Bagaiaman cara perawatan tanaman hias blue eyes?

jual_Bibit_Tanaman_Hias___Baby_Blue_Eyes__Nemophila__ready

Tanaman hias bunga nemophila atau lebih umum dikenal sebagai baby blue eyes adalah tanaman yang populer karena kecantikan bunganya. Tinggi tanaman hanya mencapai 15 hingga 30 cm saja. Bunganya terdiri dari lima tepal berbentuk cangkir, warna bunga terdiri dari biru, ungu, putih dan biasanya terdapat garis-garis dan bintik-bintik seperti pembuluh darah pada permukaan daunnya. Nemophila pertama kali ditemukan di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Meskipun berasal dari luar negeri, tanaman ini bisa tumbuh baik di Indonesia. Tanaman ini dapat ditemukan tumbuh alami di sela-sela bebatuan, padang rumput, tepi jalan dan di hutan. Selain tumbuh di area luas, nemophila juga bisa ditanam dalam pot atau sebagai tanaman gantung. Lalu bagaimana cara perawatan tanaman hias blue eyes ?

1 Like

Cara Perawatan Tanaman Blue Eyes

Tanaman bunga berwarna biru ini adalah termasuk pada kategori tanaman panas (tanaman outdoor), yakni tanaman yang memerlukan sinar matahari penuh sepanjang hari. Media yang disukai adalah yang relatif kering (bukan tanah basah) namun penyiraman harus dilakukan setiap hari jika cuaca sedang musim panas. Untuk media dalam pot bisa menggunakan sekam mentah, sekam bakar, atau tanah kompos. Akan tetapi tanaman hias warna biru ini akan lebih cocok bila ditanam pada tanah langsung sebagai pembatas atau juga dapat difungsikan sebagai tanaman untuk menekan pertumbuhan rumput liar dimana kehadiran rumput liar ini biasanya tidak disukai karena tidak enak dipandang, bisa juga menambahkan bunga lainnya untuk disandingkan dengan tanaman ini, biasanya bunga berwarna kuning atau merah muda akan cocok dengannya.

Blue Eyes secara alami akan tumbuh tidak rapi, batangnya pasti akan banyak yang panjang sebelah dan pendek sebelah. Bila menginginkan blue eyes berbentuk bulat rapi, maka harus sering memotong batang-batangnya agar menjadi bulat. Agar pertumbuhannya bagus, minimal dalam satu bulan sekali, berikanlah pupuk NPK sekitar 10 butir agar tanaman ini tetap subur dan minimal 3 bulan sekali diberikan pupuk kandang atau pupuk kompos di permukaan media tanamnya. Penyiraman blue eyes dilakukan setiap 1-2 kali perhari atau tergantung tingkat kelembapan media tanamnya.

Sumber :
bunga-mawar. com

Tanaman blue eyes berasal dari daerah sekitar Amerika Serikat dan Meksiko, namun di Indonesia yang beriklim tropis tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Tanaman blue eyes dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 15-30 cm dengan bunganya yang dapat tumbuh setiap 2 minggu sekali, kemudian rontok dan tumbuh lagi di minggu berikutnya. Bunganya mekar pada pagi hingga siang hari dan kuncup pada sore hari. Selain dapat tumbuh dengan baik di dalam pot, tanaman blue eyes juga cocok dijadikan sebagai tanaman gantung.

Salah satu keberhasilan dalam menanam tanaman blue eyes yaitu bunganya tumbuh lebat dan indah sehingga menjadi daya tarik sendiri. Untuk mencapai hal tersebut, terdapat beberapa perawatan yang dapat dilakukan diantaranya:

  • Menggunakan bibit baby blue eyes berkualitas baik yang telah terbukti memiliki bunga yang lebat

  • Melakukan pemangkasan yang bertujuan agar batang tanaman dapat tumbuh lebih banyak. Caranya dengan menyisakan 10 cm tanaman dan memangkasnya dengan menggenggam seluruh batang menggunakan gunting. Setiap batang yang dipangkas akan tumbuh 3-4 cabang baru yang nantinya akan tumbuh lebih banyak bunga. Batang bunga yang dipangkas dapat dijadikan stek.

  • Memberikan sinar matahari yang cukup dikarenakan tanaman ini memerlukan sinar matahari untuk berbunga.

  • Melakukan pemupukan, pupuk yang bisa digunakan yaitu pupuk organik 2 minggu sekali. Selain itu juga bisa menggunakan pupuk NPK 16-16-16 dengan dosis 1/3 sendok makan yang dilarutkan dalam 1liter air dan diberikan 2 minggu atau 1 bulan sekali.

  • Memastikan kondisi tanah tidak terlalu basah atau kering.

Sumber:
mediatanam.id