Bagaimana Biografi Martin Luther King. Jr, : Tokoh Kesetaraan Hak Asasi Manusia ?

Martin Luther King. Jr

Martin Luther King Jr. merupakan tokoh yang sangat berpengaruh dalam perjuangan persamaan hak di Amerika Serikat. Ia memperjuangkan kesetaraan ras yang saat itu sangat sulit didapatkan. Selain memperjuangkan kesetaraan ras, ia juga dikenal sebagai tokoh kulit hitam yang paling berpengaruh dalam perjuangan kesetaraan ras sepanjang sejarah Amerika Serikat.

Ia tergabung dalam beberapa organisasi perjuangan HAM, seperti menjadi anggota Asosiasi Perjuangan Warga Kulit Berwarna/ National Association for the Advancement of Colored People yang merupakan salah satu organisasi yang paling vocal menyuarakan kesetaraan. Tahun 1955 ia ditunjuk sebagai ketua dalam demonstrasi damai warga kulit hitam di Amerika Serikat.

Peristiwa terkenal seperti Montgomery Bus Boycott, The Southern Christian Leadership Conference, serta serangkaian demonstrasi di Alabama yang melahirkan pidato “I Have a Dream” yang melegenda. Dalam perjuangannya, ia menggunakan ajaran-ajaran kristen sebagai landasan teori dan pelaksanaan demonstrasi seperti yang dilakukan Mahatma Gandhi.

Martin Luther King. Jr

Perjuangannya cukup sulit, terhitung selama hidupnya ia sudah ditangkap setidaknya dua puluh kali dan empat kali diserang. Meskipun begitu, ia dianugerahi beragam penghargaan. Ia tercatat sebagai Man of the Year oleh majalah Time tahun 1963. Kapasitasnya sebagai tokoh perdamaian dunia membuahkan penghargaan Nobel Perdamaian tahun 1964 dan menjadi peraih Nobel termuda dengan usia 35 tahun.

Bagaimana Biografi Martin Luther King. Jr, : Tokoh Kesetaraan Hak Asasi Manusia ?

Sumber](http://hariansejarah.id)