Bagaimana biografi Ignacio Galán : CEO Iberdola ?

José Ignacio Sánchez Galán

José Ignacio Sánchez Galán (lahir 1950) adalah seorang pengusaha Spanyol. Dia saat ini menjabat sebagai Chairman dan Chief Executive Officer Iberdrola, sebuah perusahaan multinasional yang hadir di banyak negara di seluruh dunia, seperti ScottishPower di Inggris, Avangrid di AS, Elektro Holding di Brazil dan Iberdrola di Mexico. Bagaimana biografi Ignacio Galán : CEO Iberdola ?

Pengenalan Ignacio Galán

sanchez-galan1

Ignacio Galán merupakan pebisnis papan atas dunia yang berasal dari Spanyol. Galán saat ini menjabat sebagai seorang CEO di sebuah perusahaan yang bernama Iberdola. Darah spanyol ini Lahir di Salamanca pada tanggal 30 September 1950. Galán lulus sebagai Insinyur Industri dari Sekolah Teknik (ICAI) Universidad Pontificia Comillas (Madrid). Dia juga lulus di bidang Administrasi Bisnis dan Perdagangan Luar Negeri dari ICADE di Universidad Pontificia Comillas (Madrid) dan di General Business Administration dan Foreign Trade dari School of Industrial Organization (EOI) di Madrid. Dengan pengalamannya di dunia bisnis global, Galán mampu menguasai beberapa bahasa antara lain seperti, berbicara bahasa Inggris, Perancis, Italia dan Portugis.

Awal Mula Karir Galán

Ignacio Galán memulai karir profesionalnya pada tahun 1972 di Sociedad Española del Acumulador Tudor, di mana dia memegang posisi eksekutif dan manajemen yang berbeda, memulai ekspansi internasional perusahaan.

Pada awal tahun 90an, ia mengelola Industria de Turbopropulsores (ITP) pada awalnya, mendorong disain, pembuatan dan perawatan mesin pesawat terbang dan turbin gas. Di ITP, Galán membawa pekerja dan teknisi dari restrukturisasi sektor angkatan laut Muara Bilbao, yang memiliki kesempatan untuk memulai karir profesional baru di industri aeronautika.

Dari tahun 1993 sampai 1995, dia adalah ketua Eurojet, yaitu ebuah konsorsium Eropa yang bergerak dalam pengembangan dan pembuatan mesin Eurojet 200 untuk Eurofighter. Ignacio Galán kemudian menjadi Chief Executive Officer dari sebuah perusahaan telekomunikasi Airtel Móvil yang sekarang bernama Vodafone, di mana dia berhasil mengatasi tantangan besar liberalisasi sektor telekomunikasi di Spanyol.

Bergabung Dengan Iberdola

Kedatangan Ignacio Galán di Iberdrola pada tahun 2001 sebagai Executive Vice-Chairman serta Chief Executive Officer dan pengangkatannya berikutnya sebagai Executive Chairman pada tahun 2006, yang memicu dimulainya salah satu proses transformasi paling sukses yang dilakukan oleh sebuah perusahaan besar di tahun-tahun ini. Komitmennya terhadap ekspansi internasional, energi terbarukan dan keberlanjutan telah mengubah perusahaan menjadi salah satu utilitas utama dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, setelah lima belas tahun pertumbuhannya tidak terganggu.

Selain itu, komitmennya yang kuat terhadap perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial telah membuat perusahaan ini menjadi pemimpin dunia dalam energi terbarukan yang terdaftar pada indeks keberlanjutan utama. Iberdrola adalah satu-satunya utilitas Eropa yang terdaftar di Dow Jones Sustainability Index sejak dibuat dan telah menjadi salah satu utilitas terbaik di dunia, menurut Carbon Disclosure Leadership Index and FTSE4Good. Perusahaan juga telah diakui untuk praktik terbaiknya dalam tata kelola perusahaan oleh publikasi World Finance and Ethical Boardroom, dan sebagai salah satu perusahaan paling etis di dunia oleh Ethisphere Institute.

Pengembangan Bisnis Iberdrola Oleh Galán

Sejak bergabungnya Galán sayap bisnis dari Iberdrola mulai berkembang dan lebih menglobal. Mulai dari banyaknya negara yang bekerjasama dengan Iberdrola. Gaya pendekatan yang dilakukan manajemen Iberdrola sejak bergabungnya Galán sungguh berubah dari awalnya yang hanya sebatas bisnis di satu negara kini sudah menjaring beberapa negara mitra. Menurut jajaran direktur eksekutif dari Iberdrola, Almarhum Íñigo de Oriol pada tahun 2006 lalu ia menyebutkan bahwa Iberdrola telah memiliki kekuatan absolut selama 10 tahun terakhir ini di bawah pimpinan dari Ignacio Galán.

Iberdrola sendiri kini telah menjadi perusahaan listrik swasta pertama di Eropa dengan kapitalisasi pasar dan pemimpin dunia dalam energi listrik tenaga angin, salah satu taruhan terbesar Galán, yang telah menjadi rintangan bagi energi terbarukan di Spanyol dalam beberapa tahun terakhir.

Pengambilalihan Iberdrola oleh Beberapa Perusahaan Eropa

Pada tahun 2008 lalu sempat ada beberapa isu dari perusahaan Iberdrola yang saat itu sudah di pegang oleh Galán. Perusahaan energi Prancis, dan ACS, yaitu sebuah perusahaan konstruksi Spanyol, akan melakukan penawaran pengambilalihan untuk Iberdrola, sebagai penyedia listrik Spanyol. Galan yang saat itu menjabat sebagai CEO langsung mengeluarkan statement “tidak ada yang bisa berperan sebagai perantara yang bisa menjual perusahaan secara sepotong-sepotong". Dia mengungkapkan akan berhenti menjabat sebagai CEO bila hal itu terwujud. Beberapa direksi dari perusahaan berpikir bahwa sangat rugi bila perusahaan melepas begitu saja CEO handal mereka yang sudah membangun pondasi yang bagus di jajaran manajemen Iberdrola. Dengan rasa berat hati tersebut akhirnya perusahaan itu gagal diambilalih oleh perusahaan lain.

Salah Satu Tokoh Paling di Hormati di Eropa

Pada bulan Mei 2014, Ratu dari kerajaan Inggris menyetujui penghargaan kehormatan kepada Ignacio Galán dari Kerajaan Inggris (Divisi Sipil), atas karyanya untuk mempromosikan sektor energi Inggris dan hubungan perdagangan dan investasi antara Inggris dan Spanyol. Selain itu, Galán mengetuai Forum Industri Cluster Listrik Dunia dan berada di Komite Pengarah Meja Bundar Eropa untuk Industriis. Dia adalah anggota Global Sustainable Electricity Partnership yang didukung oleh Persatuan Bangsa-Bangsa dan G10, yang menyatukan perusahaan listrik utama Eropa.

Refrensi :
http://knowledge.wharton.upenn.edu/article/at-iberdrola-the-organizational-chart-is-hardly-traditional/
https://www.iberdrola.com/about-us/company-profile/management-team/chairman

1 Like