Bagaimana bisa suatu program dapat membantu kegiatan manusia sehari-hari?

Kita belakangan ini banyak sekali mendapatkan bantuan dari suatu pemrograman seperti untuk menghitung kita memakai kalkulator. Bagaimana bisa hal tersebut terjadi?

1 Like

Sebagai awalan kita harus tau apa itu pemrograman. Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau ‘pekerjaan’ sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.


Bagi developer, computer scientist, atau programmer tentu sudah tahu manfaat belajar bahasa pemrograman, tidak perlu dijelaskan lagi. Belajar bahasa pemrograman bagi mereka akan sangat bermanfaat untuk bidang pekerjaan yang dimilikinya, apalagi bagi mereka yang sedang mengerjakan proyek-proyek baru yang sama sekali belum pernah disentuhnya.

Akan tetapi, bagaimana manfaat belajar bahasa pemrograman bagi orang awam atau orang yang sedang belajar? Tentu tak hanya sebatas meningkatkan kemampuan melakukan pemrograman yang akan di dapatkan, tetapi berbagai hal terkait dengan hal tersebut.

Selain iming-iming intensif yang besar, belajar pemrograman memiliki beberapa manfaat yang dapat kita rasakan. Manfaat ini tidak secara langsung dapat kita rasakan, tetapi dengan proses belajar yang tepat, manfaat ini akan kita rasakan jauh setelah proses tersebut terlewati.

Belajar bahasa pemrograman merupakan sebuah pembiasan. Pembiasaan dalam menuliskan baris-baris kode yang benar, pembiasaan dalam menggunakan penalaran yang tepat, dan pembiasaan dalam menggunakan perumusan yang sesuai. Proses-proses tersebut juga akan memberikan keuntungan tersendiri bagi orang-orang yang mempelajari bahasa pemrograman.


Manfaat belajar pemrograman yang berguna untuk sehari-hari


Meningkatkan Kemampuan Berpikir Secara Logis

Untuk membuat sebuah produk dengan bahasa pemrograman, termasuk di dalamnya aplikasi, game, perangkat mikrokontroler, atau perangkat IoT, kita tidak akan bisa lepas dari logika-logika pemrograman yang akan digunakan untuk membuat produk tersebut agar produk tersebut bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Logika dan algoritma pemrograman menjadi suatu hal yang sangat penting dalam membuat atau mengembangkan sebuah produk.

Kesalahan logika yang digunakan, tentu akan berakibat fatal terhadap produk yang akan dikembangkan. Selain eror, tentu produk yang dikembangkan tidak akan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Oleh karena itu, belajar logika pemrograman merupakan hal yang wajib, agar produk yang dikembangkan tidak mengalami permasalahan dalam pengembangannya. Logika pemrograman menjadi bagian penting yang harus dipelajari oleh orang yang belajar bahasa pemrograman, tanpa melihat pilihan bahasa yang dipelajarinya.

Setelah memilih bahasa yang tepat, semua orang yang berkecimpung dalam mempelajari bahasa pemrograman harus mempelajari logika perograman. Bersamaan dengan ini, tentu kita akan menjadi terlatih untuk berfikir dengan menggunakan logika saat menghadapi permasalaan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, belajar pemrograman merupakan sebuah pembiasaan. Ketika pikiran kita dibiasakan untuk menggunakan logika, tanpa disengaja kita akan terbiasa untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari juga.

Tanpa sadar kita akan mendapatkan kemampuan berpikir secara logis sebagai salah satu manfaat belajar bahasa pemrograman. Kita akan terlatih untuk mempertimbangkan berbagai hal untuk mengatasi berbagaimacam permasalahan yang ada.


Mengembangkan Cara Berpikir Dengan Sistematis

Selain dapat mempertimbangkan dengan tepat bagaimana kita akan menyelesaikan sebuah permasalahan, manfaat belajar bahasa pemrograman yang lainnya adalah dapat mengembangkan cara berfikir sistematis.

Dalam membuat sebuah program, seseorang akan dihadapkan pada baris-baris kode yang harus disusun secara sistematis. Baris-baris kode ini tidak boleh terbolak-balik baik penyusunannya maupun penulisannya, agar program yang dibangun dapat berjalan tanpa permasalahan. Sistematika ini berlaku untuk berbagai macam jenis bahasa pemrograman yang ada sejak dulu sampai sekarang.

Hal ini menyebabkan seorang calon pembuat program harus mempelajari bagaimana menuliskan kode dengan aturan dan sistematika yang sebenarnya. Belajar membuat kode yang sistematis menjadi salah satu bagian yang harus dipelajari saat belajar bahasa pemrograman.

