Bagaimana biografi Manoj Bhargava : Pahlawan Dalam Wujud Milyuner ?

Manoj Bhargava


Siapa yang tidak kenal Manoj Bhargava? banyak. Pria misterius yang lahir pada tahun 1953 yang pernah menjadi seorang pendeta selama 12 tahun ini memang tidak banyak diketahui banyak orang. Manoj yang tidak menyelesaikan pendidikannya di Princeton University ini mampu menghasilkan $4 Milyar pada tahun 2013. Dengan uang sebanyak itu, Manoj menjadi terkenal dikalangan para manusia yang peduli dengan masa depan dan kalangan manusia yang hidupnya tidak seberuntung kebanyakan orang. Lantas, siapakah Milyarder ini?

Manoj Bhargava lahir di India dan menetap di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat pada tahun 1967. Manoj merupakan Mahasiswa di Princeton University selama 1 tahun dan memutuskan kembali ke India di tahun ia meninggalkan studinya. Di India, Dia menjadi seorang Biksu/Pendeta selama 12 tahun di sebuah pegunungan di sana. Setelah kembali lagi ke Amerika, Manoj bergabung dengan Perusahaan milik keluarganya yang bergerak dalam bidang Manufakturing PVC. Pada tahun 2003, Manoj mendirikan perusahaan bernama Innovations Ventures LLC yang memproduksi minuman energi yang bernama 5-Hour Energy drinks. Minuman energi yang ia klaim mampu mempertahankan stamina penggunanya tanpa menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Dari minuman tersebut, perusahaan Manoj melaporkan bahwa pendapatan yang mereka peroleh per-tahunnya mencapai $1,25 Milyar. 5-Hour Energy Drinks mendapat popularitasnya karna khasiat-nya yang benar-benar terasa. Dibandingkan minuman sejenis seperti Red Bull, konsumen menemukan bahwa khasiat 5-Hour Energy Drinks lebih terasa khususnya mereka yang bekerja sebagai Supir Truk yang harus selalu terjaga di jalanan.

5-hour Energy Drinks


Marketing 5-Hour Energy Drinks hanya memasang iklan dengan biaya yang murah di televisi namun menekankan konten ketimbang durasi dan budget yang tinggi dalam proses pembuatan iklannya tersebut. Pendistribusian dan penjualan produk melalui Convenience store juga terbukti mendatangkan konsumennya dari berbagai lapis masyarakat. Dengan strategi yang berfokus pada hasil nyata tersebut memberikan keuntungan bagi 5-Hour Energy Drinks dengan menghasilkan keuntungan yang besar dengan pengeluaran yang minim. Sekarang, 5-Hour Energy Drinks menjadi pemain besar dalam pasar minuman ber-energi di Amerika. Walaupun perusahaan-nya menghasilkan begitu banyak uang, Manoj tidak melupakan tujuan utamanya untuk tetap melakukan inovasi untuk kemanusiaan yang ia dapatkan saat menjadi Pendeta di India. Dan yang mengejutkan ialah, Bhargava mendonasikan pendapatannya sebesar 90-99% untuk menciptakan penemuan untuk mengubah kehidupan banyak orang.

Melalui Stage 2 Innovation LLC, Manoj mewujudkan impiannya untuk menciptakan perusahaan yang bergerak dalam bidang inovasi yang berguna bagi kemanusiaan. Manoj berani membayar mahal para penemu-penemu yang bekerja di perusahaan tersebut. Prinsip yang ia tanamkan di perusahaan ini adalah “Menciptakan penemuan yang dapat mengubah hidup orang lain”. Secara spesifik, Stage 2 Innovation ber-tujuan untuk “Menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi mereka yang kehidupannya diliputi kesulitan”, Bhargava juga menambahkan “penemuan seperti itulah yang dapat dikatakan sangat hebat”. Stage 2 Innovation juga memili filosofi “Go Big or Go Home.” Para insiyur di perusahaan tersebut selalu diingatkan oleh Bhargava “Jika apa yang diciptakan tidak memiliki impak yang besar, ciptakan hal lain yang memiliki impak yang besar.” dia juga menambahkan “Jika produk tersebut tidak mendatangkan keuntungan untuk kita namun dapat menciptakan perubahan (positif) bagi orang lain, kita akan melakukannya… dan jika kalian menemukan hal yang keren namun tidak berguna, lupakan saja. Aku tidak ingin terkihat keren.”

