Bagaimana biografi Bill Gates : Seorang Visioner Penguasa IT ?

bill_gates

(oktavianis Kartikasari_135150201111241) #1

Simply Knowledge

Biografi, William Henry Gates III


Pekerjaan

Founder Microsoft and CEO Cascade Investment

Afiliasi lainnya

  • Corbis
  • Bill & Melinda Gates Foundation
  • Berkshire Hathaway

Tempat dan Tanggal Lahir

Seattle, Washington, 28 Oktober 1955

Kewarganegaraan

Amerika Serikat

Pendidikan

Drop Out, Harvard University

Total Kekayaan

$83.9 Billion Dollar - 1090,7 Trilliun Rupiah (2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 1 Richest In Tech (2016)
  • 1 Richest In The World (2016)
  • 1 Richest In US (2016)
  • 6 Powerful People (2015)

Riwayat Hidup


William Henry Gates III atau yang terkenal dengan nama Bill Gates adalah anak yang terlahir dari keluarga berada, ayahnya seorang pengacara dan ibunya anggota dewan direktur First Interstate Banc System, bahkan sejak bayi, Bill Gates telah mendapatkan jatah warisan 1 juta dollar dari kakeknya. Bill Gates terlahir dengan kecerdasan, tapi orang tuanya menanamkan agar Bill Gates memiliki kecerdasan yang unik.

Gates memiliki seorang kakak bernama Kristianne dan seorang adik bernama Libby. Ia merupakan keturunan keempat dalam keluarganya, namun dikenal sebagai William Gates III atau “Trey” karena ayahnya menyandang akhiran “II”.

Gates menikahi Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka dikaruniai tiga orang anak: Jennifer Katharine Gates (lahir 1996), Rory John Gates (lahir 1999), dan Phoebe Adele Gates (lahir 2002). Rumah keluarga Gates merupakan sebuah rumah bawah tanah di sisi sebuah bukit yang menghadap Lake Washington di Medina. Menurut catatan publik King County, pada 2006 nilai total properti (tanah dan rumah) keluarga Gates adalah $125 juta, dan pajak properti setiap tahunnya sebesar $991.000.

Rumah seluas 66,000 sq ft (6,100 m2) ini memiliki kolam renang seluas 60-foot (18 m) dengan sistem musik bawah air, serta gimnasium seluas 2,500 sq ft (230 m2) dan ruang makan seluas 1,000 sq ft (93 m2).

Termasuk di antara akuisisi pribadi Gates adalah Codex Leicester, yaitu koleksi tulisan Leonardo da Vinci, yang dibeli Gates senilai $30,8 juta melalui pelelangan tahun 1994. Gates juga dikenal sebagai seorang kutu buku, dan langit-langit perpustakaan besar di rumahnya dipenuhi ukiran kutipan dari The Great Gatsby. Ia juga senang bermain kartu bridge, tenis, dan golf.

Riwayat Karir


Suatu ketika karna sangat tertarik pada pemrograman komputer yang menggunakan bahasa BASIC, seorang anak beserta teman-temannya, yakni Paul Allen, Ric Weiland, dan Kent Evans tertangkap basah mengembangkan bug di komputer sekolah dan karna kejadian ini, sekolah menghukum mereka dengan tidak memperbolehkan menggunakan komputer lagi. “Dia adalah seorang eksentrik,” itulah julukan yang diberikan gurunya kepada anak ini. Walaupun lulus dengan nilai hampir sempurna di sekolahnya, Lakeside School pada 1973 dan melanjutkan study nya di Harvard, hal ini tak lantas mengurangi ketertarikkannya pada menulis bahasa pemrograman. Malah dia semakin menyibukkan diri hingga kuliahnya terbengkalai.

Bersama temannya Paul Allen, mereka bermitra mendirikan perusahaan perangkat lunak pada 1974. Dan perusahaan tersebut selanjutnya kita kenal bahkan seluruh dunia tentu mengenalnya, bernama Microsoft. Dan dialah pemegang saham pribadi terbesar.

