Bagaimana agar tidak menjadi orang yang gila kerja atau Workaholic?

gila kerja

Ada saat seseorang kesulitan dalam mengimbangi hidup, yang seharinya bekerja 20 jam dan tanpa hari libur. Seseorang tersebut akan merasa gelisah/cemas apabila tidak bekerja sama sekali. Ini disebut sebagai Worhalic, bagaimana agar tidak menjadi Workaholic?

Workaholic

Workaholic merupakan suatu kondisi dari seseorang yang mementingkan pekerjaan secara berlebihan dengan mengabaikan kehidupan yang lain. Workaholic berbeda dengan pekerja keras, dan workholic suatu perilaku yang tidak sehat, karena akan mempengaruhi kehidupan yang lain. Workaholic sering diistilahkan bekerja seperti orang yang berkecanduan. Semua aktivitas dan kebiasaan yang dilakukan sangat tidak sehat, dan akan berefek fatal pada kesehatan seseorang tersebut.

Sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut, bekerja sesuai target saja, tidak usah terlalu berlebihan sampai diluar target. dan harus menyeimbangkan pekerjaan dengan kesehatan, jangan sampai kesehatan terganggu akibat bekerja terlalu berlebihan. Agar terhindar dari workaholic yang bisa dilakukan adalah:

  1. Tentukan batasan waktu bekerja, jangan biarkan bekerja tidak ada batasannya.
  2. Jika pekerjaan sangat banyak, mintalah bantuan orang lain untuk membantu.
  3. Saat akhir pekan luangkan waktu untuk liburan.
  4. Belajar mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain.
1 Like