Bagaimana bila ada cumi-cumi raksasa?

Cumi -cumi yang biasanya kita lihat dan biasa kita santap berukuran kecil. Tetapi, kebayang atau tidak jika cumi-cumi raksasa ada di kehidupan kita? meskipun berukuran besar, cumi-cumi raksasa ini sangat sulit dikenali dan jarang terlihat di permukaan. Bagaimana menurut kalian?

menurut sumber yang saya baca, Cumi-cumi raksasa masih merupakan salah satu hewan besar paling misterius di Bumi.

Cerita mengenai specimen yang bisa dikenali sebagai Architeuthis dux, yang diketahui sebagai cumi-cumi paling besar, muncul tahun 1639 di Eropa, tetapi cumi-cumi raksasa baru pernah difoto dalam keadaan hidup di lingkungan aslinya pada tahun 2004. “Sejak penemuannya, banyak sekali spekulasi tentang besar maksimum hewan itu,” kata ahli biologi Dr Chris Paxton dari Universitas St Andrews, Skotlandia.Dalam upaya mencari tahu berapa besar mereka bisa tumbuh, ia telah meneliti contoh hewan A. dux sebagai bagian dari analisis yang diterbitkan di Journal of Zoology.

Penelitian ini termasuk laporan sejarah dan kisah-kisah tentang cumi-cumi raksasa yang terlihat dari perahu, terdampar di pantai, bangkai atau potongan tubuh yang ditemukan di dalam perut paus sperma, yang diduga memburu dan memakan hewan raksasa ini. Keseluruhan, ada 460 spesimen cumi-cumi raksasa yang telah diukur dengan satu atau lain cara.

Cumi terbesar yang pernah dilihat adalah sepanjang 53 meter, di pantai pulau Maladewa pada Perang Dunia Kedua di sisi kapal penangkap ikan bernama Admiralty di malam hari, oleh seorang bernama J.D Starkey. Namun banyak ukuran ini yang tidak dianggap akurat dan bisa diabaikan.

Dalam kisah penampakan seperti itu, ukuran cumi-cumi cenderung untuk dibesar-besarkan. Misalnya menurut sebuah buku karya Darren Naish, pengakuan J.D Starkey bahwa cumi-cumi yang ia lihat lebih panjang daripada perahu yang ia tumpangi dan belum termasuk tentakel, yang biasanya lebih dari separuh panjang badannya.

sumber