Bagaimana agar ikan Guppy cepat beranak ?

Saya berencana untuk melakukan perawatan agar ikan Guppy dapat cepat bertelur. Bagaimana caranya?

Berikut cara agar ikan guppy cepat beranak.

  • Memilah milih indukan guppy yang bagus kualitasnya. Hal ini sangat penting agar Anda bisa mendapatkan banyak anakan guppy yang sehat dan bagus bentuk dan warnanya. Dengan begitu, anakan ikan guppy bisa dijual dengan harga yang mahal.

  • Lakukan pemijahan pada wadah yang ukurannya sesuai dengan standar. Standar minimal terpal, ember, aquarium ataupun kolam semen yang bagus untuk proses pemijahan ikan guppy adalah 30x30cm. Pastikan jika wadah yang dipilih memiliki suhu atau temperatur yang stabil. Jangan sampai suhunya berubah-ubah karena hal tersebut dapat membuat anakan ikan guppy menjadi lebih rentan mati.

  • Agar perkembangbiakkan ikan guppy lebih cepat, ada baiknya jika Anda melakukan perkawinan massal. Dengan jumlah betina yang lebih banyak dibandingkan dengan guppy jantan.

  • Setelah mempertemukan ikan jantan dan betina, Anda biarkan ikan-ikan tersebut melakukan perkawinan secara alami selama satu sampai dengan dua minggu. Setelah masa perkawinan tersebut, segera pisahkan antara guppy betina yang sudah hamil dengan indukan jantan. Mungkin Anda bertanya-tanya, berapa lama ikan guppy akan hamil? Ikan guppy hamil selama 25 sampi dengan 30 hari.