Bagaiamana cara mensejahterakan anggota tim kita?

Kepemimpinan

Leadership skill atau kecakapan kepemimpinan merupakan hal yang harus diperhatikan untuk bisa menjadi pemimpin yang hebat. Menurut Wikipedia, arti kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Salah satu contoh leadership skill yang harus dipunyai seorang pemimpin adalah Improve lives around.

Improve lives around atau dalam bahasa indonesia berarti meningkatkan kehidupan disekitar kita adalah suatu soft skill yang harus dimiliki seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang baik bukanlah orang yang hanya meningkatkan skill dan kualitas dirinya sendiri, tetapi orang yang bisa meningkat kehidupan di lingkungan sekitarnya juga sehingga orang – orang yang ada disekitarnya merasa nyaman dan aman.

Sehingga yang harus dipikirkan seorang pemimpin bukan bagaimana menjadi pemimpin walaupun itu juga penting, tetapi yang harus dipikirkan adalah apa yang dihasilkan oleh seorang pemimpin.

Mengapa meningkatkan kehidupan disekitar kita itu penting?

Karena, dengan meningkatkan kehidupan disekitar kita, kita menciptakan kondisi yang harmonis untuk bekerja, sehingga kita dapat bekerja dengan nyaman dan tidak stres. Dan juga sama seperti konsep simbiosis mutualisme, dengan membantu orang lain kita juga pasti mendapat dukungan dari orang yang kita bantu entah itu bantuan yang tampak seperti bantuan material ataupun bantuan yang tidak tampak seperti doa.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kehidupan orang lain.

  1. Luangkan waktumu untuk orang lain
    Waktu adalah salah satu hal terbaik yang bisa kita berikan kepada orang lain. Seperti yang kita ketahui bahwa kita sangat sibuk dengan kehidupan masing – masing, maka dari itu meluangkan waktu untuk orang lain adalah sesuatu yang berharga

  2. Menawarkan bantuan
    Menawarkan bantuan secara langsung lebih baik daripada menawarkan bantuan berupa uang. Mereka yang dibantu akan merasa bahwa kita benar – benar peduli terhadap mereka dan akan meningkatkan tali persaudaraan diantara orang yang membantu dengan orang yang dibantu

  3. Memberikan kasih sayang
    Mengkritik orang lain lebih mudah daripada memberikan dukungan atau kasih sayang terhadap orang lain. Kita mungkin tidak dapat mengubah keputusan apa yang mereka buat, atau bagaimana mereka menjalani hidup mereka. Tetapi kita dapat mendukung dan memberikan kasih sayang selama mereka menjalaninya.

  4. Memberikan bantuan dengan konsisten
    Kita hidup di dunia ini tidak mungkin selalu berjalan sesuai keinginan kita, kita mungkin sekarang bisa sukses tetapi di masa yang akan datang belum tentu kita tetap sukses. Dan saat ada orang yang kesusahan kita dapat membantunya, walaupun hanya bantuan kecil tetapi kita selalu membantu dan mendukung mereka.

  5. Memaafkan
    Saat seseorang menyakiti kita, maafkanlah mereka yang menyakiti kita. Walaupun mereka tidak meminta maaf kepada kita, tetap maafkan mereka dan berikan balasan dengan berbuat baik kepada mereka. Dengan memaafkan kita menjadi pribadi yang lebih baik.

  6. Mengunjungi orang lain
    Luangkan waktumu walau hanya beberapa menit untuk mengunjungi orang lain, walau hanya menyapa atau berbicara hal – hal kecil. Ini membuat orang disekitar kita merasa nyaman dengan kita dan bisa mempererat tali persaudaraan diantara sesama manusia.

  7. Selalu ada
    Dengan selalu ada kita dapat mengubah hidup orang lain. Biarkan mereka merasa kita selalu ada untuk mereka saat mereka membutuhkan telinga untuk mendengarkan masalah mereka, saat mereka butuh uluran tangan untuk membantu mereka. Itu akan membahagiakan mereka.

Referensi :