Bagaimana agar CV menarik dan memikat HRD perusahaan?

Untuk melamar suatu pekerjaan, salah satu hal yang penting yang mesti kamu miliki adalah CV ( Curriculum Vitae ) atau yang biasa juga di sebut dengan daftar riwayat hidup. CV juga menjadi salah satu faktor penentu dalam hal melamar kerja. Jikalau kamu mempunyai CV menarik, maka besar kemungkinan kamu akan dapat di terima kerja oleh perusahaan yang sedang kamu lamar. Curriculum vitae atau yang biasa juga di sebut dengan daftar riwayat hidup ini adalah sebuah dokumen yang bisa kamu isi dengan beberapa data penting tentang diri kamu.

Lalu bagaimana sih agar membuat CV kita menjadi menarik dan dapat memikat perhatian HRD perusahaan ?

3 Likes

Untuk membuat CV kamu lebih menarik dan dilirik HRD perusahaan yang kamu inginkan, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, di antaranya :

  1. Buatlah layout semenarik mungkin. Bisa dengan membuatnya jadi dua bagian, di sisi kiri atau kanan halaman. Tempatkan bagian profil pribadi di sisi kiri, mencakup biodata singkat, keterampilan, kompetensi perangkat lunak, bahasa, dan detail kontak di kolom, bersama dengan foto di kolom yang sama. Jangan lupa untuk mengganti warna latar kolom untuk membuatnya tampak berbeda secara visual. Lalu tempatkan potongan informasi yang lebih rinci, seperti pengalaman kerja, pendidikan, dan kualifikasi Anda, di kolom yang lebih luas. Pola pembagian desain letak akan membantu untuk memaksimalkan ruang terbatas yang tersedia di tata letak CV kreatif Anda.

  2. Jangan lupa untuk selalu membaca ulang CV. Saat menganalisis CV sendiri, bacalah seolah-olah kmu menjadi seorang HRD. Kamu bisa menilai CV yang telah dibuat, apakah sudah cukup menarik dan baik (secara konten maupun editing) atau justru sebaliknya. Jika menurut kamu CV yang dibuat kurang menarik dan meyakinkan, segera perbaiki. CV merupakan gerbang perusahaan untuk mengenali kemampuanmu, di antara sekian banyak pesaing lain. Karena itu, penting untuk mengolahnya semenarik dan sebaik mungkin.

  3. Sesuaikan desain CV dengan keahlian khusus yang kamu miliki. Karena CV yang akan dilihat oleh HRD adalah CV yang memiliki informasi kandidat dengan keahlian yang mendekati yang dibutuhan oleh perusahaan tersebut. Misal, jika kamu seorang pewarta, buatlah CV dengan desain bertemakan jurnalistik. Dengan demikian, CV yang dibuat akan terlihat lebih menarik dan akan membuat HRD senang membaca CV Anda. Dalam membuat CV, tidak hanya kreativitas yang perlu dimaksimalkan. Kamu juga patut menyeimbangkannya dengan dengan profesionalitas. Tetap berikan informasi detail mengenai kemampuan dan kompetensimu berdasarkan pengalaman yang dimiliki, Tulis secara rinci di setiap kontennya.

1 Like