Tujuan seperti peta jalan, menghubungkan Anda dari satu titik ke titik lain. Tujuan menyediakan arah yang Anda butuhkan. Untuk mencapai tujuan Anda, motivasi adalah cara untuk mempertahankan Anda tetap di jalan tersebut. Cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal adalah dengan menciptakan tujuan jangka panjang yang membantu Anda merencanakan masa depan.
Langkah pertama dalam membuat rencana tujuan jangka panjang adalah dengan mulai memikirkan masa depan Anda. Ketika Anda berpikir tentang masa depan, apa yang Anda pikir itu akan membuat Anda bahagia dan ingin untuk segera melakukannya. Kuncinya adalah temukan motivasi untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.
Langkah kedua untuk membuat rencana jangka panjang adalah mencoba untuk memvisualisasikan keinginan anda 3-5 tahun ke depan. Apa yang Anda ingin lakukan? Di mana Anda ingin hidup? Apa jenis liburan yang ingin Anda ambil? Rumah yang bagaimana yang Anda inginkan? Jenis mobil yang Anda ingin pakai? Apa warna mobil itu? Sebisa mungkin pikirkan secara spesifik impian dan harapan anda. Jika impian Anda spesifik, tujuan Anda akan spesifik. Cobalah Anda bertanya pada diri sendiri afirmasi positif apa yang akan Anda lakukan dan hal-hal negatif apa yang dapat menyertai perencanaan tujuan Anda tersebut. Memprioritaskan tujuan Anda. Apa tujuan yang paling penting bagi Anda dan apa hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mulai bekerja menuju tujuan itu. Setelah Anda punya jawaban untuk pertanyaan itu, maka Anda harus menguraikan langkah-langkah utama yang dibutuhkan untuk tiba di tujuan masa depan.
Setelah Anda memiliki gambaran besar, mulai memecahnya secara garis besar secara realistis, tujuan jangka pendek. Tujuan jangka pendek harus berkisar dari tujuan harian, tujuan satu tahun, tujuan jangka menengah harus berkisar dari 2-3 tahun, dan tujuan jangka panjang hingga 5 tahun. Anda harus membuat daftar anda dengan sangat spesifik dan realistis. Anda ingin sukses dalam mencapai tujuan Anda, tetapi pada saat yang sama, tujuan tersebut harus menantang Anda.
Kita biasanya memiliki tujuan jangka panjang umum, disertai dengan strategi yang samar-samar untuk mencapainya. Lalu menulis rencana strategis untuk tahun mendatang yang mungkin tampak seperti membosankan dan abstrak ketika Anda terjebak dalam persidangan sehari-hari dan kesengsaraan menjalankan bisnis Anda.
Tetapi memiliki visi praktis dan jelas dari lintasan jangka panjang perusahaan Anda adalah penting untuk memastikan keberhasilannya. Beri diri Anda waktu untuk berpikir dan menulis rencana strategis sederhana.
Berikut ini adalah langkah-langkah agar terbiasa menciptakan rencana jangka panjang menurut Georgia Travers:
Di mana kita sekarang. Menulis sebuah paragraf singkat yang menjelaskan status dari bisnis Anda. Sebagai contoh, berikut adalah uraian mengenai Ice Cream Mama, sebuah startup yang menjanjikan di Muscat, Oman. Mereka telah membuka lima cabang menguntungkan. Mereka dikenal dengan rasa kreatif dan penekanan pada kebanggaan nasional Oman. Dalam kasus ini, mereka fokus pada indikator umum (total pendapatan, laba bersih, jumlah produk, staf, dan pelanggan dilayani) serta indikator media baru (website hits, keterlibatan Instagram / Twitter / Facebook).
Dimana kita berada di satu tahun. Tulis paragraf kedua mengkonsolidasikan tujuan prioritas Anda. Sespesifik mungkin. Contohnya: Ice Cream Mama ingin 1) mencapai popularitas pengenalan merk / penjualan antara ekspatriat serta pelanggan lokal dan 2) menjadi ancaman kompetitif untuk waralaba global seperti Tropical dan Baskin Robbins. 3) Staf, cabang & jasa diperluas. 4) Twitter, Facebook, dan Instagram diperbarui secara teratur. 5) Tiga rasa baru diperkenalkan.
Solusi Brainstorm untuk setiap masalah. Jika Anda seperti kebanyakan dari kita, tujuan Anda mungkin cukup luas: peluncuran X produk yang sukses, memperluas layanan W, menjangkau pelanggan Y, bersaing dengan alternatif Z. Setelah Anda menggambarkan mereka, lalu menentukan 3-5 langkah-langkah spesifik yang dapat Anda ambil untuk langsung maju. Apakah Anda perlu menyewa seorang staf khusus untuk bertanggung jawab mengelola dan mengintegrasikan platform media sosial bagi merk Anda? Apakah Anda perlu memperbarui kemasan atau dekorasi toko untuk lebih efektif dan menarik bagi target pasar Anda? Apa produk atau jasa baru yang Anda buat dapat melebihi pesaing? Untuk memfasilitasi proses ini, pertimbangkan pemasaran & harga, produk, promosi dan tempat.
Membuat garis waktu. Apakah anda membuatnya di Excel, Word atau tergantung di dinding Anda, menyiapkan kalender visual untuk 12 bulan ke depan. Isi dengan liburan internasional dan lokal / ibadah dan tanggal penting untuk bisnis Anda. Dari kerangka ini, kembangkan dan gabungkan tanggal target untuk menyelesaikan kedua tujuan keseluruhan dan langkah-langkah khusus yang diperlukan untuk mencapainya.
Prioritas, delegasi, eksekusi. Apakah Anda mengelola 20 karyawan atau dua, menentukan titik awal, mendelegasikan tugas, dan mulai menerapkan strategi Anda.