Salah satu penemuan Stage 2 yang berhasil ialah sebuah generator pembangkit listrik berbentuk sepeda yang diklaim jika mengayuh sepeda tersebut dalam 1jam, maka tenaga listrik yang dihasilkan cukup untuk penggunaan selama 24jam. Penemuan ini tidak hanya membantu mereka yang kesultian dalam memperoleh karna faktor ekonomi, namun dapat juga membantu banyak orang ketika sebuah pemadaman ataupun bencana alam terjadi.

Generator pembangkit listrik dalam bentuk sepeda


Selain generator tersebut, masih banyak penemuan yang telah mengubah kehidupan banyak orang. Manoj hanya berpesan bagi para pengusaha sukses diluar sana agar selalu mengingat 2 hal, yaitu : Common Sense dan Rasa keterdesakan untuk selalu membantu orang-orang yang membutuhkan. Dan dimana seorang pengusaha dapat belajar 2 hal tersebut? Ibu-mu. Dia telah melakukan lebih dari gelar Professor yang anda dapatkan, " kata Bhargava dalam film berjudul Billions in Change." Dia memiliki anggaran ini, dia memiliki anak-anak berkeliaran, tujuh hari seminggu. Itu kerja keras, belajar di tempat kerja. "


Source : https://www.wsj.com/articles/a-day-in-the-life-of-5-hour-energy-creator-manoj-bhargava-1446479908
https://www.inc.com/ilan-mochari/5-hour-energy-billions-in-change.html
https://www.quora.com/How-did-5-Hour-Energy-become-so-successful

http://stage2innovations.com/

Manoj Bhargava: Efesiensi dan Common Sense, Kunci Utama Kesuksesan

5 hour
5-hour Energy

5-hour ENERGY, merupakan energy drinks yang memiliki khasiat yang luar biasa. Berbeda dengan minuman penambah energi yang lain, 5-hour ENERGY ini tidak mengandung gula dan banyak mengandung vitamin. Sebagai pengganti gula, 5-hour ENERGY juga menggunakan buah-buahan murni seperti apel, pisang, dan buah-buahan alami lainnya. Cukup menggiurkan bukan? Adalah Manoj Bhargava, sosok dibalik minuman penambah energi ini. Sempat menjadi pendeta selama 12 tahun dan terus menetap di gunung, alumni Princeton University ini berhasil mendirikan perusahaan bernama Innovations Ventures LLC yang berhasil memproduksi minuman ini. Tetapi sebenarnya, apa cerita dan strategi dibalik perusahaan dan minuman yang ia buat sehingga bernilai hingga $1 billion ini?

manoj
Manoj Bhargava

Awal dari terciptanya produk ini adalah bagaimana Manoj merasa kelelahan dengan jadwal meeting yang sangat padat. Kemudian ia mencoba meminum satu botol energy drink yang berhasil membuat staminanya bangkit lagi. Dari sana ia merasa bahwa inilah yang sebenarnya banyak dibutuhkan oleh orang-orang seperti dia. Uniknya, alih-alih mencoba mempekerjakan ilmuwan untuk membantunya meracik minuman pembangkit energi tersebut, ia melakukannya sendirian! Yang pada akhirnya membutuhkan sekitar 30 hari untuk terproduksinya 5-hour ENERGY yang pertama yang berukuran sebesar 57 gram. Ada 2 alasan mengapa Manoj membuat barang produksinya tersebut kecil. Pertama, Manoj berfikir bahwa tidak ada manusia yang lelah, dan haus pada waktu yang bersamaan. Yang kedua, jika ia membuat 5-hour energy sebesar Coca-Cola atau Pepsi dan akan diletakkan pada cooler space maka itu merupakan sebuah hal bodoh yang dilakukan oleh sebuah produk minuman yang baru saja rilis karena mereka akan kalah bersaing jika dibandingkan dengan produk-produk yang sudah ada di pasaran.

