Bagaimana Ancaman Keamanan di Perairan Asia?

image

Bagaimana Ancaman Keamanan di Perairan Asia?

Beberapa negara mulai mencari pengaruh untuk menjadi negara yang diperhitungkan dalam bidang politik, militer dan ekonomi begitun juga dalam lingkup maritim di Asia. Terdapat India, China dan Pakistan yang terus melakukan pembaruan sistem persenjataan dan meningkatkan status maritimnya menjadi kekuatan yang handal.9 Perkembangan China dan kemajuan India mempengaruhi dinamika keamanan di Asia. Pergeseran kekuatan ke Asia Pasifik akan menjadi sebuah transisi yang panjang dan akan menjadi tantangan yangbesar bagi Asia, ketidakstabilan hubungan antar negra dan permasalahan maritim seperti Laut China Selatan.

Isu maritim yang terjadi di Laut China Selatan telah menimbulkan banyak ketegangan. Amerika Serikat telah menyediakan sabilitas maritim di Asia Pasifik, namun terus ditantang oleh China serta India juga semakin ambisius. Laut China Selatan dapat menjadi pemecah belah persatan di kawasan dengan China yang semakin memandang daerah tersebut sebagi miliknya dan menyangkal klaim-klaim dari beberapa negara saingan China di beberapa rantai kepulauan termasuk Spratlys.

Selain masalah perebutan wilayah, keamanan maritim di kawasan Asia juga terganggu dengan adanya perompak laut di Somalia yang kegiatanya mulai memasuki wilayah perairan Asia. Perompak Somalia mulai jadi sorotan saat peristiwa pembajakan kapal tanker super milik Arab Saudi seharga 100 juta dolar dan satu kapal Ukraina yang membawa senjata dalam jumlah besar termasuk 33 tank asal Rusia. Kejahatan perompak Somalia tidak hanya mengganggu perdagangan internasional tetapi juga keamanan dunia karena melibatkan banyak negara menjadi korban. Dengan semakin bertambahnya ancaman maritim di Asia , India menyadari bahwa kepentingan nasionalnya tergantung dari sejauh mana negara tersebut dapat mengamankan negaranya. Indiapun meningkatkan stabilitas angkatan lautnya.

India memandang Samudera Hindia dengan perairan disekitarnya merupakan akses bagi pertumbuhan ekonomi india. Bagi India keamanan akan terjamin apabila negara ini memperluas pengaruh kekuatan lautnya diseluruh kawasan Samudera Hindia dari pantai Afrika sampai pantai barat Australia dan dari selat hormuz ke selat Malaka.