Bagaimana bentuk alat musik tradisional ceng-ceng ?

alat musik ceng-ceng
Di Bali ada sebuah jenis alat musik yaitu bernama ceng ceng. Alat musik tersebut merupakan bagian-bagian terpenting dari seperangkat jenis alat musik gamelan Bali. Di antara alat musik gamelan lain ceng ceng memegang peranan yang penting.

Alat musik ini terbuat dari kayu nangka dan tembaga. Alat ini terdiri atas enam buah logam bundar di bagian bawahnya dan ada dua buah logam bundar di bagian atasnya. Di bagian atas perunggu Ceng Ceng terdapat tali untuk memegang Ceng Ceng. Tali tersebut berwarna merah yang dibuat sedemikian rupa. Tali ini disebut Bungan Ceng Ceng. Nah, dengan demikian, alat ini nampak seperti simbal. (panduanwisata.id).

Ceng ceng Bali dibuat berbentuk kura-kura. Pengukirannya terinspirasi dari tokoh legenda Bali yakni kura-kura mistis. Di Bali, terkenal dengan sebuah legenda tentang kura-kura mistis yang memiliki nilai magis yaitu menyeimbangkan dunia di atas punggungnya. Kura-kura tersebut merupakan simbol sumbu bumi bersama naga menjadi dasar pura yang berkedudukan tinggi.