Pada penjualan pertamanya, Manoj meletakkan produknya di toko obat-obatan. Di minggu pertama, 5-hour ENERGY terjual sebanyak 200 botol. Yang menurut Manoj Bhargava, tidak terlalu baik. Kemudian pada penjualannya yang ke 6 bulan, produknya terjual sebanyak 10.000 botol per 7 hari. Dari sana Manoj melihat bahwa produk ini memiliki banyak potensi untuk dijual. Berbekal dengan common sense dan motivasi, Manoj dan tim dari perusahaannya berjualan melalui trunk-slammers dimana mereka mengoper barang-barang ke rumah-rumah, kemudian memperbanyak unit ke toko obat-obatan, hingga mendapatkan space yang paling susah di dapatkan di Walmart. Dari sana, produk 5-hour Energy dari Innovations Ventures LLC menjadi salah satu produk minuman berenergi yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Banyak orang berpendapat bahwa kesuksesan yang diraih oleh Manoj ini merupakan hal yang sangat luar biasa dan sangat sulit untuk dicapai. “Satu-satunya hal yang kita lakukan adalah kita tidak melakukan hal-hal yang bodoh” ujar Manoj saat seminar TIEcon pada tahun 2013. Perlu dicatat bahwa untuk mengoperasikan semuanya (kecuali tahap produksi karena dilakukan oleh perusahaan yang berbeda) pada tahun 2013, Innovations Ventures LLC hanya terdiri dari 65 orang saja untuk mengoperasikan penjualan dari 5-hour Energy. Menurut Manoj, hal ini dapat dia lakukan karena dia memotong semua bagian yang; 1. Tidak menghasilkan uang, 2. Tidak meningkatkan kualitas produk, dan 3. Tidak membuat pelanggan senang. Apa yang dilakukan oleh Manoj hanyalah membuat beberapa proses bisnis yang terjadi di perusahaannya menjadi lebih simple, lebih efektif, dan lebih tepat sasaran. “Dan lakukan sekarang. Apapun kondisimu jika kamu memiliki kesempatan untuk melakukan sesuatu, maka lakukan sekarang”. Ujar Manoj.

Daftar Pustaka:
Bhargava, Manoj. 2013. Conference dari TIEcon di Sillicon Valley, California
Witsil, Frank. “5-hour Energy’s Manoj Bhargava has a new idea”. 24 September 2016

Manoj Bhargava : mengalahkan kompetitor adalah salah satu langkah penting dalam kesuksesan usaha

Manoj Bhargova, pendiri dari minuman berenergi 5-Hour Energy mengatakan kepada Wirausaha Detroit agar memikirkan baik-baik tentang kompetitor mereka. Bhargava menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan memikirkan baik-baik adalah bagaimana cara mengalahkan kompetitor tersebut dengan cara menemukan kelemahannya. Bhargava menjelaskan bahwa salah satu teknik yang dia gunakan dia baca dari Sun Tzu, The Art of War. Setiap orang memiliki senjata yang berbeda-beda, tambahnya.
Perusahaan Bhargava pernah menghadapi pesaing yang memiliki pengacara sebagai CEO.

“Dia berpikir bahwa semua perang harus dilakukan di pengadilan, jadi dia menuntut kita,” kata Bhargava. “Jadi saya memasang iklan di TV yang benar-benar membanting produknya, menunjukkan semua kelemahan produknya.”

Dia menambahkan bahwa itu adalah bagian dari strategi Sun Tzu.

“Jika musuh Anda marah, serang dia.”

Filosofi bisnis Bhargava adalah kesederhanaan. Dia bukan orang yang suka menghabiskan waktu dalam rapat kecuali mereka menghasilkan uang perusahaan. Dia juga menyarankan kebenaran sebagai prinsip inti.

“Saya tidak menganjurkan kejujuran, tapi jika Anda tidak mengatakan yang sebenarnya, Anda memiliki risiko jauh lebih tinggi daripada jika Anda langsung bersikap jujur.”

Dari cerita Bhargava tersebut dapat disimpulkan bahwa kejujuran memang penting dalam sebuah usaha. Memang dia tidak menganjurkan, tetapi dia mengatakan bahwa jika tidak jujur akan membawa dampak yang lebih buruk daripada jujur di awal.

Pada awal launching produknya memang hanya terjual 200 botol dari 1200 toko, namun kemudian terjual 10.000 botol dalam satu minggu. Memang rasa dari minuman energi tersebut seperti sirup obat batuk tapi orang-orang mulai merasakan dampak positif dari minuman tersebut.

