Bagaiamana Cara Merawat Baby Gecko yang Baik dan Benar?

Bagaiamana Cara Merawat Baby Gecko yang Baik dan Benar?

  • setelah baby gecko menetas, taruh di cage atau kandang seperti tuperware atau semacamnya dengan alas tisu yang dibasahi. fungsi dari tisu yang dibasahi adalah untuk memberi minum baby gecko. jangan lupa pastikan fentilasi udara cukup, karna jika kurang maka air dalam tisu akan menguap.
  • biarkan tanpa diberi makan hingga pup pertama keluar (sekitar 3 – 4 hari tidak perlu khawatir karna cadangan makanan baby gecko masih ada dalam tubuhnya yaitu ekor) lalu coba berikan jangkrik kecil atau ulat hongkong. jika tidak dimakan dalam waktu 1×24 jam, ambil kembali pakan dari kandang.
  • jaga kebersihan kandang Baby Gecko dan alas tisu, jika tisu sudah kotor atau dirasa perlu diganti segera diganti.
  • jika dalam waktu lama masih belum makan mungkin baby gecko merasa takut terhadap pakannya, misalkan jangkrik. tips nya adalah berikan pakan jangkrik yang kecil dengan dipotong sungutnya. jika masih belum dimakan dalam waktu 1×24 jam coba ambil pakan dan pencet sampai keluar cairannya dan jilatkan ke mulut baby gecko. biasanya dengan cara seperti ini baby gecko akan mulai merespon.
  • hindari menghandle baby gecko untuk menjaga agar tidak stress.
  • jangan campur beberapa baby gecko dalam satu cage, hal ini memicu stress dan baby gecko susah makan. meski dalam kasus ini sangat jarang terjadi tapi admin pernah mengalaminya sendiri. 1 cage berisi 3 ekor baby gecko dan yang survive hanya 1 ekor.
  • setelah baby gecko makan lancar dan mulai beradaptasi, mulai ganti alas kandang dari tisu yang dibasahi menjadi tisu kering, kertas atau pasir zeolit. beri minuman dalam wadah minum dan rutin beri makanan. lebih baiknya rutin sehari 1 ekor jangkrik atau ulat hongkong dengan porsi menyesuaikan.
  • berdasarkan pengalaman, pemberian pakan ulat hongkong lebih membuat pertumbuhan baby gecko menjadi cepat. sediakan slalu ulat hongkong dalam kandang dalam wadah pakan dengan diselingi jangkrik 1 ekor setiap hari.
  • jika baby gecko sangat rakus jangan terpancing untuk memberi pakan berlebihan karna hal ini berakibat ketika kekenyangan dan muntah, biasanya baby gecko akan mogok makan dan ini sangat berbahaya.
  • Demikian beberapa tips cara merawat baby gecko. jangan biarkan baby gecko teman teman sampai sakit karna ini sangat berbahaya, mengingat daya tahan tubuh baby gecko pasti lebih rentan dari pada yang sudah memiliki umur diatas 3 bulan atau mulai memasuki usia dan ukuran juve, jika baby gecko terlihat sakit segera lakukan pengobatan karna semakin lambat pengobatan akan membawa dampak buruk lainnya seperti pertumbuhan gecko melambat atau juga dapat menulari koleksi gecko teman teman lainnya.