Bagaimana Budaya Hari Raya Idul Fitri di Daerahmu?

098075600_1620185123-realistic-eid-mubarak-background-with-candles-mosque_52683-37596
Sumber Foto
Hari raya idulfitri merupakan sebuah hari kemenangan bagi umat muslim, karena telah berpuasa 1 bulan full. Hari raya idulfitri jatuh pada 1 syahwal. Biasanya saat idulfitri, banyak sekali kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat umat muslim. Beberapa kebiasaan yang dilakukan umat muslim saat hari raya idulfitri:

  1. Mudik
    pada hari raya idulfitri, biasanya banyak sekali masyarakat pada mudik ke kampung halamannya, dan bermacet-macetan di jalan.
  2. Banyaknya makanan bersantan
    Pada hari raya idul fitri, banyak sekali makanan bersantai seperti opor ayam, rendang, dsb. Tidak lupa juga ketupat yang menjadi ciri khas lebaran (Hari Raya).
  3. Bagi-bagi THR
    Nah, yang ini pasti semua masyarakat sangat senang jika dikasih. Siapa coba yang tidak ingin dikasih THR (Tunjangan Hari Raya), biasanya om dan tante yang pada ngasih, serta tidak lupa juga nenek dan kakek yang ngasihnya selalu diam-diam.
  4. Takbiran
    Tidak afdol jika hari raya tidak mengumandangkan takbir. Takbir ini biasanya dilakukan di masjid ataupun berkeliling.
  5. Sungkeman dan halal bi halal
    Nah, dibagian ini pasti banyak yang pada nangis. Idul Fitri merupakan hari kemenangan setelah satu bulan berpuasa, maka Idul Fitri merupakan hari yang dirayakan oleh umat Islam. bukan hanya itu, Idul Fitri juga menjadi momen silaturahmi bersama keluarga dan kerabat. Dalam tradisi halal-bihalal dan sungkeman, setiap anggota keluarga meminta maaf kepada anggota keluarga lainnya dan teman serta tetangga di sekitar rumah. Sekarang di Indonesia, khususnya di Jawa, ada tradisi sungkeman dimana anggota keluarga muda akan berbaris dan meminta maaf dengan mencium tangan anggota keluarga yang lebih tua.
  6. Membeli baju baru
    Sebenarnya, membeli baju baru bukan keharusan yang dilakukan saat lebaran. Namun, beberapa masyarakat ingin lebih terlihat rapih saat lebaran, jadi mereka membeli baju baru.

Inilah beberapa budaya yang sering di temukan saat lebaran tiba.
Nah, gimana nih kira-kira tradisi seperti ini di tempat tinggal kalian ada ga? mungkin ada tradisi yang lain? boleh sharing disini yuk.
Referensi