Bagaimana cara agar saya bisa lebih baik lagi dalam menuliskan algoritma kedalam kode program?

Pemrograman merupakan salah satu ilmu yang banyak diakui sangat sulit, dan katanya perlu 10 tahun untuk belajar pemrograman . Tetapi tentunya tidak mungkin kita harus berlatih 10 tahun dulu untuk mulai mengembangkan perangkat lunak, lalu bagaimana agar saya lebih baik lagi dalam menulis algoritma dalam kode dengan cepat ?

Semua program adalah algoritma. Algoritma adalah langkah dan aturan aturan yang perlu dipenuhi untuk memcahkan suatu masalah atau kondisi dalam komputer. Menulis kode sama halnya menulis algoritma. Mengembangkan kemampuan membuat algoritma sangat tak terbatas. Apakah anda ingin membuat program bekerja lebih cepat, menghemat memori yang terpakai, atau mempermudah maintenance tergantung bagaimana anda menulis kode. Cara ini dapat di kembangkang dengan terus berlatih.

Langkah pertama yaitu menulis kode dengan baik. Sama halnya dengan menulis program. Cari akar permasalahan yang bisa dipecahkan lalu tulis programnya. Langkah selanjutnya yaitu dengan belajar teknik standard untuk menulis algoritma. Baca buku seperta The Art of Computer Programming dari Donald Knut dan pelajari setiap bab dalam buku tersebut untuk mengerti algoritma yang ia tulis dan kerjakan latihan penulisan algoritma yang terdapat pada setiap bab-nya.

Menguasai berbagai teori pemrograman tanpa pernah membangun perangkat lunak akan membuat kita tidak mampu menuliskan kode program yang baik (maintainable, extensible, dll). Memiliki banyak pengalaman mengembangkan program tanpa teori juga tidak baik. Kita menjadi sulit mengembangkan aplikasi dengan algoritma kompleks yang memerlukan dasar matematis kuat seperti AI (Artificial Intelligence) atau compiler misalnya. Keseimbangan penguasaan teori dan praktek sangat penting untuk menjadi programmer yang baik. salah sau cara agar bisa menulis algoritma yang baik bisa kita lakukan adalah dengan menganalisa dengan cara mencari masalah dan menulikanya dalam sebuah program , yang kedua cari referensi gimana cara menulis kode dengan baik dan benar .

Menuliskan algoritma bukanlah perkara yang amat sulit jika Anda ingin mempelajarinya. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan, bila Anda ingin dapat menuliskan Algoritma dalam kode. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Mempelajari hal-hal dasar
    Sebelum Anda dapat menulis sebuah algoritma dalam bentuk kode, Anda perlu mempelajari serta menguasai hal-hal mendasar antara lain :

    • Struktur data
      Pelajari beberapa bentuk struktur data seperti Array, Binary Trees dan lain lain karena hal ini penting dilakukan jika kamu ingin jago menuliskan kode.

    • Pengetahuan Matematika & Logika
      Dalam menuliskan algoritma dan menyusun kode, tentunya diperlukan pengetahuan matematika dan kemampuan logika yang baik. menyusun algoritma dan mengkodekan program serupa halnya dengan menyelesaikan beberapa masalah matematika. Oleh karena itu, Anda juga perlu menguasai pemodelan dan metode matematika. Misalnya operasi bitwise, menyelesaikan persamaan linier, dsb.

  2. Jika masih kesulitan menuliskan dalam kode, tuliskan saja ke dalam bahasa Anda sendiri
    Nah, jika Anda merasa masih kesuliran mengubah algoritma dan menuliskannya dalam kode, coba terjemahkan atau tulis algoritma tersebut ke dalam bahasa Anda sendiri sehingga Anda dapat lebih paham tahap demi tahapnya dan pada akhirnya mampu menuliskannya dalam bahasa di kode.

  3. Practice makes perfect, Kata mutiara yang tak pernah menua. Latih diri Anda terus menerus.
    Membuat atau menuliskan algoritma dan menerjemahkannya dalam bahasa kode memang bukan hal yang dapat diraih dengan instan, namun Anda dapat menguasainya lebih cepat bila Anda terus berlatih. Menulis kode adalah skill, dan skill dapa diraih bila Anda terus berlatih. Coba berlatih dengan beragam algoritma yang berbeda sehingga Anda tidak kaget dengan permaslahan lebih sulit yang Anda temui dikemudian hari dan Anda dapat menemukan algoritmanya dengan tepat.

  4. Perbanyak Teman, Anda tidak bisa bekerja seorang diri.
    masalah dalam menyelesaikan sesuatu tentu pernah menghampiri setiap orang. Tidak terkecuali nanti saat Anda menyusun algoritma suatu masalah, pasti suatu saat akan menemui masalah. Disini fungsi teman Anda sebagai rekan belajar Anda. Anda bisa menanyakan permasalahan Anda pada teman Anda, dan Anda akan menemukan bahwa algoritma tiap orang mungkin beda. Sekaligus menambah wawasan Anda bagaimana memandang suatu masalah dari sudut pandang orang lain. Tentu dengan begitu Anda akan lebih efisien pula untuk menerjemahkannya dalam kode.

  5. Perbanyak Refrensi
    Introduction to Algorithms , Algorithm Design Manual , dsb. Adalah buku-buku yang bagus sebagai refrensi Anda dalam rangka menajamkan skill menyusun algoritma Anda. Dengan begitu pula penulisan kode akan lebih mudah. Refrensi dan pengetahuan yang lebih banyak akan semakin membuka wawasan Anda dan membantu meningkatkan skill coding Anda.

Sumber :

  • medium.com by Daniel Borowski
  • codeforces by dreamoon
  • Biostars