Sebagai dampak positifnya, kita tentu akan semakin terbiasa dengan cara berpikir sistematis. Cara berpikir ini akan terbawa ke kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi berbagai macam permasalahan yang sedang menghimpit.


Melatih Teliti Terhadap Detail

Dalam membangun sebuah program, sering kali seorang developer akan mengalami sebuah permasalahan, salah satunya adalah program yang dibangun eror saat diverifikasi atau di-build. Permasalahan ini akan memerlukan sedikit ketelitian untuk mengatasinya.

Seorang developer harus mengecek ulang kode, dan mencari bagian kode yang menyebabkan terjadinya permasalahan. Jika hal tersebut belum menyelesaikan masalah, developer masih harus mengecek berbagai hal yang berkaitan dengan program yang dibangun tersebut, seperti mengecek power yang digunakan jika dalam membuat program untuk perangkat keras, atau mengecek koneksi internet jika tools yang digunakan berjalan secara online.

Apalagi bagi pemula atau orang yang sedang belajar, permasalahan ini tentu akan menjadi bagian dari aktivitas membuat sebuah program. Karena belum terbiasa menulis atau membuat kode, kesalahan-kesalahan menuliskan baris-baris kode akan menjadi rutinitas.

Akan tetapi, dengan terbiasa mencari kesalahan dalam menuliskan kode saat belajar, kita akan menjadi terbiasa dan lebih teliti dalam menuliskan kode dalam membuat sebuah program. Hal ini tentu akan berimbas ke dalam aktivitas kita sehari-hari sebagai salah satu manfaat belajar bahasa pemrograman.


Meningkatkan Kemampuan dalam Mengatasi Masalah

Dengan mempelajari bahasa pemrograman, kita akan dilatih untuk menyelesaikan sebuah permasalahan, baik itu tentang bagaimana produk harus bekerja maupun bagaimana mengatasi kesalahan-kesalahan yang terjadi.

secara tidak sadar, kita juga akan membawa hal ini ke dalam kehidupan sehari-hari untuk menghadapi berbagai macam permasalahan yang terjadi. Kita secara tidak sadar akan berpikir secara logis dan sistematis, seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Belajar bahasa pemrograman akan memberikan dapampat positif bagi kita. Bahkan perusahaan raksasa teknologi Google pun percaya, dengan belajar program, kita tak hanya akan memperoleh kemampuan dalam melakukan pemrograman, tetapi juga mengembangkan pikiran yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan. Kemampuan untuk memecahkan permasalahan ini akan menjadi salah satu manfaat belajar bahasa pemrograman.

Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman
https://teknojurnal.com/manfaat-belajar-bahasa-pemrograman/

Pada era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan teknologi sangat berkembang pesat dan membantu manusia untuk berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi tersebut mencakup banyak hal serta merambah berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga pendidikan. Pada prinsipnya teknologi ini berkembang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia agar dalam kehidupannya dapat lebih mudah berkomunikasi ataupun melakukan sesuatu. Sebagai contoh adalah computer.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Komputer juga saat ini digunakan untuk berbagai aplikasi khusus yang dibangun untuk keperluan analisa data perusahaan, penelitian, produksi dan masih banyak kegunaan lain yang mungkin sangat sulit bagi kita untuk menyebutkan satu persatu. Kemungkinan pengembangannya bisa dikatakan hampir tak terbatas.

Komputer sebagai alat pendukug untuk meringankan pekerjaan manusia dalam proses pemecahan berbagai masalah karena alat tersebut memiliki kecepatan operasionalnya, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat biaya. Komputer dapat membantu pekerjaan manusia dalam kegiatan, antara lain :

  1. Penanganan data dalam jumlah yang besar, seperti penghitungan sensus dan laporan lain dalam suatu negara.
  2. Melaksanakan tugas-tugas rutin yang bersifat berulang-ulang, seperti menghitung laporan bulanan suatu perusahaan.
  3. Operasional ditempat-tempat yang tidak dapat dijangkau manusia, seperti robot yang dikontrol oleh komputer untuk misi di daerah yang penuh dengan ranjau atau dalam perjalanan antariksa tanpa awak.
  4. Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi, seperti perhitungan matematika yang rumit.
    Hal di atas tersebut merupakan sedikit dari sekian banyak bantuan yang dapat diberikan komputer kepada manusia. Dan bantuan tersebut masih bersifat sederhana. Komputer juga dapat membantu manusia dalam berbagai bidang seperti :

1.BIDANG KESEHATAN

Sebagai contoh, para dokter saat ini juga sudah diperlengkapi dengan alat- alat yang telah terkomputerisasi, dimana peningkatan kualitas komputerisasi semakin jelas terlihat. Dan tidak dapat dipungkiri, saat ini alat – alat komputer sangat membantu efektivitas kerja tidak hanya kaum profesional, pekerja jobdesk, tetapi juga seorang dokter.