Tahun 1980, saat IBM menggumumkan bahwa sedang memerlukan sebuah sistem operasi untuk PC nya dan meminta Microsoft untuk membuatkannya, dia akhirnya membuatkan sistem operasi 86 DOS atau QDOS yang kemudian dikirim ke IBM dalam bentuk PC-DOS. Dan mendapatkan $50.000 sebagai imbalan.

Dia, seorang yang terkenal keras kepada manager-managernya. Bahkan caranya berbisnis yang cenderung anti persaingan dan ingin memonopoli pasar, sempat membuatnya berada dalam masalah dengan pemerintah United States. Tapi hal ini tak membuat Microsoft gentar, malah semakin berani melawan.

Bersama Microsoft yang dibangun bersama rekannya, Paul Allen, telah berhasil mengantarkan Bill Gates menjadi orang terkaya di planet ini pada 1993 sampai 2007. Tapi posisi itu tak bertahan lama karna tersantung kasus pada tahun 2000 sehingga harga saham Bill Gates turun. Dan pada tahun 2010 total kekayaan Bill Gates sempat dikalahkan oleh Taipan asal Meksiko Carlos Slim Helu. Dan di tahun berikutnya, Bill Gates kembali merebut posisinya.

Bill Gates mengembangkan Microsoft bukan dalam waktu 1 malam. Bill Gates hanya tidur 8 jam selama 1 minggu didukung kerja keras, usaha, dan visi yang tinggi. Dan tentunya ini tidak mutlak faktor keberuntungan semata. Bill Gates begitu agresif memperluas jajaran produk perusahaannya, dan ketika Microsoft mencapai puncak (mendominasi pasar) Bill Gates berupaya keras mempertahankannya. Bill Gates di cap sebagai orang yang menjauhkan diri dari sekitarnya. Sampai awal 1981 seorang eksekutif industry mengeluh kepada masyarakat tentang sulitnya menghubungi Bill Gates. Awal tahun 2008 Bill Gates mengundurkan diri dari managemen Microsoft dan berkonsetrasi pada yayasan sosial Bill & Melinda Gates Foundation yang didirikannya.

Penghargaan


  • Pada tahun 1987, Gates secara resmi dinyatakan sebagai seorang miliarder dalam halaman 400 Richest People in America majalah Forbes, beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-32. Sebagai miliarder usaha sendiri termuda di dunia, kekayaannya mencapai $1,25 miliar, $900 juta lebih banyak daripada tahun sebelumnya, ketika ia masuk pertama kalinya dalam daftar ini.

  • Majalah Time menamai Gates sebagai satu dari 100 orang paling berpengaruh pada abad ke-20, serta satu dari 100 orang paling berpengaruh tahun 2004, 2005, dan 2006. Time juga secara kolektif menamai Gates, istrinya Melinda dan penyanyi utama U2 Bono sebagai Persons of the Year 2005 atas upaya kemanusiaan mereka.

  • Pada tahun 2006, ia menempati peringkat kedelapan dalam daftar “Heroes of our time”.

  • Gates masuk dalam daftar orang terkuat Sunday Times tahun 1999, dijuluki CEO tahun ini oleh majalah Chief Executive Officers tahun 1994

  • Menempati peringkat pertama dalam daftar “Top 50 Cyber Elite” oleh Time tahun 1998,

  • Peringkat kedua di Upside Elite 100 tahun 1999 dan disebutkan oleh The Guardian dalam daftar “Top 100 influential people in media” tahun 2001.

  • Pada tahun 1994, ia mendapat penghormatan sebagai Distinguished Fellow ke-20 di British Computer Society.

  • Gates telah menerima gelar doktorat penghormatan dari Nyenrode Business Universiteit, Breukelen, Belanda, pada tahunn 2000; Royal Institute of Technology, Stockholm, Swedia pada tahun 2002;

  • Diundang pada tahun 2003 untuk menyampaikan ceramah intisari di hadapan Golden Jubilee of the Indian Institute of Technology yang diadakan di San Jose, California ; Waseda University, Tokyo, Jepang pada tahunn 2005; Tsinghua University, Beijing, Cina, pada bulan April 2007; Harvard University pada bulan Juni 2007; Karolinska Institutet, Stockholm, pada bulan Januari 2008, dan Cambridge University pada bulan Juni 2009.

  • Ia juga dijadikan sebagai anggota kehormatan Peking University pada tahun 2007.

