Bagaimana Berkomunikasi Via Telpon yang Baik?

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berkomunikasi Melalui Telepon


1. Bersikap seperti sedang Bertatap Muka

Walaupun berkomunikasi melalui telepon tidak dilakukan dengan saling bertatap muka. Kita tetap harus bersikap seperti sedang saling bertatap muka. Kita harus memikirkan dan memahami bagaimana persepsi dan perasaan lawan bicara kita.

2. Jangan Terlalu Cepat atau Lambat Saat Berbicara

Saat berkomunikasi melalui telepon, terkadang suaranya tidak jelas. Untuk menganisipasi hal tersebut, cobalah untuk memperhatikan intonasi dan kecepatan berbicara. Agar lawan bicara dapat mendengarkan pesan dengan baik.

3. Jangan Menyela atau Memotong Pembicaraan

Banyak orang yang sering menyela atau memotong omongan orang lain. Padahal sudah jelas bahwa menyela atau memotong pembicaraan orang lain itu tidak sopan. Agar proses komunikasi berjalan dengan lancar, kita harus sebisa mungkin untuk mendengaran pembicaraan lawan bicara kita dan tidak menyela atau memotongnya.

4. Menggunakan Bahasa Baku

Karena disini konteks proses komunikasi yang penulis bahas adalah proses komunikasi dalm perusahaan. Maka penggunaan bahasa, sebaiknya menggunakan bahasa yang baku. Jangan menggunakan bahasa daerah atau bahkan bahasa gaul.

5. Awali dan Akhiri Pembicaraan dengan Salam


Hal-Hal yang Harus Dihindari Saat Berkomunikasi Melalui Telepon

  1. Menggunakan kata “Halo”
    Kata “halo” dianggap kurang sopan untuk mengucapkan salam kepada klien perusahaan.

  2. Suara Keras
    Bersuara dengan keras juga dianggap kurang sopan.

  3. Berbicara dengan Orang Lain Ketika sedang Berada dalam Panggilan
    Sekali lagi, berbicara dengan orang lain ketika sedang dalam panggilan itu sangat tidak sopan.

  4. Membiarkan Penelpon Menunggu Tanpa Alasan yang Jelas

  5. Berbicara dengan Nada Memerintah

Hal-hal di atas harus dihindari karena hal- hal tersebut sangat tidak sopan untuk dilakukan.