Bagaimana Cara agar Rambut Cepat Tumbuh?

Rambut yang panjang serta sehat berkilau merupakan idaman hampir semua wanita. Tidak heran jika banyak wanita rela mengeluarkan biaya yang tergolong mahal untuk melakukan perawatan rambut di salon demi mendapatkan rambut panjang idamannya. Namun, beberapa masalah yang sering muncul seperti rambut kering, kusam hingga rontok, menjadi penghambat bagi wanita untuk mendapatkan rambut idamannya. Sayangnya, nggak banyak juga yang mengetahui bagaimana cara memanjangkan rambut dalam waktu singkat, dan tentunya alami serta tak beresiko.

1 Like

1. Agar tumbuh lebih cepat, akar-akar rambut perlu diberi rangsangan. Pijat kulit kepalamu secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk merangsang pertumbuhan rambut adalah dengan memijat kulit kepala secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu. Hal tersebut akan membantu melancarkan peredaran darah pada kulit kepala sehingga proses tumbuhnya rambut pun akan lebih cepat. Pastikan kamu memberikan pijatan-pijatan yang lembut dan teratur. Jangan memijat terlalu keras atau dengan arah tak beraturan, karena hal itu justru akan membuat rambutmu rusak.

2. Gunakan kondisioner sebagai pendamping shampo. Jangan lupa pilih produk yang sesuai dengan jenis rambutmu.

Penggunaan kondisioner setelah keramas secara rutin juga dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan rambut yang panjang dengan lebih cepat. Selain mempercepat pertumbuhan rambut, kondisioner juga dapat menjaga kelembaban rambut sehingga terhindar dari kerusakan seperti rambut kering, rapuh dan kusam. Gunakan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambutmu supaya nutrisi untuk rambutmu tidak “salah alamat”. Gunakan kondisioner setelah keramas minimal 2 kali seminggu dan dapatkan rambut yang sehat dan tumbuh lebih cepat.

3. Kurangi penggunaan alat pengering dan pelurus yang hanya akan membuat rambutmu stres.

Peralatan rambut seperti hair dryer, catokan dan pengeriting rambut memang dapat mempercantik tatanan rambutmu. Namun jika terlalu sering digunakan, panas dari alat-alat tersebut akan membuat rambut menjadi rapuh sehingga mudah patah dan rontok. Tekanan panas yang ditimbulkannya juga akan menghambat pertumbuhan rambut dalam jangka panjang.

Jadi sebaiknya mulailah untuk mengurangi pemakaian peralatan rambut yang menimbulkan panas. Lebih baik keringkan rambut secara alami, dengan cara diangin-anginkan saja. Namun saat terburu-buru, kamu dapat menggunakan hair dryer, catokan atau pengeriting rambut, namun dengan suhu yang tidak terlalu panas dan jangan lupa pula untuk menggunakan vitamin rambut agar kelembaban rambut tetap terjaga.

4. Jika kamu hobi berenang, sebaiknya gunakan penutup kepala dan jangan menjalani kegiatan ini secara berlebihan.

Kandungan klorin pada air kolam renang dapat merusak dan membuat pertumbuhan rambut semakin melambat. Namun jika kamu sulit untuk mengurangi hobi berenang, kamu bisa menggunakan penutup rambut saat berenang untuk melindungi rambut terkena klorin secara langsung. Selain itu, segeralah bilas rambutmu menggunakan shampo dan jangan lupa pula untuk menggunakan konditioner agar rambut tidak kering dan kelembabannya tetap terjaga.

5. Terlalu sering menyisir membuat minyak alami di rambutmu hilang. Cukup sesekali menyisir

Menyisir rambut sering-sering memang membuatnya rapi dan meratakan minyak alami rambut ke seluruh bagian, namun tahukan kamu bahwa terlalu sering menyisir rambut membuat rambutmu menjadi rapuh? Menyisirnya terlalu keras juga dapat membuatnya patah dan rontok. Solusinya, jangan terlalu sering menyisir rambut, ketika sehabis keramas, sisirlah rambut dalam keadaan setengah kering dan jangan lupa pakai vitamin rambut supaya rambutmu makin sehat.