Berbagai inovasi dan perkembangan ilmu pengetahuan mengenai teknologi talah banyak ditemukan dalam dunia kedokteran. Segala alat – alat yang bekerja berdasarkan protokol komputer dari alat kecil hingga alat besar dan kompleks telah menghiasi perkembangan dunia kedokteran. Secara khusus, salah dua contoh produk dalam dunia kedokteran itu adalah kursi roda dan prosthetic limb (penahan tulang kaki).

2.BIDANG PENDIDIKAN

Saat ini sudah banyak sekolah yang menggunakan proyektor sebagai fasilitas mengajar dikelas. Yang dimana guru yang mengajar tidak lagi banyak menggunakan papan tulis dan kapur/spidol dalam menerangkan suatu pelajaran. Para guru hanya menampilkan slide bahan ajarnya dan menerangkan isi slide tersebut.

Hal ini ternyata sangat membantu para guru, sebab siswa pun dapat lebih semangat mendengarkan penjelasan. Hal ini terjadi karena para siswa yang telah jemu dengan hasil tampilan di papan tulis kini di suguhi tampilan baru yang lebih menarik dan lebih berwarna.

Tidak hanya dari penggunaan proyektor saja yang dapat membantu bidang pendidikan. Seperti hadirnya kamus elektronik. Yang dimana para siswa tidak perlu membawa kamus yang begitu besar dan berat lagi ke sekolah atau kemana mereka hendak pergi. Kini telah ada kamus elektronik yang ukuran nya jauh lebih kecil dari buku kamus dan di dalamnya terdapat vocabulary yang sangat banyak. Dan tidak hanya itu saja, dari kamus elektronik ini juga memiliki kemampuan untuk melafalkan pembacaan dari kata-kata bahasa inggris tersebut. Sehingga selain dapat mempelajari vocabulary nya siswa juga dapat mempelajari pelafalannya.

3. BIDANG TRANSPORTASI

Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.
Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.

4. BIDANG JASA DAN PENGIRIMAN

Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.

5. BIDANG INDUSTRI DAN OTOMOTIF

Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.

6. BIDANG JASA KONSTRUKSI

Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.

7. BIDANG JASA PERCETAKAN

Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.

8. BIDANG INDUSTRI PERFILMAN

Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.

9. BIDANG INDUSTRI REKAMAN

Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.

10. BIDANG PERTAHANAN DAN KEAMANAN

Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.

11. BIDANG OLAHRAGA

Pertandingan sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua orang.

Aplikasi yang digunakan

Dengan adanya aplikasi komputer yang memudahkan kita untuk mengerjakan sesuatu data atau apapun di dalam komputer dapat memudahkan kita dan menghemat waktu kita untuk mengerjakan pekerjaan yang di berikan kepada kita.

Berikut ini beberapa jenis aplikasi komputer yang dapat membantu kita untuk memudahkan kita dalam mengerjakan tugas sehari-hari kita.

  • Aplikasi Word Processing
    Program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. seperti Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.

  • Desktop Publishing
    Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. seperti Ventura Publisher, Page Maker.

  • Program Speadsheet
    Merupakan program yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Seperti Microsoft Excell, Lotus Improv.

  • Database Management System
    Salah satu kegunaan komputer didalam sebuah organisasi atau perkantoran adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Yang dapat kita pergunakan untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian dapat kita pergunakan untuk menghasilkan informasi.Untuk menghasilkan informasi yang kita butuhkan tersebut diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.

  • Graphics
    Salah satu kebutuhan pengguna komputer di dunia adalah membuat gambar. Untuk itu kita bisa menggunakan program atau aplikasi yang di khususkan untuk digunakan membuat gambar atau graphics. Contoh aplikasi yang dapat kita pergunakan untuk membuat gambar adalah : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio.

  • Program Akuntasi
    Merupakan sebuah aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis atau dunia kerja saat ini, aplikasi-aplikasi yang banyak di pakai di dunia bisnis salah satunya adalah aplikasi accounting yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh dari program akuntansi adalah DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting, Accurate, Abipro, Zahir.

  • Program statistik
    Merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statisca.

