Lei Jun terlahir pada tanggal 16 Desember 1969 di Xiantao, China yang merupakan wilayah penghasil pertanian dan padi (xiaomi dalam Bahasa China). Di awal karirnya dia bekerja di perusahaan Kingsoft, perusahaan teknologi software di China sebagai teknisi. Setelah berjalannya waktu beliau pun diangkat menjadi kepala eksekutif dan membuat perusahaan tersebut sukses di Hong Kong.
Tepatnya pada 2007 Lei memilih berhenti di perusahaannya yang membesarkan namanya karena alasan kesehatan. 3 tahun kemudian dia bersama co-founder lainnya mendirikan Xiaomi dengan modal 533 milyar. Tahun 2011, Lei Jun merilis Smartphone pertama Xiaomi dengan dibanderol harga $250 (Rp,3,3 Juta) yang diberi nama M1. Dengan harga sedemikian rupa Xiaomi tidak kalah dengan produk yang harganya mencapai 2 kali lipat. Terbukti Xiaomi mendapat 300ribu pre order hanya dalam waktu singkat yaitu 34 jam.
Berikut adalah prinsip atau startegi yang membuat Xiaomi berhasil;
1. Ambil moment yang tepat! Waktu adalah kuncinya
Lei mengambil lompatan berani yang strategis dan percaya diri, memasuki pasar yang jenuh dengan raksasa teknologi pembuat smartphone dan merilis Xiaomi’s Handset pertama (Mi1, Agustus 2011) pada zaman teknologi raksasa iPhone terbaru Apple (4S, Oktober 2011). Namun, dibandingkan dengan iPhone, yang kurang serbaguna tapi tetap dicintai, Mi1 dengan berani dikirim keluar dengan MIUI sendiri, yang juga mendukung Android dan ROM pihak ke-3 lainnya. Dan terbukti berhasil di pre order yang pertama.
2. Suistainability, User Experience akan mengalahkan apapun
Ketika Anda berada di jalan menuju kesuksesan, mudah bagi banyak orang untuk membuat perbandingan antara diri Anda dan pesaing Anda. Xiaomi, termasuk di antara nama-nama besar seperti Apple dan Samsung, tidak diragukan lagi mengalami hal ini juga. Namun, alih-alih berjuang untuk mempertahankan kesan orang lain tentang apa yang seharusnya mereka lakukan, Lei tetap membumi, dan menekankan pentingnya pengelolaan ekspektasi internal dan eksternal. Kami mulai dari nol. Sekarang semua orang menantang kita, dan kita merasa memiliki sesuatu untuk dipegang dan kita perlu memenangkan setiap pertempuran. Saya tidak berpikir inilah yang saya inginkan.
3. Anda tidak perlu selalu mengikuti apa yang dilakukan orang
Banyak handphone di masa kini yang menggunakan fitur waterproof. Namun xiaomi berani beda untuk tidak mengikuti trend yang ada. Karena menurutnya, fitur waterproof tidak akan berarti apa-apa atau bertahan lama apabila ada keretakan atau part dari handphone yang rusak akibat pemakaian penggunanya.
4. Setiap kelompok orang mempunyai kebutuhannya masing-masing
Mungkin karena hal ini, alih-alih menciptakan eksklusivitas pada produk mereka, MIUI mereka, ROM Android yang dipasarkan oleh smartphone dan laptop mereka, dan tampaknya telah mendapatkan pengakuan penggemar Android di seluruh dunia.
Sebenarnya, Lei juga mengungkapkan keinginan agar Xiaomi akhirnya beroperasi di berbagai OS yang mungkin termasuk Windows Phones. Sebagai perbandingan yang tak terelakkan untuk sistem yang tidak begitu fleksibel, Lei membedakan Xiaomi dari Apple dalam sebuah wawancara:
“Keduanya adalah hal yang sama sekali berbeda, Sistem Xiaomi dapat diubah oleh siapa saja, ribuan perancang dapat menciptakan semua fungsi dan solusinya.”
5. Simpan biaya bisnis, gunakan keuntungan untuk melakukan inovasi yang lebih lagi
Ketika tiba-tiba menghemat biaya bisnis, strategi Lei adalah tidak melakukan apa-apa pada iklan menjual di web untuk menghindari pemotongan pajak dan mengandalkan pelanggan setia untuk menyebarkan berita di media sosial. Toko fisik juga dijaga seminimal mungkin, dan terlepas dari popularitas mereka di Singapura ingat ketika 5.000 unit Catatan RedMi tersambar oleh Singapura dalam 42 detik pada tahun 2014?). Baru awal bulan ini mereka membuka gerai pertama. Apapun, flagship Singapura lebih dari sebuah showcase dibandingkan dengan outlet penuh - pasti menandakan keinginan perusahaan untuk tetap mempertahankan penjualan mereka di dunia online.
6. Pemasaran yang baik, akan menuju jalan yang panjang
Mengikuti pengeluaran rendah mereka untuk iklan 3,2% dari pengeluaran mereka versus Samsung 8% dan mengandalkan kata dari mulut ke mulut, Xiaomi juga mengambil pendekatan pemasaran produk yang unik namun efektif. Sebenarnya, ini telah mengilhami begitu banyak loyalitas sehingga Business Insider telah menyatakan bahwa Xiaomi bisa menjadi perusahaan telepon seluler Android pertama yang memiliki penggemar fanatik seperti Apple. Penggemar Xiaomi dikenal hanya sebagai ‘Mi-fans’, dan merayakan ‘Mi-fan Day’ setiap tahun pada tanggal 6 April, di mana perusahaan tersebut juga mengadakan kampanye pemasaran khusus dan mengumumkan produk baru.
7. Selalu dengarkan customer anda
Dengarkan apapun yang customer utarakan karena Xiaomi tidak akan menjadi apa-apa jika tidak ada user Xiaomi. Keluhan atau kritikan customer dapat dijadikan suatu acuan untuk berbenah pada produk selanjutnya yang akan dibuat. Contohnya pada Nokia: Nokia terlalu nyaman dengan predikat sebagai penguasa pada jamannya sehingga tidak menyiapkan perencanaan yang panjang dan terlambat menyadari perkembangan operasi system. Dan kurangnya mendengarkan saran dan kritikan dari customer. Akhirnya Nokia pun bangkrut tanpa ada kejelasan.
8. Jadilah diri sendiri
Lei terinspirasi oleh buku Fire In The Valley, pada awal hari-harinya bekerja di industry teknology untuk mengikuti jejak Jobs. Meskipun demikian, dia menolak untuk disebut ‘Steve Jobs of China’, yang oleh banyak media membuatnya diklaim. "Saya telah mengatakan pada banyak kesempatan berbeda bahwa jika saya dipanggil ‘Steve Jobs of China’ sebagai anak berusia 20 tahun, saya akan merasa sangat terhormat. Sebagai seorang 40 tahun, bagaimanapun, saya tidak ingin dianggap kedua untuk siapa pun.
“Do what you want to do. Do what you like to do.” – Lei Jun
Referensi :
[1] http://www.sepositif.com/2017/02/kisah-sukses-pendiri-xiaomi-tech-lei-jun.html
[2] http://strategidanbisnis.com/artikel/4319/lei-jun
[3] https://vulcanpost.com/591831/lei-jun-founder-of-xiaomi-lessons-learnt/