Namun tidak hanya dengan mengalahkan kompetitor saja. Menurut Bhargava ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar suatu usaha itu sukses. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Common Sense
    Pondasi bisnis adalah tentang penggunaan Common Sense (akal sehat). Sekolah benar-benar tidak mengajari Anda apa yang Anda butuhkan dalam kehidupan nyata. Jangan biarkan hal ini menghalangi akal sehat. Menurutnya, “Masalah dengan anak-anak yang keluar dari institusi mewah itu adalah mereka mengira mereka tahu segalanya.” Pendidikan datang dengan pengalaman. Misalnya, perbedaan antara sersan tentara berpengalaman dan orang yang tidak pernah berperang. Bekerja dengan sersan, yang telah menghindari peluru sebelumnya, adalah taruhan yang aman. Selanjutnya, sebagian besar kesuksesan datang dengan memahami sifat manusia, sesuatu yang tidak dapat diajarkan di kelas. Hal ini dapat dipelajari sebagian melalui interaksi sosial dan pengalaman hidup. Pemahaman mendalam tentang sifat manusia membantu Anda menavigasi pelanggan dan pesaing Anda. Begitu juga dengan membaca buku, Anda berpikir bahwa Anda tahu segalanya. Tidak juga! Ada kutipan favorit oleh Mark Twain yang perlu selalu diingat, “Saya tidak pernah membiarkan sekolah masuk di jalan pendidikan”. Gunakan ide sederhana seperti membeli rendah dan menjual tinggi, entah itu produk atau layanan atau apapun yang Anda berikan kepada pelanggan Anda. Keseluruhan ide adalah untuk membuatnya sesederhana mungkin.

  2. Menghindari Slogan / Jargon
    Jargon dan kata buzz seperti “inisiatif strategis” memiliki kecenderungan untuk mengaburkan akal sehat. Begitu Anda mulai menggunakannya, Anda berhenti menggunakan otak Anda. Tidak ada yang baru di bawah matahari. Jargon menghancurkan akal sehat. Filosofi bisnis Anda perlu berpusat pada kesederhanaan dan kejelasan sebagai prinsip inti dan tidak bersembunyi di balik jargon. Jika Anda tidak mengatakan yang sebenarnya, Anda memiliki risiko jauh lebih tinggi daripada sebaliknya. Lingkungan kerja harus harmonis. Jauhi micromanagement. Pada dasarnya, kerjakan saja pekerjaannya. Tidak masalah apa lagi yang Anda lakukan. Lakukan saja pekerjaannya. Jangan bergantung pada konsultan dan disebut ahli. Satu-satunya hal yang konsultan dan ahli ketahui adalah apa yang telah dilakukan sebelumnya, bukan apa yang akan terjadi. Mungkin bijaksana menggunakan konsultan untuk mempelajari lebih lanjut tentang masalah yang mungkin Anda lewatkan dan mereka bisa menunjukkannya, jadi Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengetahuinya sendiri. Jika Anda menemukan ahli atau ilmuwan yang mengatakan bahwa itu tidak dapat dilakukan, itu mungkin berarti Anda dapat melakukannya.

  3. Penawaran yang menarik
    Anda harus memiliki produk yang ingin dibeli orang lain. Ingat pelanggan secerdas Anda. Jika Anda tidak menggunakan apa yang ingin Anda jual kepada mereka, mereka tidak akan menggunakannya. Lebih jauh lagi, jika keluarga Anda tidak menggunakannya, maka jangan mencoba untuk menjualnya. Misalnya, ketika seseorang di perusahaannya mengemukakan sebuah gagasan, dia bertanya, “Apakah itu membanting dunk?” Jika mereka tidak dapat menjawab pertanyaan itu atau tidak yakin tentang penerimaan pasar, mereka seharusnya tidak mengejarnya. Tugas seorang pengusaha adalah mengelola risiko dengan cara menguranginya sebanyak mungkin.

  4. People
    Orang tidak boleh dipekerjakan hanya pada bakat. Beberapa hal yang harus diperhatikan; Jika mereka bernegosiasi dengan tidak masuk akal dan terus bernegosiasi, jangan mempekerjakan mereka. Misalnya, setelah Anda menawarkan pekerjaan kepada seseorang, mereka membiarkan kinerja mereka turun, dan melakukan hal-hal bodoh seperti mulai bernegosiasi dengan tidak masuk akal. Mereka tidak menyadari bahwa begitu Anda telah memberikan tawaran untuk memberikan pekerjaan kepada mereka, ini hanyalah permulaan proses perekrutan Anda. Anda harus memperhatikan semua tanda-tanda bagaimana mereka mengatur diri mereka selama proses ini. Kelaparan membuat Anda lebih pintar. Penting untuk fokus pada pengalaman praktis dan bukan hanya teori.

Daftar Pustaka


Manoj Bhargava, Miliyader dengan 5-Hour Energy

Manoj Bhargava adalah seorang pengusaha dan filantropis Amerika India. Dia adalah pendiri dan CEO Innovations Ventures LLC (DBA Living Essentials LLC), perusahaan yang dikenal memproduksi minuman energi 5 jam. Pada tahun 2012 merek tersebut telah berhasil melakukan penjualan senilai $ 1 miliar. Pada tahun 2015, Bhargava menjanjikan 99% kekayaan bersihnya untuk memperbaiki kesejahteraan dunia yang kurang beruntung.