  • Gates juga diberikan gelar kehormatan Knight Commander of the Order of the British Empire (KBE) oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2005.

  • Para entomolog juga memberi nama bunga kembang Bill Gates, Eristalis gatesi, sebagai tanda penghormatan.

  • Pada November 2006, ia dan istrinya diberi penghargaan Order of the Aztec Eagle atas aktivitas filantropi mereka di seluruh dunia dalam bidang kesehatan dan pendidikan, terutama di Meksiko, dan tepatnya pada program “Un país de lectores”.

  • Pada Oktober 2009, diumumkan bahwa Gates diberi penghargaan 2010 Bower Award for Business Leadership dari The Franklin Institute atas pencapaiannya dalam bisnis dan aktivitas filantropinya.

  • Pada tahun 2010, ia memperoleh Silver Buffalo Award dari Boy Scouts of America, penghargaan tertinggi untuk orang dewasa, atas jasanya kepada para pemuda.

Fakta-fakta


  • Bill Gates hanya tidur 8 jam selama 1 minggu didukung kerja keras, usaha, dan visi yang tinggi ketika mengembangkan Microsoft

  • Gates tertarik dengan komputer sejak saat ia masih berusia belia. Perkenalannya dengan komputer terjadi ketika ia berusia 13 tahun.

  • Pada usia 17 tahun, Gates dan Allen mendirikan Traf-O-Data yang fokus pada sistem penghitung lalu lintas yang berbasis prosesor Intel 8008.

  • Pada tahun keduanya di Harvard, Gates merancang sebuah algoritma untuk penyortiran panekuk sebagai solusi atas satu dari serangkaian masalah yang belum terpecahkan dalam kelas kombinatorika oleh Harry Lewis, salah seorang profesornya. Solusi Gates memegang rekor sebagai versi tercepat selama 30 tahun; penggantinya justru lebih cepat satu persen saja.

  • Bill Gates mendapatkan ide membuat sistem operasi komputer berbasis grafik ketika melihat mahasiswa non-komputer harus belajar komputer hanya untuk menggunakannya.

Quotes


“Success is a lousy teacher. It seduces smart people into thinking they can’t lose.” - Bill Gates

“It’s fine to celebrate success, but it is more important to heed the lessons of failure.” - Bill Gates

“Your most unhappy customers are your greatest source of learning.” - Bill Gates

“Everyone needs a coach. It doesn’t matter whether you’re a basketball player, a tennis player, a gymnast, or a bridge player.” - Bill Gates

“Don’t compare yourself with anyone in this world … if you do so, you are insulting yourself.” - Bill Gates

“Information technology and business are becoming inextricably interwoven. I don’t think anybody can talk meaningfully about one without talking about the other.” - Bill Gates

“If you show people the problems and you show people the solutions, they will be moved to act.” - Bill Gates

“To win big, you sometimes have to take big risks.” - Bill Gates

“Our success has really been based on partnerships from the very beginning.” - Bill Gates

“A bad strategy will fail no matter how good your information is, and lame execution will stymie a good strategy. If you do enough things poorly, you will go out of business.” - Bill Gates

“Patience is a key element of success.” - Bill Gates

“People always fear change. People feared electricity when it was invented, didn’t they?” - Bill Gates

“If you can’t make it good, at least make it look good.” - Bill Gates

“We’ve got to put a lot of money into changing behavior.” - Bill Gates

“Life is not fair – get used to it!” - Bill Gates

“If geek means you’re willing to study things, and if you think science and engineering matter, I plead guilty. If your culture doesn’t like geeks, you are in real trouble.” - Bill Gates

As we look ahead into the next century, leaders will be those who empower others.” - Bill Gates

“I really had a lot of dreams when I was a kid, and I think a great deal of that grew out of the fact that I had a chance to read a lot.” - Bill Gates

“The world won’t care about your self-esteem. The world will expect you to accomplish something BEFORE you feel good about yourself.” - Bill Gates

“If you think your teacher is tough, wait till you get a boss.” - Bill Gates

“We all need people who will give us feedback. That’s how we improve.” - Bill Gates

Referensi

Daftar konglomerat yang Dropout atau keluar dari Kampus