Sumber

https://www.hipwee.com/tips/supaya-rambutmu-tumbuh-lebih-cepat-terapkan-7-cara-ini-untuk-merawat/

1. Pijat kulit kepala

Cara mempercepat pertumbuhan rambut yang paling mudah dilakukan adalah dengan memijat kulit kepala. Aktivitas ini dilakukan untuk melancarkan peredaran darah di kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Lakukanlah pijatan ketika sedang keramas atau saat rambut dalam keadaan setengah kering. Pijatlah secara lembut dan teratur selama beberapa menit dan lakukan secara rutin untuk memperoleh hasil optimal. Gunakan juga serum atau tonik rambut yang dapat membantu menutrisi rambut dari luar.

2. Gunakan kondisioner dan masker rambut

Ingatlah untuk menggunakan kondisioner setelah habis keramas. Kondisioner sendiri berguna untuk melembapkan kulit rambut sehingga terhindar dari kerusakan seperti rambut kering, rapuh, dan kusam. Selain karena sampo hanya berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dan rambut saja, kondisionerlah yang melembapkan dan menutrisi rambut. Selain itu, perlu juga menggunakan masker rambut minimal 1 minggu sekali untuk menjaga kecantikan rambut Anda. Dengan menggunakan masker akan membuat rambut semakin cantik dan pilihlah sampo, kondisioner, dan masker rambut, pilihlah sesuai jenis rambut.

3. Gunakan air dingin saat keramas

Cara mempercepat pertumbuhan rambut perlu juga dilakukan dengan mencuci rambut menggunakan air dingin. Air dingin sendiri dapat melindungi kutikula rambut dan mencegah terjadinya kerontokan rambut yang disebabkan karena hilangnya minyak alami pada kulit kepala.

4. Potong ujung rambut

Mungkin jika memotong ujung rambut setiap 2 atau 3 bulan sekali malah memperlama pertumbuhan rambut. Jangan salah, dengan cara ini dapat membuang bagian rambut yang rusak sehingga menyisakan rambut yang belum bercabang. Hal ini justru membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat.

5. Gunakan penutup kepala saat berenang

Ketahuilah jika kandungan klorin pada air kolam renang mampu merusak dan membuat pertumbuhan rambut semakin melambat. Bila lmemiliki hobi berenang dan sulit untuk mengurangi kegiatan tersebut, tutuplah rambut saat berenang untuk melindungi rambut terkena klorin secara langsung. Setelah berenang, segera bilas rambut menggunakan air dan segera cuci rambut dengan sampo. Gunakan juga kondisioner agar rambut tidak kering dan kelembapannya tetap terjaga.

6. Jangan terlalu sering menyisir rambut

Menyisir rambut memang membuat rambut menjadi rapi dan meratakan minyak alami rambut ke seluruh bagian. Namun, bila terlalu terlalu sering menyisir rambut akan membuatnya menjadi rapuh. Menyisirnya terlalu keras akan membuatnya patah dan rontok. Sebaiknya hindari terlalu sering menyisir rambut apalagi saat kondisi rambut masih basah. Sebaiknya sisir rambut dalam keadaan setengah kering dan gunakan vitamin rambut untuk mencegah rambut menjadi kusut.

7. Mencukupi asupan untuk rambut

Cara mempercepat pertumbuhan rambut juga perlu mencukupi vitamin rambut. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak protein agar folikel rambut mendapatkan nutrisi-nutrisi penting yang diperlukan dalam mendukung pertumbuhan rambut. Konsumsilah asupan seperti makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging, kacang-kacangan, dan susu untuk menjaga rambut tetap kuat dan tidak mudah rusak.

8. Meminimalisir penggunaan alat styling rambut

Ini menjadi cara mempercepat pertumbuhan rambut yang terakhir. Pasti banyak perempuan yang sangat mengandalkan alat styling rambut untuk menata rambut dalam keseharian. Padahal temperatur tinggi yang ditimbulkan alat tersebut bakal merusak lapisan keratin rambut sehingga mengakibatkan kondisi rambut menjadi kusam dan kering bahkan menyebabkan rambut berhenti bertumbuh. Maka dari itu, minimalisir penggunaan alat-alat styling seperti hair dryer, catokan, dan alat pemanas lainnya. Biarkan saja rambut kering secara alami.