Bagai memahami pelanggan dengan pendekatan empathy map ?

empathy_map

Ada banyak pendekatan atau metode dalam memahami pelanggan satah satunya dengan pendekatan empathy map . Lalu bagai mana tahapan indetifikasi atau mengenali pelanggan dengan pendekatan empathy map ?

Peta empati empathy map adalah sebuah alat yang dapat membantu kita untuk menganalisa bagaimana kita bisa mengetahui apa yang dirasakan, apa yang dipikirkan, dan apa yang dilakukan pelanggan kita. Hal ini bisa dilakukan melalui studi literatur tentang perilaku pelanggan atau melalui survey dan observasi.

Bagaimana Cara Menggunakan Customer Empathy Map ?

Ambil kertas dan buatlah gambar seperti di atas dan isi pertanyaan sebagai berikut :

Misalnya, Anda sebagai pemilik online store kosmetik impor, Anda seorang perempuan berusia 20-30 tahun dan memilih target pasar Anda adalah wanita berusia 20-30 tahun dengan status ekonomi kalangan menengah ke atas. Maka, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menganalisa target pasar dengan beberapa tools yang ada dalam empathy map seperti beberapa poin dibawah ini:

  • Apakah terdapat atau kesulitan yang dihadapi oleh target market Anda ?
  • Apakah terdapat harapan atau cita-cita mereka ?
  • Apa saja yang mereka lihat ?
  • Apa yang mereka pikir dan rasakan ?
  • Apa yang mereka dengar dari lingkungan sekitar?
  • Apa yang mereka katakan dan lakukan ?

Pertanyaan yang ada dalam empathy map memang sekilas terlihat sederhana, namun ketika Anda mencoba memahami kebutuhan pelanggan secara cermat dan detail maka bisnis yang Anda jalankan akan berjalan sesuai dengan target pasar yang digunakan. Banyak diantara pengusaha yang terpaksa gulung tikar ditengah jalan karena barang atau jasa yang ditawarkan tidak lagi dibutuhkan oleh pasar, sehingga sangat penting bagi Anda yang menjalankan bisnis untuk selalu update terhadap kebutuhan pelanggan. Mari gunakan empathy map sebagai alat bantu pemetaan bisnis pelanggan!