Bagaimana Air membuat benda telihat berwarna lebih pekat?

Coba lihat pohon, batu, dan rumput di depan rumahmu setelah hujan. Warnanya terlihat lebih pekat dari biasanya sehingga pemandangan di depan rumahmu menjadi lebih indah. Apakah air bisa membuat sebuah benda menjadi berwarna lebih pekat dari biasanya?

Tentu saja tidak, tetapi yang dapat dilakukan air adalah membuatnya terlihat lebih pekat.
Mari kita ingat lagi bagaimana sebuah benda bisa terlihat berwarna. Sebuah benda akan menyerap sebagian dari cahaya yang diterimanya dan memantulkan sisanya. Sisa cahaya yang dipantulkan itulah yang kita lihat sebagai warna benda tersebut. Berarti, jika sebuah benda bisa terlihat lebih pekat dari biasanya, cahaya yang dipantulkan benda itu juga lebih sedikit dari biasanya. Tetapi, bagaimana air bisa membuat cahaya yang dipantulkan lebih sedikit?

Untuk bisa menjawab hal ini, kita juga perlu mengingat lagi apa yang terjadi dengan cahaya saat masuk ke air. Ya, cahaya akan dibiaskan atau dibelokkan. Berkas cahaya yang datang ke benda yang basah atau berselimut air dengan sudut tertentu akan dibelokkan oleh air sehingga sudutnya lebih tajam. Hal ini menyebabkan berkas cahaya tersebut bisa menembus ke permukaan yang lebih dalam. Ini artinya, cahaya tersebut akan lebih mungkin untuk diserap oleh benda tersebut daripada saat tidak ada air yang membiaskannya. Akibatnya, cahaya yang dipantulkan juga menjadi lebih sedikit dan benda tersebut tampak lebih pekat oleh mata kita.

Sumber:
sains.me