjalan di area dengan bekas jejak kaki manusia
    Agar tidak tersesat di gunung atau alam bebas lebih baik perhatikan jalan dengan benar, sebisa mungkin hindari jalan yang masih tertutup rumput dan pepohonan. Ikuti jalan dengan bekas jejak kaki manusia, dipastikan Kamu tidak akan tersesat saat bertualang di alam bebas.

  3. Jika itu pengalaman pertama, usahakan membawa guide atau selalu berjalan bersamaan dengan rombongan
    Jika Kamu baru pertama mendaki gunung, agar lebih aman, lebih baik membawa guide atau pemandu saat bertualang ke alam bebas. Pemandu biasanya hafal track yang akan dilewati termasuk jalan pintasnya.
    Atau jika tidak menggunakan guide, usahakan bepergian bersama rombongan.Selalu berjalan bersamaan, pastikan fisikmu prima sehingga tidak tertinggal. Fisik yang kurang prima dan tertinggal rombongan sering jadi faktor penyebab seseorang tersesat di gunung.

  4. Pelajari jalur terlebih dahulu
    Jalur pendakian Sibayak. Foto oleh Arman Zeti/kontributor Phinemo.com
    Jika memang tidak ada uang untuk menyewa jasa guide alangkah baiknya Kamu mempelajari jalur pendakiannya terlebih dahulu, minimal tanya ke teman atau membaca peta sehingga tidak ada kata ‘tersesat’ saat mendaki gunung atau bertualang ke alam bebas.

  5. Wajib patuhi aturan!
    Patuhi aturan, Kamu tidak akan tersesat. Sumber
    Setiap tempat pasti memilik rambu-rambu dan aturan tersendiri. Jika ingin selamat dan sampai di tempat tujuan dengan mudah alangkah baiknya mematuhi aturan yang dipaparkan oleh pengelola. Baca juga plang-plang yang disediakan sehingga tidak ada kata ‘tersesat’ dalam perjalanan.

  6. Bawa perlengkapan survival kit
    Survival Kit wajib dibawa untuk mengantisipasi.
    Meskipun banyak hal yang telah Kamu persiapkan saat memutuskan untuk berkegiatan di alam atau gunung namun selalu ada kemungkinan buruk. Untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut alangkah baiknya untuk selalu membawa perlengkapan survival kit.

  7. Unduh aplikasi SOS Message
    Ada beberapa aplikasi SOS Message di smartphone. Kamu bisa mengunduhnya untuk melengkapi smartphonemu.
    SOS adalah istilah untuk menggambarkan pesan darurat saat tersesat. Sebenarnya banyak sekali yang bisa dilakukan untuk membuat tanda SOS mulai dari pemanfaatan cermin, asap, api, kayu, hingga batu. Nah, di era yang serba kekinian ini sebenarnya ada sebuah aplikasi khusus untuk mengirim sinyal SOS.
    Aplikasi Emergency Message SOS ini memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan kepada 3 orang penting di smartphone dalam kondisi tak ada sinyal. Dengan menghidupkan GPS, Aplikasi ini akan otomatis mengirimkan pesan bantuan beserta koordinat. Luar biasa, ya!
    Di beberapa smartphone juga sebenarnya terdapat fitur SOS message, coba sesekali cek smartphonemu untuk melihat fitur ini.