Bhargava menciptakan Innovations Ventures LLC (dba Living Essentials LLC), dan meluncurkan Energi 5 jam pada tahun 2003. Pada 2012, penjualan ritel telah tumbuh menjadi sekitar $ 1 miliar. Seiring waktu, Bhargava menciptakan entitas tambahan atau dana untuk mendukung berbagai usaha baru. Ini termasuk perusahaan patungan modal MicroDose Life Sciences, sebuah laboratorium usaha manufaktur yang disebut Inovasi Tahap 2 LLC, sebuah dana ekuitas swasta yang disebut ETC Capital LLC, Plymouth Real Estate Holdings LLC dan Oakland Energy dan Ventures Air. Pada tahun 2014, dia mendanai sebuah perusahaan distribusi film yang berbasis di New York City, Bleecker Street.

Pada tahun 2013, Forbes melaporkan kekayaan bersih Bhargava menjadi $ 1,5 miliar, namun dia diturunkan dari daftar milyardernya pada tahun 2014. Film dokumenter Bhargava di tahun 2015, Miliaran dalam Perubahan, melaporkan bahwa dia memiliki kekayaan bersih lebih dari $ 4 miliar, sementara beberapa artikel berita melaporkan bahwa angka $ 4 miliar tidak terverifikasi.
Di salah satu sudut kantor Manoj Bhargava ada rak buku Formica, rak-rak nya dilapisi dengan ratusan botol plastic yang berwarna. Bagian depan dan tengahnya adalah botol Energi 5 Jam yang diturunkan dari Cadillac, kafein dua ons dan obat mujarab vitamin yang dimaksudkan untuk membuat Anda waspada tanpa menabrak. Dalam delapan tahun 5 jam telah berlalu entah dari mana mencapai $ 1 miliar penjualan eceran. Perusahaannya, Living Essentials, adalah pemain terbesar di pasar, dan bukan karena 5-jam sangat lezat. Sirup batuk kapur lebih seperti itu. Alasan Bhargava menang adalah dia bermain tangguh. Duduk di pemakaman itu ada selusin neon copycats dengan nama seperti Power 6 Jam dan Energi 8 Jam. Masing-masing telah dituntut, diganggu atau diusir dari pasar oleh pengacara Living Essentials. Di depan masing-masing ada plakat kecil dengan tengkorak dan tulang belulang yang digambar di pena felt-tip. Bhargava menunjuk nisan salah satu dari pesaingnya yang terlambat dan berkata sambil tertawa kecil, "Istirahatlah dengan tenang”. Living Essentials yang dimiliki swasta tidak melaporkan pendapatan atau keuntungan, namun seorang sumber yang memiliki pengetahuan tentang keuangannya mengatakan bahwa perusahaan tersebut meraup utara $ 600 juta tahun lalu dengan harga $ 1 miliar itu secara eceran. Sumber tersebut mengatakan perusahaan tersebut menyita sekitar $ 300 juta. Data pemindaian checkout dari firma riset SymphonyIRI mengatakan bahwa 5 jam memiliki 90% pasar energi. Pesaing terdekatnya, merek Stacker NVE Pharmaceuticals, hanya memiliki lebih dari 3%.

Munculnya 5-jam dimulai pada musim semi tahun 2003, ketika Bhargava menemukan dirinya berada di pameran dagang produk alami di Anaheim, California Di salah satu stan, perwakilan penjualan menjajakan ramuan 16 ons yang mengklaim dapat meningkatkan produktivitas selama berjam-jam. Bhargava meneguk. “Selama enam atau tujuh jam berikutnya saya dalam kondisi prima,” katanya. "Saya pikir, Wow, ini luar biasa. Saya bisa menjual ini. "

Tim Bhargava masih harus meyakinkan toko dan pembeli bahwa produk mereka aman. Pekerjaan awal untuk mendapatkan Energi 5 Jam di rak pergi ke Rise Meguiar, wakil presiden penjualan Living Essentials dan satu-satunya wanita di sebuah tim berusia 17. Rantai kesehatan GNC adalah orang pertama yang menggigit, menyetujui stok 5-jam di 1.200 toko di tahun 2004. Perlahan tapi pasti, Walgreens, Rite Aid dan rantai regional seperti Sheetz mengikutinya.

Sumber:


https://www.forbes.com/sites/clareoconnor/2012/02/08/manoj-bhargava-the-mystery-monk-making-billions-with-5-hour-energy/#186aa98c27ae