  • Multimedia
    Merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video.

  • Game
    Merupakan program untuk permainan yang sering kita pergunakan untuk menghilangkan kesuntukan pada saat mengerjakan sesuatu. Contoh game yang ada dan bisa kita mainkan di pc adalah: Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia.

  • Antivirus
    Merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh aplikasi antivirus yang bisa kita pergunakan untuk menghapus virus yang ada di komputer kita adalah : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG

SUMBER


Program


Program

Program atau juga dikenal sebagai program komputer adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer.

Komputer pada dasarnya membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi serangkaian instruksi program tersebut pada prosesor.
Sebuah program biasanya memiliki suatu bentuk model pengeksekusian tertentu agar dapat secara langsung dieksekusi oleh komputer. Program yang sama dalam format kode yang dapat dibaca oleh manusia disebut sebagai kode sumber, bentuk program yang memungkinkan programmer menganalisis serta melakukan penelaahan algoritma yang digunakan pada program tersebut. Kode sumber tersebut pada akhirnya dikompilasi oleh utilitas bahasa pemrograman tertentu sehingga membentuk sebuah program. Bentuk alternatif lain model pengeksekusian sebuah program adalah dengan menggunakan bantuan interpreter, kode sumber tersebut langsung dijalankan oleh utilitas interpreter suatu bahasa pemrograman yang digunakan.



Pemrograman

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer.

Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau “pekerjaan” sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.


Perkembangan serta penerapan melalui pemrograman java

Java telah sukses dikembangkan di berbagai bidang sejak awal pertama kali muncul hingga saat ini. Bahasa Java dalam perkembangannya memegang teguh filosofi sehingga diminati oleh banyak programmer di dunia. Hal yang membuat bahasa Java semakin diminati adalah ketika berbagai device mendukung java dengan J2ME, sehingga banyak praktisi yang berusaha menguasai Java untuk membuat aplikasi yang bisa berjalan di berbagai Mobile Device, PDA, dan Embedded System. Perkembangan Java saat ini hingga menjadi 4 platform utama, yaitu Java Card, Java Micro Edition, Java Standard Edition, dan Java Enterprise Edition.

  1. Aplikasi Web

    Hal yang umum bahwa aplikasi web saat ini sangat umum digunakan khalayak IT, tidak hanya praktisi tapi juga khalayak umum apalagi dengan adanya social networking di dunia maya melalui browser. Hal ini mungkin dikarenakan manusia merupakan makhluk social sehingga dengan adanya social networking di dunia maya membuat masyarakat umum banyak menggunakan internet sebagai media komunikasi. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mendukung aplikasi web karena memang java dibuat untuk memberikan solusi untuk aplikasi yang berbasis jaringan.
    Diantaranya yang mendukung aplikasi web adalah :

    • Applet
    • Java (untuk aplikasi web berbasis server)
    • CORBA (untuk aplikasi terdistribusi)
  2. Java Web Services

    Merupakan aplikasi web berbasis interprise yang mengunakan standart XML dan protocol tertentu dalam bertukar data dengan klien.Teknologi ini meliputi beberapa API yang dirancang untuk bekerja dengan XML seperti Jsva API for XML Based RPC (JAX-RPC), Java API for XML based messaging (JAXM),Java API for XML Processing (JAXP) dan Java API for XML Binding (JAXB). Penerapannya pada android.
    Sistem Android saat ini menggunakan Java didalamnya, dimana lapisan di atas kernel adalah Android runtime, termasuk mesin virtual Dalvik (Dalvik VM) dan Java Library. Dalvik VM adalah implementasi Java dari Google, dioptimalkan untuk perangkat mobile. Semua kode yang Anda tulis untuk Android akan ditulis di Java dan dijalankan dalam Virtual Machine. Dalvik berbeda dari Java tradisional dalam dua hal penting :

    • Dalvik VM menjalankan .dex file, yang dijabarkan pada waktu kompilasi dari standar file .class dan .jar. File .dex adalah lebih kompak dan efisien daripada file .class, suatu pertimbangan penting untuk memori terbatas dan perangkat bertenaga baterai yang berbasis Android.
    • Pustaka Java core yang datang dengan Android berbeda dari pustaka Java Standard Edition (Java SE) dan Java Mobile Edition (Java ME).
      Penerapan Java

SUMBER :
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman
https://id.wikipedia.org/wiki/Program_komputer#Pembuatan_program_otomatis
https://anantakun.wordpress.com/2011/03/03/penerapan-bahasa-pemrograman-java-di-masa-sekarang/