Bagaiamana cara mengatasi kram otot yang tidak kunjung sembuh ?


Dilansir HelloSehat.com Kram otot adalah salah satu masalah kesehatan yang paling sering terjadi, terutama pada 95 % remaja dan orang dewasa muda yang aktif berolahraga. Kram juga umum terjadi pada orang-orang berusia lanjut. Lalu Bagaiamana cara mengatasi kram otot yang tidak kunjung sembuh ?

Cara mengatasi kram otot yang tidak sembuh-sembuh

Anda harus tahu dulu apa yang menyebabkan otot kram sebelum mencari pengobatannya. Misalnya, bila kram disebabkan karena diare parah yang menyebabkan dehidrasi, maka sembuhkan dulu diare tersebut agar dehidrasi dan kram ototnya sembuh. Cara mengatasi diare yang paling umum adalah dengan minum oralit, pemasangan infus cairan (jika sudah sangat parah), dan minum obat diare.

Bila kaki yang mengalami kram, misalnya setelah berolahraga, luruskan dan istirahatkan dengan menyangga kaki tersebut menggunakan bantal. Anda juga dapat mencoba berbaring tengkurap dengan kaki yang menggantung di ujung tempat tidur. Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen atau mengoleskan salep khusus untuk nyeri otot juga bisa meredakan sakitnya sembari Anda beristirahat.

Bila masih terasa sakit, Anda bisa menempelkan kompres dingin pada bagian tubuh yang bermasalah. Kompres dingin selama 10 menit setiap satu jam sekali dalam 2 hari pertama setelah mengalami kram. Setelahnya, kompres dingin selama 15-20 menit, sebanyak tiga kali sehari. Jangan gunakan es selama lebih dari 15-20 menit setiap kali, dan jangan tertidur dengan kompres masih menempel di kulit Anda.

Anda juga dapat memijit daerah yang mengalami kram, teknik ini ternyata cukup ampuh dalam meredakan nyeri yang Anda alami. Pada umumnya, kram bisa sembuh dalam waktu 3 hari.