Bagaimana cara agar kolam ikan kita tidak ditumbuhi oleh lumut ?

kolam ikan

Sebenarnya keberadaan lumut di kolam ikan tidak selalu berdampak negatif bagi ikan-ikan di dalamnya. Sebagian besar ikan terbiasa memakan lumut di habitat alaminya. Beberapa penghobi juga mengaku kalau warna ikan-ikan hias miliknya menjadi lebih cerah setelah rutin mengonsumsi lumut ini. Namun tentu saja, lumut bisa menjadi sarang bibit kuman dan penyakit yang dapat membahayakan ikan. Selain itu, adanya lumut tersebut juga membuat tampilan kolam ikan tekesan jorok bagi sebagian orang.

Bagaimana cara agar kolam ikan kita tidak ditumbuhi oleh lumut ?

Satu-satunya langkah yang paling efektif dan efisien untuk mencegah tumbuhnya lumut di kolam ikan yaitu memasang filter yang telah dilengkapi sinar ultraviolet. Kapasitas filter yang digunakan juga harus disesuaikan dengan ukuran kolam ikan. Setidaknya filter tersebut mampu memproses 30-40 persen dari total air di dalam kolam pada suatu waktu. Besarnya kapasitas filter ini tidak akan memungkinkan phytoplankton untuk tumbuh dan berkembang biak. Sedangkan sinar ultraviolet berguna untuk membunuh bibit phytoplankton yang mungkin sudah terjatuh ke air kolam.

Penggunaan filter dengan fitur sinar UV ini sangat disarankan untuk menjaga keindahan kolam, khususnya dalam dua minggu pertama setiap kali diisi air yang baru. Filter ini mampu menjaga kejernihan air di dalam kolam. Fitur sinar UV yang melengkapinya juga akan mengikat lumut dan membentuknya menjadi gumpalan-gumpalan yang gampang disaring. Hasilnya filter jenis ini pun lebih mudah untuk dibersihkan dan dirawat.

Sumber: